Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
162Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
METODE ILMIAH Cetak

METODE ILMIAH Cetak

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 16,083 |Likes:
Published by rochmat
Tentang metode ilmiah
Tentang metode ilmiah

More info:

Published by: rochmat on Sep 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/25/2013

pdf

text

original

 
BAB II. METODE ILMIAHA. RENCANA BELAJAR PESERTAStandar Kompetensi
: Memahami gejala alam melalui pengamatan.
Kompetensi Dasar :
1. Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alambiotik.2. Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alamabiotik.
Jenis KegiatanTanggalWaktuTempat BelajarAlasan PerubahanTanda TanganGuruB. TUJUAN PEMBELAJARAN :Tujuan Kegiatan Pembelajaran Umum
Siswa dapat mempelajari dan menggunakan konsep metode ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
1. Kegiatan Belajar 1 ( menit)1.1. Tujuan Kegiatan Pembelajaran 1.
Setelah selesai mempelajari kegiatan 1, Anda dapat:1.Memahami hakikat ilmu pengetahuan alam (sains)2.Memahami dan dapat menerapkan keterampilan proses sains3.Memahami dan dapat menerapkan metode ilmiah untuk pengamatan gejala alam
1.2 Kegiatan Pembelajaran dan Pengerjaan Tugas1.2.1 Materi Pembelajaran 1I. HAKIKAT ILMU PENGETAHUAN ALAM (SAINS)
Sejak abad ke-18, ilmu pengetahuan telah berkembang pesat dan melahirkan teknologi canggihyang berperan penting dalam kehidupan manusia. Perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya ilmupengetahuan alam, telah mengubah sejarah peradaban manusia menjadi lebih modern. Meskidemikian, tanpa disadari manusia telah mengeksploitasi alam secara besar-besaran dan mengabaikankeutuhan alam. Seiring dengan berkembangnya kemajuan sains serta teknologi, ketersediaan sumberdaya alam semakin menurun. Hal ini akan memengaruhi kehidupan manusia selanjutnya, yang saat initelah ditandai dengan perubahan iklim akibat pemanasan global. Bagaimana hal tersebut dapatterjadi? Bagaimana kita dapat mencegah kerusakan alam lebih lanjut? Untuk menjawabnya, kita perluterlebih dahulu mengkaji kembali hakikat dari ilmu pengetahuan alam (sains) yang sesungguhnya.
1. Ilmu Pengetahuan Alam sebagai Disiplin Ilmu
Berbagai disiplin ilmu yang dipelajari manusia secara garis besar dapat dikelompokkan menjaditiga, yaitu:1.Ilmu alam (
natural sciences
), misalnya kimia, fisika, biologi.2.Ilmu sosial (
social sciences
), misalnya sosiologi, ekonomi, manajemen.3.Humanitas (Ilmu Budaya), misalnya bahasa, etika, kewarganegaraan.1
 
Ilmu pengetahuan alam bermula dari rasa ingin tahu yang merupakan ciri khas manusia.Manusia memiliki rasa ingin tahu mengenai benda-benda dan gejala-gejala alam di sekitarnya, dandirinya sendiri. Dari rasa ingin tahu tersebut, manusia selalu menggunakan akal pikirannya untukmencari tahu serta mempelajari gejala-gejala alam agar dapat bermanfaat dalam kehidupannya. Jadi,
ilmu pengetahuan alam (sains) adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam secara apaadanya.2. Ciri Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu pengetahuan alam memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
a. Konkret
Ilmu pengetahuan alam memiliki objek kajian berupa benda-benda atau gejala-gejala alam yangnyata dan dapat ditangkap oleh indera, contohnya tumbuhan, benda langit, dan hujan.
b. Logis
Ilmu pengetahuan alam dikembangkan berdasarkan cara berpikir logis. Cara berpikir logis adalahcara berpikir dengan menggunakan logika dan ajek. Kesimpulan yang diambil berdasarkan logika-logika tertentu, baik secara induktif atau deduktif.
c. Objektif 
Hasil dari ilmu pengetahuan alam merupakan suatu produk yang terhindar dari maksud-maksudtertentu pelaku (subjektif), baik itu berupa kepentingan seseorang maupun golongan. Hasil dari kajianilmu pengetahuan alam harus sesuai dengan fakta dan bukti kebenaran ilmiah secara apa adanyatanpa ditambahi ataupun ditutupi dengan mitos dan perasaan.
d. Empiris
Ilmu pengetahuan alam atau sains dikembangkan berdasarkan pengamatan empiris, yaitu suatupengalaman konkret yang dapat dirasakan oleh semua orang dan dapat dibuktikan secara ilmiah.
e. Sistematis
Hasil kajian ilmu pengetahuan alam, baik hasil penelitian atau kajian ilmiah, didasarkan padalangkah-langkah yang sistematis dan berurutan. Urutan tersebut berupa langkah-langkah metodeilmiah sehingga ketika orang lain ingin melakukan hal yang sama, akan mendapatkan hasil yang samapula.
f. Teori-teorinya berlaku umum
Begitu banyak teori-teori sains yang lahir dari ilmuwan yang mengkaji gejala-gejala alam. Teori-teori itu berlaku umum dan dapat diketahui oleh orang lain tanpa batas. Ketika seorang ilmuwanmengeluarkan teori tertentu, orang lain dapat mengoreksi atau mengkaji ulang kesesuaian teoritersebut. Bahkan ilmuwan lain yang tidak sependapat dapat mengeluarkan teori baru yang melengkapiatau membantah teori yang tidak sesuai tersebut.
KEGIATAN 1.1 Perkembangan Sains dan Teknologi di IndonesiaTujuan:
mendiskusikan perkembangan sains dan teknologi di Indonesia saat ini.Kamu telah mempelajari ilmu pengetahuan alam (sains) sebagai suatu disiplin ilmu. Diskusikandengan temanmu mengenai hat berikut.
Hubungan perkembangan sains dengan perkembangan teknologi.
Perkembangan sains dan teknologi di Indonesia saat ini.
Dampak perkembangan sains dan teknologi terhadap masyarakat dan alam Indonesia.Bacalah berbagai sumber yang dapat menambah bahan diskusimu. Tuliskan hasil diskusimu dankumpulkan ke guru.2
 
