Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
86Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Filsafat Pendidikan Islam

Filsafat Pendidikan Islam

Ratings: (0)|Views: 7,969 |Likes:
Published by bahrun
tulisan ini merupakan hasil dari kumpulan beberapa tulisan di ruang kuliah
tulisan ini merupakan hasil dari kumpulan beberapa tulisan di ruang kuliah

More info:

Published by: bahrun on Oct 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/14/2013

pdf

text

original

 
Revitalisasi Pendidikan Islam.(A:8).
Ada beberapa alasan mengapa seolah tokoh pendidikan islamtak pernah terlahirkan atau terlahirkan namun tak memilikirelevansi dalam kontek perkembangan ilmu pengetahuan secaraglobal. Jawaban ini menurut saya dan hanya mencoba menjawabmungkin ini tidak termasuk jawaban dari tugas final saya.
1.
Walau harus kita akui memang seolah pendidikan atauperkembangan ilmu pengetahuan tak pernah ada dalamislam, ini ditandai dengan tingginya peradaban baratterutama setelah islam kalah dalam perang salib, yangmengubah pusat trend ilmu pengetahuan dari timur kebarat,sehingga lahirlah istilah islamisasi, lahirnya istilah islamisasimenunjukkan kedangkalan dan ketidak komprehensifnyakalangan ilmuan dan cendikiawan islam dalam memehamidasar dan sumber ilmu yang sesungguhnya. Walau kita akuidalam perkembangan terkhir barat justru merajai kemajuannamun benar adanya bahwa hampir sebagian besarperkembangan sains dan ilmu pengetahuan, telah terlebihdulu di konsepkan oleh tokoh pemikir dan filosof dalam Islamdalam bidang kedokteran pendidikan, seni, filsafat dan lainsebagainya.
1
 
2.
Lemahnya tingkat pemahaman masyarakat islam terhadapdan kurangnya informasi telah menggelapkan mata sebagiandari kalangan islam yang seolah tokoh-tokoh islam hanyaberkutat dalam fikih, selain itu interpreatasi dan penela’aahansecara mendasar terhadap apa yang merekan dapatkansehingga islam tekesan tokoh-tokoh islam hanya bicara soalagama sebab lain adalah lemahnya kemampuan paraintelektual islam sekarang dalam menentukan ukuran-ukurankeilmuan dan hanya selalu merujuk pada barat walausesungguhnya para pemikir dan ahli-ahli islam telah jauhsebelumnya menjelaskan hal tersebut, sebut saja conotohnyaseperti. Tiori-tiori pendidikan, komponan-konponenpangajaran dan lain sebagainya.
3.
Sebagai jawabanya, tentu konsep-konsep keilmuan kususnyapendidikan harus dibangun kembali dengan sumber-sumberdari islam sendiri, serta dengan interpretasi sungguh-sungguhdari konsep-konsep pendidikan atau nilai-nilai filosofis edukasiyang pernah di kemukakan oleh para konseptor atau filosof islam. sehingga akan muncul innovator-inovator dalamkonsep-konsep pendidikan yang lebih up to date, dan mampumenjawab tantangan dunia pendidikan.
2
 
4.
dengan menggali dari sumber-sumber yang utuh dari paratokoh-tokoh Islam yang mempunyai pandangan komprehensif tentang masalah pendidikan. serta menetapkan sebuahukuran-ukuran yang jelas dan mampu dibuktikan secarailmiah sehingga interpretasi-interpretasi tersebut mendapatrespon dari berbagai kalangan. sebagai bukti pendanganpendidikan islam mampu menjawab persoalan pendidikanmodern.
5.
Menjadikan pemikiran-pemikiran tokoh pendidikan islamsebagai tela’ah dan mata kuliah wajib bagi setiap mahasiswadan disetiap perguruan tinggi islam.
Nilai Filosofis-Pedagogis Ibnu Sahnun dan Al Qabisi.(A:1)
.Ibnu sahnun adalah seorang tokoh pendidikan islam abad ketiga H. Al qabisi, merupakan murid dari ibnu sahnun, ia merupakanseorang penulis dan juga seorang ulama yang terkenal danmempunyai perhatian yang besar dalam bidang pendidikan, alqabisi yang merupakan murid dari ibnu sahnun juga merupakanseorang ulama yang memliki perhatian yang besar terhadappendidikan, ini dapat dilihat dari karya al qabisi yang dianggapkonpehensif dari beberapa penulis dan ulama lain sebelumnya,
3

Activity (86)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Khairul Muttaqin liked this
Wiwied Sri Widayati added this note
bagus dan mantaaaap...
Bintang Gejora liked this
Muf Rodin liked this
M Alfath Annaas liked this
Pahru Dien liked this
Lukman Emank added this note
mantp
Baktiar Nasution added this note
sangat bagus dan ilmiah

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->