Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah katalis

Makalah katalis

Ratings: (0)|Views: 88 |Likes:
Published by batavia82
katalis pada proses pembuatan minyak bumi
katalis pada proses pembuatan minyak bumi

More info:

Categories:Book Excerpts
Published by: batavia82 on Jan 03, 2014
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/20/2014

pdf

text

original

 
 
1
 
BAB I PENDAHULUAN
1.1
 
Latar belakang
Latar belakang pembuatan makalah ini yaitu untuk mengetahui proses katalitik reforming, hidrocracking dan isomerisasi pada kilang minyak bumi. Serta untuk mempelajari tentang katalis yang digunakan dalam proses tersebut. Dalam proses  pengolahan minyak bumi banyak proses yang melibatkan reaksi kimia. Minyak bumi adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan dalam kondisi sekarang ini, minyak bumi dibutuhkan oleh banyak kalangan diantaranya untuk industri digunakan sebagai energi dalam proses produksi, untuk rumah tangga digunakan sebagai bahan bakar, untuk kendaraan bermotor digunakan sebagai bahan bakar dan masih banyak kegunaan minyak  bumi yang lainnya. Karena sangat banyaknya kegunaan minyak bumi ini maka kita harus mengetahui proses pengolahan minyak bumi tersebut dan banyak pelajaran yang bisa dipelajari dari proses pengolahan minyak bumi.
1.2
 
Tujuan
Tujuan pembuatan makalah ini yaitu : a)
 
Untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran katalitik.  b)
 
Untuk mengetahui katalitik yang digunakan pada proses kilang minyak bumi. c)
 
Untuk mempelajari proses katalitik reforming, hidrocracking dan isomerisasi.
 
 
2
 
BAB II ISI
2.1
 
Deskripsi Katalis 1.
 
Pengertian Katalis
Katalis merupakan suatu zat yang mempercepat reaksi dengan menurunkan energy aktifasi. Katalis dapat mempercepat reaksi kimia dan dapat dipercepat dengan meningkatkan fraksi molekul yang memilioki energi melebihi energi aktifasi. Hal ini dapat dibuat dengan meningkatkan suhu/tenmperatur. Cara lain yang tidak memerlukan peningkatan suhu adalah dengan menetukan jalan reaksi melalui energi aktivasi yang lebih rendah.Fungsi katalis dalam suatu reaksi kimia adalah menyajikan reaksi alternatif . Dalam reaksi kimia,katalis sendiri tidak mengalami  perubahan yang permanen. Katalis dapat menentukan suatu reaksi berhasil atau tidak dimana keberhasilan reaksi ersebut tergantung kepada penggunaan katalis yang cocok. Selang suhu dan tekanan yang dapat digunakan dalam proses industri tidak mungkin barlangsung dalam reaksi biokimia. Tersedianya katalis yang cocok untuk reaksi-reaksi ini mutlak bagi makluk hidup.
2.
 
Jenis-jenis Katalis
a)
 
Katalis homogen adalah katalis yang dapat bercampur secara homogen dengan zat pereaksinya karena mempunyai wujud yang sama. Contoh Katalis Homogen :
 
Katalis dan pereaksi berwujud gas  NO(g) 2SO
2
(g) + O
2
(g)
 2SO
3
(g)
 
Katalis dan pereaksi berwujud cair H
+
(aq) C
12
H
22
O
11
(aq) + H
2
O(l)
 C
6
H
12
O
6
(aq) + C
6
H
12
O
6
(aq) glukosa fruktosa  b)
 
Katalis Heterogen
 Katalis heterogen adalah katalis yang tidak dapat bercampur secara homogen dengan pereaksinya karena wujudnya berbeda. Contoh Katalis Heterogen : Katalis berwujud padat, sedang pereaksi berwujud gas.  Ni(s) C
2
H
4
(g) + H
2
(g)
 C
2
H
6
(g)
 
 
3
 
c)
 
Autokatalis
 Autokatalis adalah zat hasil reaksi yang bertindak sebagai katalis. Contoh Autokatalis : CH
3
COOH yang dihasilkan dari reaksi metil asetat dengan air merupakan autokatalis reaksi tersebut. CH
3
COOCH
3
(aq) + H
2
O(
) → CH
3
COOH(aq) + CH
3
OH(aq) Dengan terbentuknya CH
3
COOH, reaksi menjadi bertambah cepat. d)
 
Biokatalis
 Biokatalis adalah katalis yang bekerja pada proses metabolisme, yaitu enzim. Contoh Biokatalis : Enzim hidrolase mempercepat pemecahan bahan makanan melalui reaksi hidrolisis. e)
 
Inhibitor
 Inhibitor adalah zat atau senyawa yang kerjanya memperlambat reaksi atau menghentikan reaksi. Contoh Inhibitor : I
2
 atau CO bersifat inhibitor bagi reaksi: 2H
2
(g) + O
2
(g) → 2H
2
O(
) f)
 
Racun Katalis
 Racun katalis adalah inhibitor yang dalam jumlah sangat sedikit dapat mengurangi atau menghambat kerja katalis. Contoh Racun Katalis : CO
2
, CS
2
, atau H
2
S merupakan racun katalis pada reaksi: Pt
 
2H
2
(g) + O
2
(g)
 
 
2H
2
O(
)
 
2.2
 
Deskripsi minyak bumi
1.
 
Pengertian minyak bumi
Minyak bumi atau Petroleum merupakan hasil dari pelapukan fosil-fosil tumbuhan dan hewan di zaman purba yang terpendam selama ribuan tahun yang lalu di dalam lapisan kulit bumi. Minyak bumi adalah campuran dari beberapa senyawa hidrokarbon baik yang jenuh atau yang tidak jenuh, baik yang alifatik maupun yang siklik. Komponen terbesar atau terbanyak dari minyak bumi adalah senyawa-senyawa alkana. Sebelum minyak  bumi itu diolah, minyak bumi itu masih berupa cairan hitam atau kental dan belum dapat dimanfaatkan.
2.
 
Proses Pengolahan Minyak Bumi
Minyak bumi biasanya berada 3-4 km di bawah permukaan laut. Minyak bumi diperoleh dengan membuat sumur bor. Minyak mentah yang diperoleh ditampung dalam kapal tanker atau dialirkan melalui pipa ke stasiun tangki atau ke kilang minyak. Minyak mentah (cude oil) berbentuk cairan kental hitam dan berbau kurang sedap.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->