II. KETERAMPILAN PROSES SAINS
Bagaimana cara ilmuwan menemukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan alam? Parailmuwan berhasil mengembangkan ilmu pengetahuan karena mereka bekerja secara sistematis, jujur,dan disiplin. Mereka mengembangkan semua keterampilan yang mereka miliki. Keterampilan itudinamakan keterampilan proses. Seseorang yang ingin mempelajari sains diharapkan dapatmenggunakan dan melatih keterampilan proses yang dimilikinya sehingga akan terbentuk suatu sikapilmiah dalam menjawab berbagai pertanyaan-pertanyaan di alam. Keterampilan proses sains tersebutadalah sebagai berikut.
1. Melakukan Observasi
Observasi adalah keterampilan dalam mengamati objek dan fenomena melalui panca indera,yaitu melihat, menyentuh, mengecap, mendengar, dan membau. Observasi juga dapat dilakukandengan menggunakan alat bantu, seperti penggaris, mikroskop, termometer, lup, dan neraca. Hasilobservasi dapat ditampilkan dalam bentuk gambar, bagan, tabel, grafik, deskripsi, atau penjelasan.
Contoh hasil observasi dalam bentuk gambar:Contoh hasil observasi dalam bentuk deskripsi:
Daun berukuran ± 10 — 5 cm2. Warna buah kuning, berbentuk bulat dengan daging buah tebaldan berair. Bunga berwarna putih dengan jumlah kelopak tiga. Batang berkayu. Akar merupakan akartunggang.
2. Menafsirkan
Menafsirkan merupakan kemampuan dalam memberi arti atau menginterpretasikan suatu gejala-gejala atau kejadian berdasarkan kejadian lainnya. Dalam memberikan penafsiran hendaknya memilikiacuan atau patokan. Acuan tersebut berdasarkan pengetahuan yang dimiliki dan pola yang sudahterjadi. Contoh cara menafsirkan adalah sebagai berikut.Gejala :
sebelum air sungai tercemar limbah pabrik, populasi ikan adalah 50 ekor, kemudianketika air sungai tercemar limbah pabrik, populasinya menjadi 25 ekor.
Penafsiran : terjadi penurunan populasi ikan sebesar 50% yang kemungkinan diakibatkan oleh airsungai yang tercemar limbah pabrik.
3. Memprediksi
Memprediksi berarti memperkirakan suatu kejadian di masa yang akan datang berdasarkan polayang pernah terjadi sebelumnya pada kondisi yang sama. Contoh cara memprediksi adalah sebagaiberikut.Kondisi:
matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus, bumi terletak di antara matahari dan bulan.
Prediksi :
akan terjadi gerhana bulan.
3

Activity (162)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Muhammad Daud added this note
terimakasih
Nuris Hidayat liked this
Samuel Zakaria liked this
Rick Lengi liked this
Etcie Nuriyani liked this
Metta Chandra liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->