Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
52Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UU Nomor 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan Dan Kesehatan Hewan

UU Nomor 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan Dan Kesehatan Hewan

Ratings: (0)|Views: 4,939 |Likes:
Published by Hukum, Inc.
Peternakan Dan Kesehatan Hewan
Peternakan Dan Kesehatan Hewan

More info:

Published by: Hukum, Inc. on Sep 07, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/27/2013

pdf

text

original

 
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 18 TAHUN 2009  TENTANGPETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a.
 
bahwa hewan sebagai karunia dan amanat TuhanYang Maha Esa mempunyai peranan penting dalampenyediaan pangan asal hewan dan hasil hewanlainnya serta jasa bagi manusia yangpemanfataannya perlu diarahkan untukkesejahteraan masyarakat;b.
 
bahwa untuk mencapai maksud tersebut perludiselenggarakan kesehatan hewan yang melindungikesehatan manusia dan hewan besertaekosistemnya sebagai prasyarat terselenggaranyapeternakan yang maju, berdaya saing, danberkelanjutan serta penyediaan pangan yang aman,sehat, utuh, dan halal sehingga perludidayagunakan untuk kemakmuran dankesejahteraan masyarakat;c.
 
bahwa dengan perkembangan keadaan tuntutanotonomi daerah dan globalisasi, peraturanperundang-undangan di bidang peternakan dankesehatan hewan yang berlaku saat ini sudah tidaksesuai lagi sebagai landasan hukum bagipenyelenggaraan peternakan dan kesehatan hewan;d.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimanadimaksud dalam huruf a, huruf b, dan huruf c,perlu membentuk Undang-Undang tentangPeternakan dan Kesehatan Hewan;Mengingat: . . .
 
 
- 2 -Mengingat : Pasal 5 ayat (1), Pasal 20, dan Pasal 33 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945;Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG PETERNAKAN DANKESEHATAN HEWAN.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Peternakan adalah segala urusan yang berkaitandengan sumber daya fisik, benih, bibit dan/ataubakalan, pakan, alat dan mesin peternakan, budidaya ternak, panen, pascapanen, pengolahan,pemasaran, dan pengusahaannya.2.
 
Kesehatan hewan adalah segala urusan yangberkaitan dengan perawatan hewan, pengobatanhewan, pelayanan kesehatan hewan, pengendaliandan penanggulangan penyakit hewan, penolakanpenyakit, medik reproduksi, medik konservasi,obat hewan dan peralatan kesehatan hewan, sertakeamanan pakan.3.
 
Hewan adalah binatang atau satwa yang seluruhatau sebagian dari siklus hidupnya berada di darat,air, dan/atau udara, baik yang dipeliharamaupun yang di habitatnya.4.
 
Hewan peliharaan adalah hewan yangkehidupannya untuk sebagian atau seluruhnyabergantung pada manusia untuk maksud tertentu.5. Ternak . . .
 
 
- 3 -5.
 
 Ternak adalah hewan peliharaan yang produknyadiperuntukan sebagai penghasil pangan, bahanbaku industri, jasa, dan/atau hasil ikutannya yang terkait dengan pertanian.6.
 
Satwa liar adalah semua binatang yang hidup didarat, air, dan/atau udara yang masihmempunyai sifat liar, baik yang hidup bebasmaupun yang dipelihara oleh manusia.7.
 
Sumber daya genetik adalah material tumbuhan,binatang, atau jasad renik yang mengandungunit-unit yang berfungsi sebagai pembawa sifatketurunan, baik yang bernilai aktual maupunpotensial untuk menciptakan galur, rumpun, atauspesies baru.8.
 
Benih hewan yang selanjutnya disebut benihadalah bahan reproduksi hewan yang dapatberupa semen, sperma, ova, telur tertunas, danembrio.9.
 
Benih jasad renik adalah mikroba yang dapatdigunakan untuk kepentingan industri pakandan/atau industri biomedik veteriner.10.
 
Bibit hewan yang selanjutnya disebut bibit adalahhewan yang mempunyai sifat unggul danmewariskan serta memenuhi persyaratan tertentuuntuk dikembangbiakkan.11.
 
Rumpun hewan yang selanjutnya disebut rumpunadalah segolongan hewan dari suatu spesies yangmempunyai ciri-ciri fenotipe yang khas dan dapatdiwariskan pada keturunannya.12.
 
Bakalan hewan yang selanjutnya disebut bakalanadalah hewan bukan bibit yang mempunyai sifatunggul untuk dipelihara guna tujuan produksi.13.
 
Produk hewan adalah semua bahan yang berasaldari hewan yang masih segar dan/atau telahdiolah atau diproses untuk keperluan konsumsi,farmakoseutika, pertanian, dan/atau kegunaanlain bagi pemenuhan kebutuhan dankemaslahatan manusia.14.
 
Peternak adalah perorangan warga negaraIndonesia atau korporasi yang melakukan usahapeternakan.15. Perusahaan . . .

Activity (52)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
B'MAZ liked this
Razali Sebayang liked this
Danial Jo Twins liked this
Rini Permatasari liked this
Elena Porloy liked this
Thomsona Toelle liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->