P. 1
03. Bab i - Selesai

03. Bab i - Selesai

Ratings: (0)|Views: 4,255 |Likes:
Published by rijasa

More info:

Published by: rijasa on Sep 18, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/01/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1.Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi khususnya teknologi informasi berbasis komputer dewasa ini dirasa sangat pesat dan hal ini berpengaruh terhadapaspek pekerjaan. Hampir semua perusahaan dalam hal pengambilan keputusan, penyebaran informasi dan peningkatan efektif pekerjaan serta pelayanan telahmenggunakan sistem informasi komputer. Dengan adanya komputer sebagai alat pengolah data, maka semua bidang dalam suatu perusahaan ataupun instansi dapatdikomputerisasikan guna mendukung keberhasilan suatu perusahaan dalammencapai tujuannya.Sekarang komputer bukan hanya berfungsi sebagai mesin pengolah kata(mesin ketik) atau hanya sebagai mesin untuk menghitung saja tapi banyak jugahal lain yang bisa kita lakukan dengan menggunakan komputer. Seperti membuat program, animasi dan banyak hal lainnya. Dapat kita lihat pada sekarang inisemakin banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan teknologi komputer untuk mempermudah pengguna dalam mengatur, melihat dan menyimpan data pembelian, penjualan serta data inventory pada perusahaan.Data inventory barang sangatlah penting bagi perusahaan, karena rata-ratasetiap perusahaan memiliki inventory serta mempunyai beragam macam jenisinventory. Maka daripada itu perusahaan harus memiliki sistem inventory untuk mempermudah pekerjaan dari petugas inventory dalam mengatur stock, penjualan, pembelian, dan pelaporan hasil penjualan serta pembelian barang kepada pimpinan perusahaan, karena sistem inventory secara umum berfungsi untuk 1
 
mengelola semua persediaan barang dagangan yang selalu mengalami perubahan jumlah dan nilai melalui transaksi-transaksi penjualan ataupun transaksi-transaksi pembelian.Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yangsemakin canggih, pemanfaatan komputer di berbagai bidang sudah merupakansuatu keharusan. Dengan penggunaan sistem yang berbasis komputer kita dapatmembuat / menciptakan suatu sistem inventory di UD. Pelopor, yang tidak dapatmenguras tenaga, waktu dan akan sangat membantu dalam pembuatan laporan-laporan dan penghitungan stock.
1.2.Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang sudah dikemukakan maka penulis mencoba mengidentifikasikan masalah sebagai berikut :
 –
Keakuratan data yang dirasakan kurang didalam mendapatkan datainformasi.
 –
Adanya keterlambatan laporan data setiap keluar masuk barangdikarenakan dalam pembuatan laporan masih manual sehinggamempengaruhi informasi yang dibutuhkan dengan cepat.
 –
Dalam pengecekkan barang masih terdapat data-data yang tidak sesuaiantara data barang secara fisik yang ada dengan catatan laporan keluar masuk barang sehingga dapat menyebabkan kerugian perusahaan.
 –
Kurang efisiennya kinerja kerja, jika dalam proses pengelolaan data belumditerapkannya suatu aplikasi yang mempermudah dan menghemat waktu.
1.3.Perumusan Masalah
2
 
Berdasarkan identifikasi masalah yang telah dikemukakan, maka penulisdapat merumuskan masalah sebagai berikut :
 –
Bagaimana cara agar data informasi yang diperoleh dapat akurat ?
 –
Bagaimana membuat dan menyusun laporan agar lebih efisien ?
 –
Bagaimana pengecekkan data barang secara fisik dengan laporan keluar masuk barang agar tidak terjadi kesalahan ?1.4.
Pembatasan Masalah
Dalam merancang sistem dan menyusun tugas akhir ini, penulis perluuntuk membatasi permasalahan agar lebih mengarah pada tujuan pokok yangdiharapkan.Hal-hal yang akan dibahas dalam tugas akhir ini lebih difokuskan pada jumlah stock kertas diperusahaan UD. Pelopor beserta dengan laporan-laporannya.1.5.
Maksud dan Tujuan Penelitian
Maksud dari penelitian ini adalah sebagai salah satu syarat dalammenyelesaikan studi diprogram strata satu (S1) jurusan teknik informatika.Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah merancang suatu sistem inventoryyang dapat menghemat waktu dan memudahkan bagi penggunanya.1.6.
Manfaat Penelitian
Manfaat dari pembuatan tugas akhir ini adalah sebagai berikut :
 –
Diharapkan dapat membantu perusahaan ini dalam pengaturan stock, penjualan, dan pembelian barang.3

Activity (58)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yana Herdiana liked this
Pradana Lazuardi liked this
Hatty Kace liked this
Hatty Kace liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->