Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
34Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PP_16_2005_Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum

PP_16_2005_Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum

Ratings: (0)|Views: 2,369 |Likes:
Published by uuk79
Mungkin Berguna ya....
Mungkin Berguna ya....

More info:

Published by: uuk79 on Sep 15, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2014

 
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 16 TAHUN 2005TENTANGPENGEMBANGAN SISTEM PENYEDIAANAIR MINUMDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 40 Undang-UndangNomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air perlu menetapkanPeraturan Pemerintah tentang Pengembangan Sistem PenyediaanAir Minum;Mengingat : 1 Pasal 5 ayat 2 Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;2. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber DayaAir (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004, Nomor32, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor4377);MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANGPENGEMBANGAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUMBAB IKETENTUAN UMUMPasal 1
 
- - 2 - -
Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:1.
 
Air baku untuk air minum rumah tangga, yang selanjutnyadisebut air baku adalah air yang dapat berasal dari sumber airpermukaan, cekungan air tanah dan/atau air hujan yangmemenuhi baku mutu tertentu sebagai air baku untuk airminum.2. Air Minum ...2.
 
Air minum adalah air minum rumah tangga yang melaluiproses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yangmemenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum.3.
 
Air limbah adalah air buangan yang berasal dari rumahtangga termasuk tinja manusia dari lingkungan permukiman.4.
 
Sampah adalah limbah padat yang berasal dari lingkunganpermukiman, bukan bahan berbahaya dan beracun, yangdianggap tidak berguna lagi.5.
 
Penyediaan air minum adalah kegiatan menyediakan airminum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agarmendapatkan kehidupan yang sehat, bersih, dan produktif.6.
 
Sistem penyediaan air minum yang selanjutnya disebut SPAMmerupakan satu kesatuan sistem fisik (teknik) dan non fisikdari prasarana dan sarana air minum.7.
 
Pengembangan SPAM adalah kegiatan yang bertujuanmembangun, memperluas dan/atau meningkatkan sistemfisik (teknik) dan non fisik (kelembagaan, manajemen,keuangan, peran masyarakat, dan hukum) dalam kesatuan
 
- - 3 - -
yang utuh untuk melaksanakan penyediaan air minumkepada masyarakat menuju keadaan yang lebih baik.8.
 
Penyelenggaraan pengembangan SPAM adalah kegiatanmerencanakan, melaksanakan konstruksi, mengelola,memelihara, merehabilitasi, memantau, dan/ataumengevaluasi sistem fisik (teknik) dan non fisik penyediaanair minum.9.
 
Penyelenggara pengembangan SPAM yang selanjutnyadisebut Penyelenggara adalah badan usaha miliknegara/badan usaha milik daerah, koperasi, badan usahaswasta, dan/atau kelompok masyarakat yang melakukanpenyelenggaraan pengembangan sistem penyediaan airminum.10. Pelanggan …10.
 
Pelanggan adalah orang perseorangan, kelompok masyarakat,atau instansi yang mendapatkan layanan air minum dariPenyelenggara.11.
 
Tempat pembuangan akhir sampah yang selanjutnya disebutTPA adalah lokasi beserta prasarana fisiknya yang telahditetapkan sebagai tempat berlangsungnya kegiatanpengolahan dan pembuangan akhir sampah.12.
 
Badan usaha milik negara yang selanjutnya disebut BUMNadalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besarmodalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secaralangsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkanyang dibentuk khusus sebagai Penyelenggara.

Activity (34)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
farmasunhas liked this
ariatman liked this
Risma Pandiangan liked this
Dian Sukma liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->