Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
80Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makul : Analisis Masalah Sosial HAKEKAT MASALAH SOSIAL

Makul : Analisis Masalah Sosial HAKEKAT MASALAH SOSIAL

Ratings: (0)|Views: 7,702 |Likes:
Published by Joko Setiawan

More info:

Published by: Joko Setiawan on Sep 30, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/02/2013

pdf

text

original

 
Tugas Kelompok 
 
HAKEKAT MASALAH SOSIAL, KEBERFUNGSIAN, DANHUBUNGANNYA
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Analisis Masalah SosialDosen :Drs. Suhendar, MPNAMA ANGGOTA KELOMPOK :Joko Setiawan (08.04.100)Ganda Andharu Sandi (08.04.)Mei Rochma (08.04.)Ahmad Fauzi (08.04.)
SEKOLAH TINGGI KESEJAHTERAAN SOSIALBANDUNG2009
1HAKEKAT MASALAH SOSIAL, KEBERFUNGSIAN SOSIAL DANHUBUNGANNYA
 
HAKEKAT MASALAH SOSIAL, KEBERFUNGSIAN SOSIAL DANHUBUNGANNYAHAKEKAT MASALAH SOSIAL
Menurut Soerjono Soekanto, masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaianantara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupankelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapatmenimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupankelompok atau masyarakat.Senada dengan hal pendapat tersebut, Rubington dan Winberg (1999)mendifinisikan masalah sosial sebagai berikut :
Social problems as an alleged  situation that is incompaible with the values of significant number of people whoagree that action is needed to alter the situation
”. Definisi tersebut menyebutkan bahwa masalah sosial yang diduga dan dianggap oleh banyak orang bertentangandengan nilai, sehingga mereka setuju adanya tindakan untuk mengatasi ataumenghilangkan situasi tersebut. Berdasarkan definisi di atas, maka terdapat berbagai unsur dari pengertian masalah sosial yaitu :1.Situasi. Masalah sosial merupakan suatu situasi, namun sembarang situasi.Masalah sosial adalah situasi yang diduga atau dianggap menggangu atau tidak mengenakkan orang lain. Situasi bermasalah juga dapat menggambarkan adanyaketimpangan atau kesenjangan anatar situasi yang diharapkan dengan situasi nyata( a significant discrepancy between standart and social actuality) situasi tersebutdapat bernuansa mikro, meso, makro; serta berkonteks lokal, regional, nasionaldan internasional.2.Orang. Dalam masalah sosial paling tidak terdapat tiga pihak yang terlibat. Piha pertama adalah orang yang memahami masalah sosial atau melakukan pelanggaran (client). Pihak kedua adalah orang uang menjadi korban masalahtersebut ( victim). Pihak ketiga adalah orang yang berkaitan dengan permasalahandan menilai situasi tersebut sebagai situasi yang bermasalah (significant others).
2HAKEKAT MASALAH SOSIAL, KEBERFUNGSIAN SOSIAL DANHUBUNGANNYA
 
3.Norma dan nilai. Dalam masalah sosial terdapat norma dan nilai yang dilanggar, padahal norma dan nilai seharusnya dijunjung tinggi dan dijadikan landasandalam berperilaku. Jadi kalau ada individu yang melanggar norma dan nilai, makaindividu lain akan bereaksi terhadap pelanggaran tersebut.4.Tindakan. Jika ada masalah sosial, maka orang mengharapkan ada tindakan untuk menghadapi dan memecahkan masalah sosial tersebut (problems solving andcoping) Tindakan tersebur dapat dilakukan oleh mereka sendiri atau pihak lain.Blumer (1971) dan Thompson (1988) mengatakan bahwa yang dimaksud denganmasalah sosial adalah suatu kondisi yang dirumuskan atau dinyatakan oleh suatuentitas yang berpengaruh yang mengancam nilai-nilai suatu masyarakat sehingga berdampak kepada sebagian besar anggota masyarakat dan kondisi itu diharapkandapat diatasi melalui kegiatan bersama. Entitas tersebut dapat merupakan pembicaraan umum atau menjadi topik ulasan di media massa, seperti televisi,internet, radio dan surat kabar.Jadi yang memutuskan bahwa sesuatu itu merupakan masalah sosial atau bukan,adalah masyarakat yang kemudian disosialisasikan melalui suatu entitas. Dantingkat keparahan masalah sosial yang terjadi dapat diukur denganmembandingkan antara sesuatu yang ideal dengan realitas yang terjadi (Colemandan Cresey, 1987).Contohnya adalah masalah kemiskinan yang dapat didefinisikan sebagai suatustandar tingkat hidup yang rendah, yaitu adanya suatu tingkat kekurangan materi pada sejumlah atau segolongan orang dibandingkan dengan standar kehidupanyang umum berlaku di masyarakat yang bersangkutan (Suparlan, 1984)Dan untuk memudahkan mengamati masalah-masalah sosial, Stark (1975)membagi masalah sosial menjadi 3 macam yaitu :(1) Konflik dan kesenjangan, seperti : kemiskinan, kesenjangan, konflik antar kelompok, pelecehan seksual dan masalah lingkungan.
3HAKEKAT MASALAH SOSIAL, KEBERFUNGSIAN SOSIAL DANHUBUNGANNYA

Activity (80)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Joko Heru liked this
Alwi Lutfi liked this
Nor Sofea Nazira liked this
Nur Okta liked this
Nur Okta liked this
Norma Ulfah liked this
persinggahan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->