Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
170Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sejarah Dan perkembangan olahraga Senam

Sejarah Dan perkembangan olahraga Senam

Ratings:

3.0

(2)
|Views: 64,124|Likes:
Published by skunda

More info:

Published by: skunda on Sep 22, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/27/2013

pdf

text

original

 
SEJARAH & PERKEMBANGAN SENAM
OlehAHMAD SKUNDA S.076484019 
FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAANUNIVERSITAS NEGERI SURABAYAS1 PENKESREK 2007 – 2008
 
Pendahuluan
Dengan adanya cabang olah raga senam yang ada di Indonesia. Maka pada matakuliah sejarah ini perlu adanya pembahasan tentang apakah olah raga Dayung itu.Tujuan penulisan makalah ini adalah1.Memberitahu tentang sejarah perkembangannya di Indonesia.2.Memberikan informasi tentang nomor – nomor yang dipertandingkanMelalui makalah ini diharapkan para pembaca bisa mendapatkan informasitentang penelusuran cabang olah raga Senam.
 
SEJARAH PERKEMBANGAN SENAM
1. Senamsenam dalam bahasa inggris disebut “Gymnastic” yang berasal dari kata“Gymnos” bahasa Greka (yunani) yang berarti berpakaian minim atau telanjang. OrangYunani kuno melakukan latihan senam di ruangan khusus yang disebut “Gymnasium”atau “Gymnasion”. Tujuannya ialah untuk mendapatkan kekuatan dan keindahan jasmani.Cara melakukannya sambil berpakaian minim atau telanjang. Maksudnya mungkin agar dapat leluasa bergerak. Namun yang melakukan senam ini hanya kaum pria.Senam di negeri kita sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Waktu itunamanya “Gymnastiek” sedangkan pada zaman jepang dinamakan “Taiso”. Pemakaianistilah senam sendiri kemungkinan bersamaan dengan pemakaian kata olahraga sebagai pengganti kata sport.Senam sejak zaman Yunani kuno sampai sekarang telah mengalami perkembangan demikian pesat, seiring dengan kemajuan di bidang ilmu dan teknologi.Perkembangan itu terlihat dalam bentuk-bentuk gerakan, teknologi. Perkembangan ituterlihat dalam bentuk-bentuk gerakan, sistimatika latihan maupun ujuan-tujuannya.Apakah senam itu? Untuk menjawab pertanyaan demikian sebaiknya diberi jawaban dengan mengemukakan batasan. Tapi itu tidaklah mudah disebabkan ruanglingkup senam sekarang demikian luasnya. Namun batasan itu perlu untuk membedakansenam dengan cabang olahraga lainnya, untuk itu perlu dikemukakan dulu apa cirri-ciridan kaidah-kaidah senam itu.
Ciri dan kaidah senam ialah :
Bahwa gerakan-gerakan latihannya selalu dapat direncanakan, dipilih dandiciptakan oleh guru, pelatih bahkan oleh pelaku sendiri.
Bahwa gerakan latihannya terpilih itu harus disusun secara sistematis (merupakansuatu kebulatan latihan)
Penyusunan dan pemilihan gerakan itu harus sesuai dengan prinsip-prinsiptertentu sesuai dengan tujuan atau kebutuhan si pelaku.Dengan melihat ciri-ciri dan kaidah-kaidah tersebut maka batasan mengenai senamdapat dirumuskan sebagai berikut:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->