Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
170Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teori Perencanaan

Teori Perencanaan

Ratings: (0)|Views: 11,458 |Likes:
Published by fransiskus raymond

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: fransiskus raymond on Sep 09, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2013

pdf

text

original

 
Teori Perencanaan (Perencanaan Kota)
Disusun oleh :
 Nama : Raymond Kharisma
 NPM : 0914000281
Mata Kuliah: Azas-azas Manajemen
H/R/J: Kamis/R/16.30
Dosen: Sunarno
Penugasan ke: 1
 
BAB IUnsur-Unsur Dalam Perencanaan
Perencanaan kota merupakan suatu pemikiran rasional dan kegiatanimplementatif untuk mengakomodasi kebutuhan baru di masa datang. Hal inidimaksudkan untuk memprediksi perkembangan kota dengan melihatkarakteristik lokal dan regional. Sehingga informasi yang up to date menjadituntutan proses perencanaan.Pemikiran rasional dalam perencanaan merupakan proses identifikasi potensi, kendala, permasalahan, kecenderungan perkembangan, danketerkaitannya dengan kota-kota lain disekitarnya dalam suatu konstelasiregional. Sedangkan kegiatan implementatif merupakan suatu kegiatan pelaksanaan rencana dalam bentuk program-program pembangunan. Sehingga,kebutuhan kota di masa depan dapat dimanifestasikan dalam bentuk fisik dan nonfisik berupa sosial budaya, sosial ekonomi, politik yang diwujudkan dalamrencana-rencana pembangunan kota. Produk rencana tersebut berupa rencana tataruang yang berdimensi pada dimensi waktu pelaksanaan. Oleh karena itu perencanaan kota harus mencerminkan kondisi yang berkesinambungan. Karenadalam proses pelaksanaannya penyusunan dokumen perencanaan tidak akan lepasdari kecenderungan perkembangan yang terdapat di kota dan arahan pembangunan dari dokumen perencanaan di atasnya. Data yang aktual menjadisalah satu faktor penentu keberhasilan perencanaan. Data merupakan suaturefleksi kondisi eksisting kota berupa "modal" awal pengidentifikasian kondisiserta penyelarasan perencanaan dengan karakteristik lokalnya.
 
I.Sistem Informasi yang Dinamis
Sistem informasi merupakan alat sebagai media penyajidan analisator yang sangat bermanfaat pada proses perencanaan.Sistem yang dinamis menjadi tuntutan penyajian data. karena padadasarnya data-data yang dibutuhkan pada proses perencanaanwilayah dan kota bersifat dinamis dan berubah dipengaruhi olehkondisi masyarakat dan kondisi fisik lingkungannya. Penguasaan para perencana terhadap sistem informasi yang dinamis merupakanmodal awal profesionalisme perencana. Menjadi satu hal yangharus dipenuhi oleh setiap perencana untuk dapat menguasai sertamengaplikasikan sistem informasi yang dinamis. Hal itudiwujudkan dalam sebuah sistem informasi perencanaan yangtermuat dalam data base yang dapat diakses secara mudah viainternet maupun intranet. Disamping itu instalasi wireless menjadisalah satu pendukung potensial kemudahan akses database. Haltersebut juga didukung oleh instalasi software-software pemetaanserta sistem informasi perencaan yang terintegrasi pada setiapkomputer di laboratorium, perpustakaan, maupun di administrasi.Secara umum, jenis data untuk perencanaan dapat digolongkan kedalam dua kelompok besar, yaitu data spasial (keruangan) dannonspasial. Dalam hal manajemennya, kedua kelompok datatersebut juga harus dikelola secara berbeda, yaitu data fisik bersifatstatis, sedangkan data sosial-ekonomi bersifat dinamis dan harusselalu di-update. Dari sisi substansi pembangunan ekonomi, data perencanaan pembangunan juga dapat dilihat dari sudut suplai(ketersediaan) dan demand (kebutuhan). Dengan melihat darikedua sisi tersebut diharapkan kedua aspek penting pembangunandapat terangkum.

Activity (170)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
fransiskus raymond added this note
silahkan dikopi.... piracy is legal for education
Qudri Saufi liked this
Felix Domestica liked this
Jamal Ukhen liked this
s2tahun2012 liked this
almen hutagalung liked this
Sri Sarwono added this note
mohon ijin copynya
s2tahun2012 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->