Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword or section
Like this
26Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kompilasi Hukum Islam

Kompilasi Hukum Islam

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 2,407 |Likes:
Published by KUA Sukaluyu
Kompilasi Hukum Islam KUA Sukaluyu Cianjur
Kompilasi Hukum Islam KUA Sukaluyu Cianjur

More info:

Published by: KUA Sukaluyu on Sep 15, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/14/2013

pdf

text

original

 
KOMPILASI HUKUM ISLAMBUKU IHUKUM PERKAWINANBAB IKETENTUAN UMUMPasal 1
 Yang dimaksud dengan :a. Peminangan ialah kegiatan kegiatan upaya ke arahterjadinya hubungan perjodohan antara seorang priadengan seorang wanita;b. Wali hakim ialah wali nikah yang ditunjuk oleh MenteriAgama atau pejabat yang ditunjuk olehnya, yang diberihak dan kewenangan untuk bertindak sebagai wali nikah;c. Akad nikah ialah rangkaian ijab yang diucapkan oleh walidan kabul yang diucapkan oleh mempelai pria atauwakilnya disaksikan oleh dua orang saksi;d. Mahar adalah pemberian dari calon mempelai pria kepadacalon mempelai wanita, baik berbentuk barang, uang atau jasa yang tidak bertentangan dengan hukum Islam;e. Taklik-talak ialah perjanjian yang diucapkan calonmempelai pria setelah akad nikah yang dicantumkandalam Akta Nikah berupa Janji talak yang digantungkankepada suatu keadaan tertentu yang mungkin terjadidimasa yang akan datang;f. Harta kekayaan dalam perkawinan atau Syirkah adalahharta yang diperoleh baik sendiri-sendiri atau bersamasuami-isteri selama dalam ikatan perkawinan berlangsungselanjutnya disebut harta bersama, tanpa mempersoalkanterdaftar atas nama siapapun;g. Pemeliharaan anak atau hadhonah adalah kegiatanmengasuh, memelihara dan mendidik anak hingga dewasaatau mampu berdiri sendiri;h. Perwalian adalah kewenangan yang diberikan kepadaseseorang untuk melakukan sesuatu perbuatan hukumsebagai wakil untuk kepentingan dan atas nama anakyang tidak mempunyai kedua orang tua, orang tua yangmasih hidup, tidak cakap melakukan perbuatan hukum;
1
 Abdul Rochman (As. IV) Al-Azhari_KHI
 
i. Khuluk adalah perceraian yang terjadi atas permintaanisteri dengan memberikan tebusan atau iwadl kepada danatas persetujuan suaminya; j. Mutah adalah pemberian bekas suami kepada isteri, yangdijatuhi talak berupa benda atau uang dan lainnya.
BAB IIDASAR-DASAR PERKAWINANPasal 2
Perkawinan menurut hukum Islam adalah pernikahan, yaituakad yang sangat kuat atau mitssaqan ghalidzan untukmentaati perintah Allah dan melaksanakannya merupakanibadah.
Pasal 3
Perkawinan bertujuan untuk mewujudkan kehidupan rumahtangga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah.
Pasal 4
Perkawinan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukumIslam sesuai dengan pasal 2 ayat (1) Undang-undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.
Pasal 5
(1)Agar terjamin ketertiban perkawinan bagi masyarakatIslam setiap perkawinan harus dicatat.(2)Pencatatan perkawinan tersebut pada ayat (1), dilakukanoleh Pegawai Pencatat Nikah sebagaimana yang diaturdalam Undang-undang No.22 Tahun 1946 jo Undang-undang No. 32 Tahun 1954.
Pasal 6
(1)Untuk memenuhi ketentuan dalam pasal 5, setiapperkawinan harus dilangsungkan dihadapan dan di bawahpengawasan Pegawai Pencatat Nikah.(2) Perkawinan yang dilakukan di luar pengawasan PegawaiPencatat Nikah tidak mempunyai kekuatan Hukum.
2
 Abdul Rochman (As. IV) Al-Azhari_KHI
 
Pasal 7
(1) Perkawinan hanya dapat dibuktikan dengan Akta Nikahyang dibuat oleh Pegawai Pencatat Nikah.(2) Dalam hal perkawinan tidak dapat dibuktikan dengan AkatNikah, dapat diajukan itsbat nikahnya ke PengadilanAgama.(3) Itsbat nikah yang dapat diajukan ke Pengadilan Agamaterbatas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan :(a) Adanya perkawinan dalam rangka penyelesaianperceraian;(b) Hilangnya Akta Nikah;(c) Adanya keraguan tentang sah atau tidaknya salah satusyarat perkawinan;(d) Adanyan perkawinan yang terjadi sebelum berlakunyaUndang-undang No.1 Tahun 1974 dan;(e) Perkawinan yang dilakukan oleh mereka yang tidakmempunyai halangan perkawinan menurut Undang-Undang No.1 Tahun 1974;(4) Yang berhak mengajukan permohonan itsbat nikah ialahsuami atau isteri, anak-anak mereka, wali nikah dan pihakyang berkepentingan dengan perkawinan itu.
Pasal 8
Putusnya perkawinan selain cerai mati hanya dapatdibuktikan dengan surat cerai berupa putusan PengadilanAgama baik yang berbentuk putusan perceraian,ikrar talak,khuluk atau putusan taklik talak.
Pasal 9
(1) Apabila bukti sebagaimana pada pasal 8 tidak ditemukankarena hilang dan sebagainya, dapat dimintakansalinannya kepada Pengadilan Agama.
3
 Abdul Rochman (As. IV) Al-Azhari_KHI

Activity (26)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
chayrasyid liked this
Zain Elhasany liked this
iwanesz liked this
adila222320 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->