Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MANAJEMEN REDAKSIONAL PERS

MANAJEMEN REDAKSIONAL PERS

Ratings: (0)|Views: 1,766 |Likes:
Published by Abaz Zahrotien

More info:

Published by: Abaz Zahrotien on Sep 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/13/2013

pdf

text

original

 
MANAJEMEN REDAKSIONAL PERS
Makalah ini di susun untuk memenuhi nilai tugas mata kuliahManajemen pers Dakwah yang diampu Bp. Amirudin, S. Sos. I 
Disusun Oleh :Abaz Zahrotien
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASIUNIVERSITAS SAINS ALQUR’AN (UNSIQ)JAWA TENGAH DI WONOSOBO2007
1
 
MANAJEMEN REDAKSIONAL PERS
A. PENDAHULUAN
Dunia pers hari ini menjadi dunia yang paling efektif dan vital dalammemainkan peran sebagai perantara dalam setiap bidang kehidupan. Terbukti daritidak bisa lepasnya setiap kepentingan dari pers, mulai dari aktivitas politik, ekonomi,social budaya hingga pada persoalan rumah tangga keluarga.Dan lebih menariknya lagi, pers menjadi senjata yang paling ampuh dalammelakukan perlawanan kepada pihak tertentu, wajar bila mantan presiden Amerikasekelas Franklin Delano Roosevelt jauh lebih takut kepada seorang wartawan dari pada seribu serdadu dengan senjata siap tembak di tangannya.Berbagai kepentingan beradu menjadi headline di setiap media massa, praktis terkadang banyak pihak yang membuat ‘konflik’ untuk menaikan bargaining position-nya di mata publik. Iklanpun berrebutan mendaftarkan diri untuk turut sertamenyumbangkan kreativitasnya. Praktis, pemasukan terbesar media massa terkadang bukan dari hasil penjualan medianya tetapi lebih banyak dari pemasangan iklan.Dari banyaknya perusahaan media massa yang ada di negara kita, banyak menimbulkan persaingan yang terkadang kurang sehat dan mengurangi keobjektifan berita yang dipublikasikan, karena berita yang di tampilkan terkadang tendensiuskepada pihak yang mendukungnya.2
 
Menjamurnya perusahaan pers, membuat banyak perusahaan melakukanmerger untuk mempertahankan hidup medianya. Menurut catatan William L. Riverskonsolidasi Koran tidak hanya terjadi saat ini saja, hal itu terjadi di setiap periode,namun sejak usai perang dunia pertama konsolidasi yang terjadi antar perusahaan pers meningkat pesat, sampai terbentuk perusahaan yang menguasai pangsa pasar terbesar di dunia.
1
 Mulai dari penampilan, hingga persoalan redaksional, redaksi terkadangmenggunakan berbagai cara agar medianya dapat diterima secara terbuka oleh semualapisan masyarakat untuk mendapatkan pelanggan yang banyak. Bahkan bisa sajakebohongan informasi sering ditampilkan untuk menarik pembaca.
B.MANAJEMEN REDAKSIONAL MEDIA
Manajemen redaksional media massa secara umum hampir sama, meskipundalam dataran prakteknya sering ada perbedaan. Mulai dari waktu hingga metodeteknis kerjanya. Ini wajar mengingat media terbit dalam waktu yang tidak bersamaansehingga media perlu ada manajemen yang tepat untuk dapat mengelola medianya.Pengelolaan media massa, khususnya masalah redaksional, tidak terlepasdari kepentingan perusahaan itu sendiri, khususnya mengenai permasalahan pendapatan dan penghasilan media. Artinya bentuk settingan secara global jugamempertimbangkan pendapatan.
1
William L. Rivers, et. al, 2004, Mass Media and Modern Society 2
nd
Edition,Penerjemah Haris Munandar, Prenada Media, Jakarta, Hal. 53
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->