Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
114Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
percobaan pembuatan Nugget

percobaan pembuatan Nugget

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 7,584 |Likes:
Published by dien_bbx

More info:

Categories:Types, Recipes/Menus
Published by: dien_bbx on Sep 15, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/21/2013

pdf

text

original

 
I PENDAHULUAN
Bab ini akan membahas mengenai: (1) Latar Belakang Percobaan, (2) Prinsipdan Tujuan Percobaan, dan (3) Identifikasi Masalah.
1.1.Latar Belakang Percobaan
Daging ayam merupakan salah satu komoditas hewani yang paling banyak digemari dimana selain rasanya yang enak juga mempunyai nilai gizi yang tinggi.Terdapat beberapa jenis ayam diantaranya ayam kampung, ayam negeri, ayamkalkun, dan lain-lain. Dari berbagai jenis tersebut paling banyak dikonsumsi adalah jenis ayam kampung dan ayam negeri.Cara pengolahan daging ayam dapat dilakukan dengan berbagai macam cara,diantaranya digoreng, disemur, dan lain sebagainya. Pada saat sekarang ini, ada pengolahan dari daging ayam yaitu dengan dibuat nugget yaitu daging ayam yangdigiling lalu dilapisi oleh breading dan digoreng, kemudian setelah matang dibekukanuntuk mempertahankan mutunya.Jenis makanan dari hasil olahan daging ayam ini sangat digemari terutamaoleh anak-anak , namun tidak sedikit pula orang dewasa yang menyukainya karenanugget ini praktis tinggal digoreng dan bisa untuk disimpan pada lemari pendingindan bisa dikonsumsi kapan saja.
1.2.Prinsip dan Tujuan Percobaan
Prinsip dari pembuatan nugget ayam ini adalah dengan berdasarkan pada proses penghancuran dan pengukusan daging serta proses penambahan bumbu,
 
 pencetakan dan pembentukan, sehingga terjadi koagulasi protein dan pengikatan butiran lemak oleh protein.Tujuan dari pembuatan nugget ayam ini adalah sebagai diversifikasi produk olahan daging, untuk mengetahui proses pembuatan nugget dan menambah nilaiekonomis serta untuk legih mengawetkan bahan pangan tersebut.
1.3.Identifikasi Masalah
(1)Pengaruh penambahan jenis tepung terhadap mutu dari produk (2)Pengaruh penambahan jumlah daging ayam terhadap mutu produk (3)Pengaruh proses pemanasan terhadap mutu produk nugget ayam.
 
II TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini akan membahas mengenai: (1) Nugget, (2) Daging Ayam, (3) BahanPengisi, (4) Breading, dan (5) Pengawetan dengan Suhu Dingin.
2.1.Nugget
 Nugget adalah suatu bentuk produk daging giling yang diselimuti oleh breading, digoreng setengah matang lalu dibekukan untuk mempertahankan mutunyaselama penyimpanan.Daging giling berasal dari daging segar setelah dibuang kepala, kulit, dantulangnya. Daging giling dapat diolah menjadi produk lain, diantaranya yaitu sosis,ham corned dan sebagainya (Grantham, 1981).Pada dasarnya pembuatan nugget daging mencakup lima tahap, yaitu penggilingan yang disertai dengan pencampuran bumbu, bahan pengikat, danemulsifier, pencetakan, breading, pre-frying dan pembekuan.Penggilingan daging sebaiknya pada suhu dibawah 15
o
C. Caranyan yaitu bisadengan menambahkan es pada saat penggilingan daging atau bisa juga denganmembekukan daging itu terlebih dahulu. Pendinginan ini bertujuan untuk mencegahdenaturasi protein aktomiosin oleh panas, karena pada proses penggilingan terjadigesekan-gesekan yang menimbulkan panas. Pada saat digiling sebaiknya dagingdicampur dengan garam untuk mengekstrak aktomiosin sehingga akan terbentuk  produk dengan stabilitas emulsi yang baik.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->