Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Artikel Adi-menjaga Kebersihan Vagina

Artikel Adi-menjaga Kebersihan Vagina

Ratings: (0)|Views: 1,534 |Likes:
Published by imo_lutchu

More info:

Published by: imo_lutchu on Oct 04, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/11/2011

pdf

text

original

 
MENJAGA KEBERSIHAN VAGINA
Organ kewanitaan atau vagina (miss. v) sangat penting bagi wanita.Selain sebagai alat reproduksi, organ wanita juga digunakan sebagai alatuntuk melakukan kegiatan seksual dengan pasangan. Karena itu, sebaiknyavagina selalu dijaga kebersihannya. Sayangnya, tidak sedikit dari wanitayang tahu cara yang benar untuk membersihkan vagina itu.Kalau pun tahu, mungkin hanya dengan mengganti celana dalamsetiap kali mandi. Atau membersihkan menggunakan larutan pembersihkhusus area vagina yang dijual bebas di pasaran. Padahal menjagakebersihan vagina tidak hanya dengan cara itu saja. Juga perlu diketahui, penggunaan larutan pembersih vagina tidak boleh digunakan secarasembarangan, karena dikhawatirkan bakteri baik yang ada di daerah tersebutakan ikut mati.Pada vagina terdapat bakteri
 Lactobacillius
yang berfungsi sebagaisistem alami untuk menjaga kebersihan, kelembaban, dan keasaman areavagina. Juga bisa berfungsi untk membunuh kuman-kuman yang masuk.Jadi perlu dijaga agar kondisi
 pH 
pada
labia minor 
tetap seimbang, tidak sampai habis. Karena kalau sampai habis, tentu tidak ada perlindungan alamiyang mampu menjaga keasaman area vagina dan menimbulkan gangguan pada vagina, diantaranya:
KEPUTIHAN
Vagina yang terlalu lembab bisa membuat jamur bersarang dantumbuh subur di area tersebut. Sehingga menyebabkanterjadinya keputihan, yang ditandai adanya lendir pekat berwarna kuning keputihan atau kuning kehijauan, berbau, sertamuncul rasa gatal.
IRITASI
Kebersihan vagina yang tidak terjaga bisa memicu munculnyakuman yang menimbulkan rasa gatal. Bila digaruk, tentu akanmenyebabkan iritasi, karena kulit didaerah vagina sangatlahsensitif.
BERJERAWAT
Banyaknya jaringan lemak di bawah kulit yang tidak dijagakebersihannya bisa memicu munculnya benjolan kecil, seperti jerawat. Kondisi seperti itu disebut
 folikulitis.
INFEKSI SEKUNDER 
Adanya kuman di vagina dapat berfermentasi dan menyebabkaninfeksi sekunder. Misalnya infeksi saluran kencing.
 
Lalu, bagaimana cara menjaga agar kondisi bakteri baik pada vaginatetap stabil? Sebaiknya membersihkan vagina dengan cara yang manual.Antara lain:
BERENDAM
Berendam dalam air hangat sudah mampu membersihkan areavagina. Sebab dengan berendam air hangat, jamur dan kumanyang menempel tersebut bisa mati. Juga bisa di tambahkandaun sirih sebagai antiseptik alami.Selain itu berendam dalam air hangat juga dapat merilekskanotot-otot sekitar vagina.
USAP BAGIAN LUAR SAJA
Untuk membersihkan area vagina, sebaiknya mengusap bagianluar saja, yaitu hinggga bagian
labia minor.
Jangan sampai ke bagian dalam, karena akan membuat
 Lacobacillus
mati danmuncul gangguan di area vagina.
SERING GANTI CELANA DALAM
Mengganti celana dalam tidak cukup hanya ketika mandi saja.Tetapi pada saat vagina terasa lembab. Sebaiknya pemilihan bahan celana dalam juga di perhatikan. Pilih dengan bahankatun yang menyerap keringat.
GUNTING RAMBUT PUBIS
Rambut pubis berfungsi memberikan rasa hangat pada vagina.Tetapi bila terlalu lebat juga akan menimbulkan masalah. Jadiguntinglah rambut pubis secara berkala. Sebaiknyamenggunakan gunting untuk mencukur rambut pubis. Karena jika menggunakan pencukur, karena kalau tidak tepat akanmelukai kulit vagina.
CEBOK DENGAN CARA YANG BENAR 
Cara cebok sebaiknya juga di perhatikan. Cebok yang benar adalah dari arah depan ke belakang, dan tidak boleh kembali.Karena kuman yang berada di daerah anus basa berpindah kevagina.Bila harus menggunakan
 jet washer,
sebaiknya pengaturan air nya tidak terlalu kencang, cukup sedang saja. Karena jikaterlalu kencang justru akan “ mengantarkan “ kuman masuk keleher rahim, bahkan lebih dalam lagi. Hal itu tentu sangat berbahaya.
 
Ketika dalam perjalanan jauh, kebanyakan wanita membawa larutan pembersih vagina dengan alasan lebih praktis. Padahal, seperti yang ditulissebelumnya, penggunaan larutan pembersih secara terus menerus sangattidak dianjurkan. Karena itu lakukan lah hal-hal sebagai berikut:
BASUH DENGAN AIR YANG MENGALIR 
Setelah buang air kecil, sebisa mungkin basuh area vaginadengan air yang mengalir. Karena biasanya di tempat umum, jarang sekali di perhatikah kebersihan dan sanitasinya.
BAWALAH TISU TOILET
Gunakan tisu setelah cebok, agar daerah vagina tetap kering.
BAWA CELANA DALAM
 DISPOSABLE 
Untuk menjaga agar vagina tidak lembab, sebaiknya agar seringmengganti celana dalam. Karena itu, sebaiknya selama dalam perjalanan membawa celana dalam disposable atau sekali pakai.
SELANGKANGAN MENGHITAM
Selangkangan yang menghitam tentu menyebabkan kebanyakan dariwaniti kurang percaya diri jika ‘berhadapan’ dengan pasangannya. Karenaletak selangkangan yang tersembunyi, banyak perempuan yang kurangmemperdulikan kondisinya. Padahal seperti halnya ketiak, selangkanganmenjadi tempat favorit bagi bakteri untuk berkembang biak. Bila bakterisudah berkembang biak, maka timbulah iritasi yang akibatnya selangkanganmenjadi hitam.Meski begitu, kulit daerah paha atas atau selangkanganmemang cenderung lebih gelap dan sensitif.Menghitamnya selangkangan tidak terjadi dalam waktu singkat.Beberapa hal yang menyebabkan selangkangan jadi hitam, antara lain:
Infeksi jamur atau bakteri
Selangkangan terletak di daerah yang tertutup, hal itumenyebabkan udara kurang bisa masuk, sehingga menjadilembab. Kondisi lembab menyebabkan jamur atau bakteri berkembang dengan baik. Jamur atau bakteri tersebutmenyebabkan rasa gatal. Bila digaruk, tentu akan menyebabkaniritasi. Iritasi yang berulang menyebabkan
hiperpigmentasi
,

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Jerry Tando Jeyi liked this
imel liked this
Agil Rumboko liked this
meingkar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->