Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UU Nomor 20 Tahun 2009 Tentang Gelar, Tanda Jasa, Dan Tanda Kehormatan

UU Nomor 20 Tahun 2009 Tentang Gelar, Tanda Jasa, Dan Tanda Kehormatan

Ratings: (0)|Views: 5,274|Likes:
Published by Hukum, Inc.
Gelar, Tanda Jasa, Dan Tanda Kehormatan
Gelar, Tanda Jasa, Dan Tanda Kehormatan

More info:

Published by: Hukum, Inc. on Sep 07, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/01/2013

pdf

text

original

 
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 20 TAHUN 20092009  TENTANGGELAR, TANDA JASA, DAN TANDA KEHORMATANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a.
 
bahwa setiap warga negara berhak memajukan,memperjuangkan, dan memperoleh kesempatan yangsama dalam membangun masyarakat, bangsa, dan negarasehingga patut mendapatkan penghargaan atas jasa-jasa yang telah didarmabaktikan bagi kejayaan dan tegaknyaNegara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkanPancasila dan Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;b.
 
bahwa penghargaan atas jasa-jasa yang diberikan olehnegara dalam bentuk gelar, tanda jasa, dan tandakehormatan untuk menumbuhkan kebanggaan, sikapketeladanan, semangat kejuangan, dan motivasi untukmeningkatkan darmabakti kepada bangsa dan negara;c.
 
bahwa pengaturan tentang pemberian gelar, tanda jasa,dan tanda kehormatan masih tersebar dalam berbagaiperaturan perundang-undangan;d.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksuddalam huruf a, huruf b, dan huruf c perlu membentukUndang-Undang tentang Gelar, Tanda Jasa, dan TandaKehormatan;Mengingat : Pasal 15, Pasal 20, dan Pasal 21 Undang-Undang DasarNegara Republik Indonesia Tahun 1945;Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG GELAR, TANDA JASA, DAN TANDA KEHORMATAN.BAB I . . .
 
 
- 2 -BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Gelar adalah penghargaan negara yang diberikan Presidenkepada seseorang yang telah gugur atau meninggal duniaatas perjuangan, pengabdian, darmabakti, dan karya yangluar biasa kepada bangsa dan negara.
 
2.
 
 Tanda Jasa adalah penghargaan negara yang diberikanPresiden kepada seseorang yang berjasa dan berprestasiluar biasa dalam mengembangkan dan memajukan suatubidang tertentu yang bermanfaat besar bagi bangsa dannegara.3.
 
 Tanda Kehormatan adalah penghargaan negara yangdiberikan Presiden kepada seseorang, kesatuan, institusipemerintah, atau organisasi atas darmabakti dankesetiaan yang luar biasa terhadap bangsa dan negara.4.
 
Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepadawarga negara Indonesia atau seseorang yang berjuangmelawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadiwilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang guguratau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara,atau yang semasa hidupnya melakukan tindakankepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yangluar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dannegara Republik Indonesia.
 
5.
 
Medali adalah tanda jasa berbentuk persegi lima.6.
 
Bintang adalah tanda kehormatan tertinggi berbentukbintang.7.
 
Satyalancana adalah tanda kehormatan di bawah bintangberbentuk bundar.8.
 
Samkaryanugraha adalah tanda kehormatan berbentukular-ular dan patra.9.
 
Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan adalahdewan yang bertugas memberikan pertimbangan kepadaPresiden dalam pemberian gelar, tanda jasa, dan tandakehormatan.10.
 
Presiden adalah Presiden sebagaimana dimaksud dalamUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945.11.
 
Menteri adalah menteri yang menyelenggarakan urusanpemerintahan di bidang kesekretariatan negara.12. Pemerintah . . .
 
 
- 3 -12.
 
Pemerintah Daerah adalah gubernur, bupati, atauwalikota, dan perangkat daerah sebagai unsurpenyelenggara pemerintahan daerah.13.
 
Negara Kesatuan Republik Indonesia yang selanjutnyadisingkat NKRI adalah sebuah negara kepulauan yangberciri Nusantara dengan wilayah yang batas-batas danhak-haknya ditetapkan dengan undang-undang.14.
 
 Tentara Nasional Indonesia yang selanjutnya disingkat TNIadalah alat negara di bidang pertahanan yang dalammenjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dankeputusan politik negara.15.
 
Kepolisian Negara Republik Indonesia yang selanjutnyadisebut Polri adalah alat negara di bidang pemeliharaankeamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum,perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepadamasyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalamnegeri.16.
 
Warga Negara Indonesia yang selanjutnya disingkat WNIadalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orangbangsa lain yang disahkan dengan undang-undangsebagai warga negara Indonesia.17.
 
Warga Negara Asing yang selanjutnya disingkat WNAadalah orang-orang bangsa lain yang disahkan denganundang-undang sebagai warga negara asing.BAB IIASAS DAN TUJUANPasal 2Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan diberikanberdasarkan asas:a.
 
kebangsaan;b.
 
kemanusiaan;c.
 
kerakyatan;d.
 
keadilan;e.
 
keteladanan;f.
 
kehati-hatian;g.
 
keobjektifan;h.
 
keterbukaan;i.
 
kesetaraan; dan j.
 
timbal balik.Pasal 3 . . .

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sagaf Said liked this
Khozin Zin liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->