Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
27Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Buku pedoman terbaru

Buku pedoman terbaru

Ratings: (0)|Views: 2,830 |Likes:
Published by arol_z3

More info:

Published by: arol_z3 on Sep 18, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/29/2013

pdf

text

original

 
Buku Pedoman Program D3 Ilmu Komputer dan Manajemen Informatika 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat membutuhkan sumber dayamanusia (SDM) yang
well-educated 
. Era
 Information Technology
(IT) ditandai denganhadirnya berbagai macam teknologi, fasilitas dan produk yang terus berkembang dan berubah setiap saat. Pemanfaatan teknologi internet, komputer dan aplikasi serta perangkat-perangkat canggih pendukung lainnya ini tentunya harus dibarengikemampuan pengelolaan yang baik dan benar dari SDM handal. Untuk itu proses dansarana transfer ilmu dalam mencetak SDM baru bidang ini menjadi sangat penting, yangsecara eksplisit juga dibutuhkan untuk mempertinggi kualitas pembangunan, khususnya bidang pendidikan dan teknologi.Sebagai salah satu negara besar di dunia, baik dari segi luas wilayah maupun jumlah penduduk, sudah selayaknya Indonesia meningkatkan kemampuan kompetitif warga negaranya. Hal ini mengingat semakin meningkatnya persaingan global baik ditingkat regional maupun internasional, diantaranya AFTA 2003 dan APEC 2020. Pada jangka waktu tersebut, arus tenaga kerja tidak lagi dibatasi oleh sekat-sekat negaramaupun wilayah. Kemampuan kompetitif yang dibutuhkan dunia kerjalah yang akanmenentukan terserap atau tidaknya mereka.Diantara sekian banyak skill, ada tiga kemampuan dasar yang menjadi keharusanuntuk dimiliki oleh SDM saat ini yaitu penguasaan teknologi baik dibidang instrument-instrumen industri maupun komputer dan internet, bahasa asing dan kemampuanmanajerial baik terhadap diri sendiri maupun kelompok. Kemampuan-kemampuantersebut tentunya tidak bisa hadir begitu saja. Suatu lembaga pendidikan yang baik,terpercaya, dan kapabel untuk melahirkan SDM-SDM tersebut sangatlah dibutuhkan.Lembaga yang dimaksudkan tersebut tentunya harus ditunjang oleh kurikulum yang baik, pengajar yang berkualitas serta sarana dan prasarana yang memadai, serta mempunyaikemampuan berinteraksi dan berakselerasi dengan cepat terhadap segala perubahan dan perkembangan teknologi dan kebutuhan dunia kerja.Dengan kerangka pemikiran di atas, maka pada tahun 1999 Program Diploma 3Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala didirikan pertama dengan program studi Ilmu Komputer dan Manajemen Informatika (D3-IKMI)ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Syiah Kuala No. 068 Tahun1999 tertanggal 14 Mei 1999. Program Studi D3-IKMI berada di bawah JurusanMatematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kualayang sangat peduli dengan segala bentuk perkembangan baru ilmu pengetahuan, riset danteknologi. Diharapkan nantinya diploma ini mampu mengisi kebutuhan tenaga kerjadalam berbagai bidang diantaranya:
Programmer, System & Network Administrtor, Database Developer & Administrator,
dan
Website/Webbase Developer & Designer.
 Selanjutnya pada tahun 2000, Program Diploma 3 Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala, menambah program studi baru yaituProgram Studi Diploma 3 Instrumentasi dan Komputasi disingkat D3-INSKOMditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Syiah Kuala No. 323 Tahun2000 tanggal 29 Juli 2000. Program Studi D3-INSKOM berada di bawah Jurusan Fisika
 
