Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kumpulan Istilah Dan Pengertian Dalam Jaringan Komputer

Kumpulan Istilah Dan Pengertian Dalam Jaringan Komputer

Ratings: (0)|Views: 1,709 |Likes:
Published by darkaitokid
Kumpulan Istilah Dan Pengertian Dalam Jaringan Komputer
Kumpulan Istilah Dan Pengertian Dalam Jaringan Komputer

More info:

Published by: darkaitokid on Sep 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/05/2013

pdf

text

original

 
KUMPULAN ISTILAH DAN PENGERTIAN DALAM JARINGAN KOMPUTERJumaat, 2008 Mac 14Dalam jaringan komputer banyak sekali kita menemukan istilah-istilah yangdigunakan didalamnya. Hambatan yang sering terjadi dalam belajar jaringankomputer adalah banyaknya istilah atau kata yang digunakan terkadang istilahtersebut tidak didalam buku atau kamus bahasa inggris karena memang istilah yangdigunakan bukan merupakan kata-kata namun singkatan seperti TCP/IP atau IPbanyak orang yang terframe dipikirannya ketika mendengar kata IP langsungmengartikan bahwa IP adalah nomor komputer atau komputer ini nomornya berapa.Hal-hal yang demikian jika tidak dilurusankan nantinya dikhawatirkan akan merubahmakna dari singkatan tersebut.Kebanyakan singkatan yang digunakan dalam jaringan komputer menjadikansingkatan itu sebagai nama dari kata yang dimaksud seperti RJ 45, mendengar katatersebut pikiran kita langsung tertuju pada bendanya, langsung membayangkan RJ45 padahal RJ 45 sendiri adalah sebuah singkatan yaitu Registered Jack nomor 45.Kumpulan istilah ini sengaja di buat guna memberikan inputan bagi siapa saja yangsedang atau akan belajar jaringan komputer atau sekedar menghangatkan kembaliingatan-ingatan kita pada jaringan komputer.Dengan senang hati jika ada yang ingin menambahkannya …10BaseT Bagian dari standar asli IEEE 802.3, 10BaseT adalah spesifikasi Ethernet 10 Mbpsbaseband yang menggunakan dua pasang kabel yang saling terbelit (twisted pair),kabel kategori 3, 4, 5 menggunakan satu pasang kabel untuk mengirim data datusatu pasang lainnya untuk menerima. 10BaseT mempunyai batas jarak sekita 100meter per segmen.100BaseT Berdasarkan standar IEEE 802.3u, 100BaseT adalah spesifikasi Fast Ethernetuntuk baseband 100Mbps yang menggunakan kabel UTP. 100BaseT mengirimkan linkpulse (yang berisi lebih banyak informasi dibandingkan dengan yang digunakan10BaseT) melalui network ketika tidak ada lalu lintas data.
 
100BaseTXBerdasarkan standar IEEE 802.3u, 100BaseTX adalah spesifikasi Fast Ethernetbaseband 100Mbps yang menggunakan dua pasang kabel UTP atau STP. Kabel pasangpertama menerima data, pasang kedua mengirimkan data. Untuk memastikan waktusinyal yang tepat, sebuah segmen 100BaseTX panjangnya tidak bias melebihi 100meter.A&B Bit SignalingPensinyalan bit A & B. digunalan dalam fasilitas transmisi T1 dan terkadangdinamakan “24th” channel signaling (pensinyalan kanal ke 24). Setiap 24 T1subchanel pada procedur ini menggunakan satu bit untuk setiap frame keenam untukmengirimkan informasi sinyal pengawasan (supervisory).AAAAuthentication, Authorization, Accounting. Sebuah system yang dibuat oleh ciscountuk menyediakan keamanan jaringan.AALATM Adaption Layer. Sebuah sublayer yang service-dependent (bergantung padalayanan) dari layer data link, yang menerima data dari aplikasi lain dan membawanyake layer ATM dengan segmen-segmen payload (data yang dikirim) berukuran 48byte. CS dan SAR adalah dua sublayer yang membentuk AAL-AAL. Saat ini empattipe AAL yang direkomendasikan oleh ITU-T adalah AAL1, AAL2, AAL3/4, danAAL5. semua AAL dibedakan oleh source-destination timming (waktu dari sumberke tujuan) yang digunakan, apakah CBR atau VBR, serta apakah mereka digunakanuntuk transmisi data yang connection-oriented atau connectionless.AAL1ATM Adaption Layer 1. satu dari empat AAL yang direkomendasikan oleh ITU-T AAL1 digunakan untuk layanan yang connection-oriented dan time-sensitive yangmemerlukan bit rate yang stabil, seperti lalu lintas isochronous dan video yang tidakdi kompresi.
 
AAL2ATM Adaption Layer 2. Satu dari empat AAL (sebuah produk dari dua layer yangdirekomendasikan oleh ITU-T. AAL2 digunakan untuk layanan connection-oriented yang mendukung bit rate yang bervariasi, seperti lalu lintas suara (voice) yangdikompresi.AAL3/4ATM Adaption Layer ¾. Satu dari empat AAL (sebuah produk dari dua layer yangpada awalnya berbeda) yang direkmendasikan oleh ITU-T, mendukung baik linkconnectionless maupun link connection-oriented. Terutama digunakan untukmengirimkan paket-paket SMDS melalui network ATM.AAL5Adaption Layer 5. Satu dari empat AAL yang direkomendasikan oleh ITU-T,digunakan untuk mendukung layanan VBR connection-oriented terutama untukmentransfer network IP yang klasik, melalui lalu lintas ATM dan LANE.Rekomendasi AAL yang lebih sederhana ini menggunakan SEAL, menawarkan biayabandwidth yang lebih rendah dan kebutuhab pemrosesan yang lebih sederhana,tetapi juga menyediakan bandwidth yang dikurangi dan kemampuan error-recovery.AARPAppleTalk Address Resolution Protocol. Protokol di dalam stack atau kumpulanprotocol AppleTalk yang memetakan alamat data-link alamat network.AARP Probe PacketsPaket-paket yang dikirim oleh AARP untuk menentukan apakah sebuah node ID(identifikasi dari sebuah titik atau node) yang diberikan sedang digunakan oleh nodelain pada sebuah network AppleTalk yang nonextended. Jika node ID tidak sedangdigunkan oleh node lain, node pengirim akan memilih node ID tersebut. Jika node IDsedang digunakan oleh node lain, node pengirim akan memilih sebuah ID lain dankemudian mengirimkan keluar AARP probe packets yang lebih banyak.

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Msaddami Saddami liked this
Dinda Purwasari liked this
Hendy D'those liked this
heriyuli liked this
Desthiy Chira liked this
Sarjan Jan liked this
Ogay Chopet liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->