Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perubahan Bentuk Kepala Karena Bersalin

Perubahan Bentuk Kepala Karena Bersalin

Ratings: (0)|Views: 600 |Likes:
Published by Sri Utami

More info:

Published by: Sri Utami on Oct 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2012

pdf

text

original

 
PERUBAHAN-PERUBAHAN BENTUK KEPALAKARENA BERSALIN
Perubahan bentuk kepala anak disebabkan oleh :Caput SuccedaneumMoulageCephal hematomCaput SuccedaneumAdalah oedema dari kulit kepala anak yang terjadi karena tekanan dari jalan lahir kepada kepala anak.Karena tekanan ini vena tertutup tekanan dalam capiilair veneusmeninggi hingga cairan masuk ke dalam jaringan longgar di bawah lingkarantekanan dan pada tempat yang terenda.Caput Succedaneum itu terjadi bila :Ketuban sudah pecahHis cukup kuat, makin kuat his, makin besar caput succedaneum.Anak masih hidup sewaktu ketuban pecah.Tempatnya caput menentukan bagian terendah dari kepalaCaput SuccedaneumMisalnya kalau caput terdapat di daerah ubun-ubun kecil, maka anak lahir dalam presentasi belakang kepala kalau terdapat di daerah dahi, makaanak lahir dengan presentasi dahi tersebut. Caput ini hilang setelah beberapa jam setelah anak lahir.
 
Caput SuccedaneumKelainan ini ditemukan biasanya pada presentasi kepala, sesuai dengan posisi bagian yang bersangkutan. Pada bagian tersebut terjadi edema sebagaiakibat pengeluaran serum dan pembuluh darah. Caput succedaneum tidak memerlukan pengobatan khusus dan biasanya menghilang setelah 2 – 5 hari.Sumber :Hanifa Wikijosastro. 2002. Ilmu Kebidanan Edisi Ketiga Cetakan Keenam.Jakarta; Yayasan Bina Pustaka-Sarwono Prawirohardjo.Caput SuccedaneumTerjadinya edema dibawah kulit kepala bayi sebagai akibat pengeluaran cairan serum dari pembuluh darah. Sering dijumpai pada partuslama, partus abstruksi dan pada pertolongan dengan ekstraksi vacum (caput buatan) biasanya menghitung 2 – 5 hari post partum.Sumber :Ristan Muchtar, 1998. Sinopsis Obstetri Edisi 1; Jakarta. Buku Kedokteran(EGC)Caput SuccedaneumApabila panggul sempit, sewaktu persalinan sering terjadi caputsuccedaneum yang besar di bagian terbawah kepala janin. Caput dapat hampir mencapai dasar panggul sementara kepala sendiri belum cukup.Dokter yang kurang berpengalaman dapat melakukan upaya secara prematur dan tidak bijak untuk melakukan ekstraksi forceps.Biasanya caput succedaneum, bahkan besar sekalipun akan menghilang dalam beberapa hari.
 
Sumber :F. Garry Cunninghal, Dkk. 2006. Obstetri Williams Edisi 21. Jakarta; BukuKedokteran EGC.Caput SuccedaneumPembengkakan pada kulit kepala janin, yang biasanya terjadi akibattekanan dari serviks. Pembengkakan kemungkinan bertambah besar pada persalinan macet.Sumber :Safe Motherhood. 2006. Modul Persalinan Macet. Jakarta ; Buku Kedokteran(EGC)Caput SuccedaneumPembengkakan edemalous di bawah kulit kepala bagi terapi diatastulang tengkorak. Pembengkakan ini terbentuk pada persalinan karena persenting part mendapatkan tekanan dari serviks setelah selaput ketuban pecah.Sumber :Hellen Farren. 2001. Peranakan Maternikas. Jakarta; Buku Kedokteran (EGC)Caput SuccedaneumPembengkakan di atas kepala. Bagian lunak yang menonjol seperti bengkak itu (Caput Succedaneum) muncul akibat tekanan rongga panggul padakepala bayi beberapa saat sebelum lahir. Bentuk kepala seperti ini juga terjadi pada bayi yang lahir dengan bantuan vacum.Yang harus dilakukan adalah :Saat mandi, kompres bagian yang bengkak dengan handuk yang lembutdan sudah dicelupkan dengan air hangat. Kepala akan ke bentuk normaldalam 2 minggu.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
C'nia Qyu liked this
Sidrah Darma liked this
stonezzzz liked this
Cakra Birawa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->