Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
40Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Draft UU RS Final

Draft UU RS Final

Ratings: (0)|Views: 2,441 |Likes:
Published by Anis Fuad
UU rumah sakit 2009
UU rumah sakit 2009

More info:

Published by: Anis Fuad on Oct 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/19/2012

pdf

text

original

 
 1
RANCANGAN
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR … TAHUN …TENTANGRUMAH SAKITDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
Menimbang : a. bahwa pelayanan kesehatan merupakan hak setiap orang yang dijamin dalamUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang harusdiwujudkan dengan upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat yangsetinggi-tingginya;b.
 
bahwa rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakatdengan karateristik tersendiri yang dipengaruhi oleh perkembangan ilmupengetahuan kesehatan, kemajuan teknologi, dan kehidupan sosial ekonomimasyarakat yang harus tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebihbermutu dan terjangkau oleh masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yangsetinggi-tingginya;c.
 
bahwa dalam rangka peningkatan mutu dan jangkauan pelayanan Rumah Sakitserta pengaturan hak dan kewajiban masyarakat dalam memperoleh pelayanankesehatan, perlu mengatur Rumah Sakit dengan Undang-Undang;
 
d.
 
bahwa pengaturan mengenai rumah sakit belum cukup memadai untuk dijadikanlandasan hukum dalam penyelenggaraan rumah sakit sebagai institusi
 
pelayanan kesehatan bagi masyarakat;e.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, huruf b, huruf, huruf c, dan huruf d serta untuk memberikan kepastian hukum bagimasyarakat dan Rumah Sakit, perlu membentuk Undang-Undang tentangRumah Sakit;
 
 2
Mengingat : Pasal 5 ayat (1), Pasal 20, Pasal 28H ayat (1), dan Pasal 34 ayat (3) Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAM E M U T U S K A N:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG RUMAH SAKIT.BAB IKETENTUAN UMUM
Pasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanankesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan,dan gawat darurat.2.
 
Gawat Darurat adalah keadaan klinis pasien yang membutuhkan tindakan medis segera gunapenyelamatan nyawa dan pencegahan kecacatan lebih lanjut.
 
3.
 
Pelayanan Kesehatan Paripurna adalah pelayanan kesehatan yang meliputi promotif, preventif,kuratif, dan rehabilitatif.4.
 
Pasien adalah setiap orang yang melakukan konsultasi masalah kesehatannya untukmemperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, baik secara langsung maupun tidaklangsung di Rumah Sakit.5.
 
Pemerintah Pusat yang selanjutnya disebut Pemerintah, adalah Presiden Republik Indonesiayang memegang kekuasaan pemerintahan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalamUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.6.
 
Pemerintah Daerah adalah Gubernur, Bupati, atau Walikota dan perangkat daerah sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.7.
 
Menteri adalah menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan.
 
 3
BAB II ASAS DAN TUJUAN
Pasal 2Rumah Sakit diselenggarakan berasaskan Pancasila dan didasarkan kepada nilai kemanusiaan, etikadan profesionalitas, manfaat, keadilan, persamaan hak dan anti diskriminasi, pemerataan,perlindungan dan keselamatan pasien, serta mempunyai fungsi sosial.Pasal 3Pengaturan penyelenggaraan Rumah Sakit bertujuan:a.
 
mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan;b.
 
memberikan perlindungan terhadap keselamatan pasien, masyarakat, lingkungan rumah sakitdan sumber daya manusia di rumah sakit;c.
 
meningkatkan mutu dan mempertahankan standar pelayanan rumah sakit; dand.
 
memberikan kepastian hukum kepada pasien, masyarakat, sumber daya manusia rumah sakit,dan Rumah Sakit.
BAB IIITUGAS DAN FUNGSI
Pasal 4Rumah Sakit mempunyai tugas memberikan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna.Pasal 5Untuk menjalankan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4, Rumah Sakit mempunyai fungsi :a.
 
penyelenggaraan pelayanan pengobatan dan pemulihan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit;b.
 
pemeliharaan dan peningkatan kesehatan perorangan melalui pelayanan kesehatan yangparipurna tingkat kedua dan ketiga sesuai kebutuhan medis;c.
 
penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia dalam rangka peningkatankemampuan dalam pemberian pelayanan kesehatan; dand.
 
penyelenggaraan penelitian dan pengembangan serta penapisan teknologi bidang kesehatandalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan etika ilmu pengetahuanbidang kesehatan;

Activity (40)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Naya Hidayah liked this
Dessy Angghita liked this
simpati1 liked this
andishd liked this
andishd liked this
maria liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->