Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
16Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
manual

manual

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 1,153 |Likes:
Published by mja

More info:

Published by: mja on Feb 07, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/10/2012

pdf

text

original

 
ManualSistem Pelaporan SPBU( Sispel SPBU )
Di dalam manual ini anda akan menemukan:A.Gambaran Umum Sispel SPBU1.Spesifikasi Program2.Penjelasan Umum3.Jenis-Jenis Laporan Yang Dihasilkan4.Data Entry Yang Diperlukan5.tabel Data Yang Dibutuhkan6.Fasilitas-Fasilitas ProgramB.Tata Cara Instalasi dan Setup1.Tata Cara Mendapatkan Sispel SPBU2.Tata Cara Instalasi3.Tata Cara SetupC.Tata Cara Pemakaian Sispel SPBU1.Cara Menjalankan dan Keluar dari Sispel SPBU2.Pemasukan Data3.Proses Data4.Mencetak Laporan5.Menggunakan Fasilitas Lain-lainD.Lampiran1.Memasukkan Saldo Awal Produk Non-BBM2.Memulai Pemasukan Data Meteran3.Melakukan Registrasi Program4.Technical Support
Cileungsi Computer
Halaman 1
 
Manual Sispel SPBU
A. Gambaran Umum Sispel SPBU
1. Spesifikasi Program
 Nama Program:
Sistem Pelaporan SPBU
Platform:DOSJenis:Aplikasi DatabaseVersi:2002Pembuat/Hak Cipta:Cileungsi Computer Ruko Pondok Damai Blok B1 No. 6 Cileungsi, Bogor 16820Telp. 0818-789641Website: http://www.cileungsi.comE-mail: office@cileungsi.com
2. Penjelasan Umum
“Sistem Pelaporan SPBU”, atau disingkat “Sispel SPBU”, adalah sebuah program aplikasikomputer untuk mengotomatiskan sistem pelaporan SPBU, baik laporan harian, maupunrekapitulasi bulanan.Dengan Sispel SPBU, petugas hanya perlu memasukkan data meteran awal dan meteranakhir setiap pompa (per shift atau per hari), dan program akan otomatis menghitung jumlah pengeluaran yang dilakukan, untuk selanjutnya dicetak ke dalam bentuk laporan harian.Selain itu, jika terjadi perubahan volume tangki karena penambahan/pasokan, pengeluaranuntuk keperluan test, dan perubahan tinggi permukaan BBM yang diukur menggunakanstick ukur, data ini pun akan dimasukkan sehingga dapat diketahui jumlah stock/persediaanBBM yang dimiliki.Sispel SPBU juga dilengkapi dengan fasilitas pengelolaan data stock barang-barangsuplemen/komplemen lain, seperti minyak pelumas (olie), air accu, dan sebagainya,sehingga dapat diperoleh laporan yang komprehensif tentang penjualan dan stock/ persediaan yang ada di SPBU.
3. Jenis-jenis Laporan yang dapat dihasilkan oleh Sispel SPBU 
1.Laporan Hasil Penjualan BBM (harian)Yaitu laporan penjualan Premium, Premix, dan Solar dari setiap pompa per shift per hari. Dilengkapi pula dengan Rincian jumlah uang yang harus disetorkan.Laporan ini pun dapat merinci penjualan yang dilakukan terhadap konsumenumum, dan pengeluaran untuk keperluan sendiri (intern perusahaan).2.Laporan Kondisi Stok (harian)Yaitu laporan tentang keadaan meteran pompa dan hasil pengukuran yangdilakukan terhadap tangki.
Cileungsi Computer
Halaman 2
 
Manual Sispel SPBU
Laporan ini dilengkapi pula dengan keadaan stok dalam satuan liter sehingga dapatdiketahui mutasi penambahan dan pengurangan stok, dan sisa serta deviasi perhitungan dengan pengukuran secara fisik.3.Laporan Penjualan BBM (bulanan)Yaitu rekapitulasi penjualan BBM dan mutasi stok/persediaan dalam sebulan,sehingga dapat diperoleh informasi berapa jumlah penjualan, jumlah pembelian,HPP, penguapan, dan laba kotor.4.Laporan Penjualan Non-BBM (harian)Yaitu laporan penjualan barang-barang suplemen/komplemen yang dijual di SPBU,disertai dengan rincian jumlah uang yang harus disetorkan.5.Laporan Kondisi Persediaan Barang Non-BBMYaitu laporan yang memperlihatkan kondisi dan mutasi persediaan barang Non-BBM yang dijual di SPBU. Laporan ini dapat dicetak sewaktu-waktu diperlukan.6.Rekapitulasi Hasil PenjualanYaitu laporan penjualan lima komoditas utama yang dijual di SPBU, yaituPremium, Premix, Solar, Olie, dan Air Accu. Laporan ini disusun secara kronologis(per hari) selama periode waktu yang diinginkan.Selain laporan-laporan di atas, dapat diperoleh printout daftar produk/komoditas yangdijual, serta jika diperlukan dapat pula menampilkan mutasi dan ke adaan stock per  produk.
4. Data Entry yang diperlukan
Pada dasarnya, data entry yang dilakukan terdiri dari pemasukan data BBM, dan pemasukan data produk Non-BBM.1.Pemasukan data BBM terdiri dari:
Pemasukan data meteran pompa
Pemasukan data hasil pengukuran tangki
Pemasukan data penerimaan BBM
Pemasukan data pengembalian BBM yang dipergunakan untuk test.2.Pemasukan data Non-BBM meliputi:
Pemasukan data penjualan produk Non-BBM
Pemasukan data pembelian produk Non-BBM
Pemasukan data yang menambah stock lainnya
Pemasukan data yang mengurangi stock lainnya, seperti kehilangan ataukerusakan.Pemasukan data yang lainnya adalah pemasukan data rincian uang yang diterima berdasarkan keadaan sebenarnya. Pemasukan data ini dilakukan pada saat hendak mencetak laporan harian.
Cileungsi Computer
Halaman 3

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
iwantase liked this
Wira Aryana liked this
Nur Susanto liked this
Ter Senyum liked this
samawa1985 liked this
yhou liked this
tentrin liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->