Buku Pedoman Program D3 Ilmu Komputer dan Manajemen Informatika 
2
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala. ProgramStudi ini bertujuan menghasilkan SDM yang mampu sebagai tehnisi dibidang instalasi,rehabilitasi, kalibrasi dan servis instrument-instrumen industri baik konvensional maupunyang berbasis komputer.Berdasarkan Keputusan Derektorat Jenderal Pendidikan Tinggi DepartemenPendidikan Nasional Republik Indonesia No.2272/D/T/2003 Tahun 2003 tanggal 5September 2003 tentang ijin Penyelenggaraan Pendidikan Diploma Baru padaUniversitas Syiah Kuala, maka Program Studi D3 Ilmu Komputer dan ManajemenInformatika (D3-IKMI) berubah nama menjadi Program Studi D3 ManajemenInformatika (D3-MI) dan Program Studi D3 Intrumentasi dan Komputasi (D3-INSKOM)tetap tidak mengalami perubahan nama.
1.2. Visi Diploma 3 FMIPA
Menuju masyarakat Madani yang cakap dan mampu memanfaatkan teknologiinformasi, komputer dan instrumentasi industri untuk meningkatkan kesjahteraanhidup.
1.3. Misi Diploma 3 FMIPA
Mendidik tenaga Ahli Madya dibidang Tekno;ogi Informasi, Komputer danInstrumentasi Industri yang terampil, jujur dan dapat mengantisipasi perubahan dankemajuan Ilmu Pengetahuan Teknologi.
1.4. Tujuan Diploma 3 FMIPA
 
Menghasilkan lulusan atau sumber daya manusia yang mampu:
 
Merancang dan mengembangkan sistem informasi dan Aplikasi Komputer;
 
Mengembangkan dan menjaga kelangsungan jaringan computer;
 
Sebagai teknisi dalam instalasi dan servis instrument-instrumen yangkonvensional maupun yang berbasis komputer;
 
Membantu pimpinan dalam aspek perencanaan, pengadaan dan penggunaankomputer maupun instrumen industri.
 
Buku Pedoman Program D3 Ilmu Komputer dan Manajemen Informatika 
3
BAB IIKETENTUAN AKADEMIK2.1. Sistem Satuan Kredit Semester (Sistem SKS)
Sistem Satuan Kredit Semester atau sistem SKS mencakup pengertian tentangsistem Kredit Semester dan Satuan Kredit Semester.
2.1.1 Sistem Kredit
Sistem Kredit adalah sistem penyelenggaraan pendidikan, dimana bebanstudi mahasiswa, beban kerja tenaga pengajar dan beban penyelenggaraan program lembaga pendidikan dinyatakan dalam kredit.
2.1.2 Semester
Semester adalah satuan waktu kegiatan yang terdiri dari 18 sampai 20minggu kuliah atau kegiatan terjadwal lainnya, berikut iringannya termasuk 2 sampai 3 minggu kegiatan penilaian.
2.1.3 Satuan Kredit Semester (SKS)
Satuan Kredit Semester adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mahasiswa, besarnya pengakuan atas keberhasilanusaha mahasiswa, besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha kumulatif  bagi suatu program studi, serta besarnya usaha penyelenggaraan pendidikanyang dilakukan oleh Universitas Syiah Kuala dengan bantuan tenaga pengajar.
2.2 Nilai kredit Semester2.2.1 Nilai Kredit Semester untuk Perkuliahan
 Nilai satu satuan kredit semester untuk perkuliahan ditentukan berdasarkanatas beban kegiatan yang meliputi keseluruhan dari tiga macam kegiatan perminggu yaitu:a. Untuk Mahasiswa1. 50 Menit acara tatap muka (kuliah);2. 60 Menit acara kegiatan akademik terstruktur (mengerjakan PR);3. 60 Menit acara kegiatan akademik mandiri (membaca bukureferensi). b. Untuk Tenaga Pengajar (Dosen)1. 50 Menit acara tatap muka (kuliah);2. 60 Menit acara perencanaan dan evaluasi;3. 60 Menit pengembangan materi kuliah.
2.2.2 Nilai Kredit Semester untuk Seminar
 Nilai satu satuan kredit semester untuk seminar adalah sama dengan acara50 menit tatap muka per minggu selama satu semester.

Activity (27)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Reja Ice liked this
Ham Dini liked this
Raudhah Nak Kul liked this
Izuru Icball liked this
Didik Nurhadi liked this
Arfan Ansori liked this
Aris Prasetya liked this
Rita Andaya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->