Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Genset Gas Di Kendari

Genset Gas Di Kendari

Ratings: (0)|Views: 373 |Likes:
Published by arrester97

More info:

Published by: arrester97 on Oct 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2012

pdf

text

original

 
GENSET GAS LPG UNTUK SOLUSI KELISTRIKAN DISISTEM KENDARI
Ricky Cahya Andrian (7905009F)arrester97@yahoo.comPLN Pengatur Beban Kendari, PLN AP2B Sistem Sulsel Jln. Ahmad Yani Wuwua Kendari 93117, Sulawesi Tenggara
 ABSTRAK 
Diversifikasi Energi adalah solusi untuk melepas ketergantungan dari BBM denganmemanfaatkan energi lain untuk menghasilkan listrik, salah satunya adalah gasLPG. Gas LPG yang sekarang sedang disosialisasikan oleh pemerintah untuk menggantikan minyak, ternyata bisa digunakan juga untuk menghasilkan listrik.Sehingga konversi BBM, dalam hal ini HSD juga dapat dilakukan ke gas tetapidalam skala rumah tangga. Teknologi genset saat ini sudah mengalami kemajuandengan menggunakan bahan bakar gas LPG bukan bensin atau solar. Dengankapasitas 7 kW yang ada di pasaran bisa memberikan kontribusi sebesar 7MW jikadipasang di 1000 titik di Kendari. Genset ini digunakan saat WBP (malam) selama 4 jam, sehingga jika dibandingkan dengan konsumsi HSD senilai dengan 7KL atau45.5 juta per hari yang bisa dihemat. Pemadaman WBP di Kendari sebesar 6.5 MW  juga dapat teratasi.
1.LATAR BELAKANG
Ide awal untuk mencetuskan hal ini adalah dilatarbelakangi oleh kondisi sistem diKendari yang selalu defisit saat malam hari akibat kebutuhan demand tidak bisadipenuhi oleh supply akibat pertumbuhan ekonomi seperti Mall, ruko danperumahan baru di kota Kendari. Di samping itu, banyak masyarakat pelosok yangmasih menikmati listrik hanya 12 jam bahkan ada juga yang sama sekali tidakmendapatkan listrik sama sekali. Sehingga hal ini mendorong penulis untuk berpikirbagaimana bisa menciptakan listrik mandiri. Karena dengan listrik mandiri inimerupakan salah satu cara untuk melistriki masyarakat dengan tidak bergantungkepada PLN (offgrid) sehingga tantangan untuk mencapai visi 75-100 PLN di tahun2020 dapat terwujud.
2.REFERENSI
3.PERMASALAHAN
 
Permasalahan pemadaman yang dilakukan PLN adalah masalah klasik yangdiakibatkan oleh demand pelanggan listrik yang lebih besar dari supply pembangkityang ada (eksisting). Di Kendari, semua pembangkit adalah jenis diesel yangberbahan bakar minyak HSD dan MFO. Sehingga biaya operasi di Sistem Kendari inisangat tinggi yaitu 1600 rupiah per kWh dari sisi bahan bakar dengan SFC 0.250.Harga HSD saat ini sudah mencapai 6500 rupiah per liter akibat kenaikan hargaminyak dunia yang mencapai 98US$ per barrel. Sehingga kebijakan untukmembangun pembangkit baru berbahan bakar diesel tidak diperkenankan. PLTUatau pembangkit berbahan bakar batubara baru masuk sistem Kendari tahun 2010dengan kapasitas 2 x 10 MW sedangkan tahun 2007 saja beban puncak Kendarisudah mencapai 31.7MW, di tahun 2010 diperkirakan akan mencapai 38MW.Sedangkan daftar tunggu di Sistem Kendari sudah mencapai 15MW sehingga totalkebutuhan listrik di Kendari akan mencapai 53 MW di tahun 2010. Sehingga tidakmengherankan mulai tahun 2007 ini sampai 2010 akan tetap terjadi pemadaman.Saat ini Sistem Kendari defisit 6.5 MW atau 1/5 sistem akibat keluarnya mesinkarena pemeliharaan dan gangguan. Jumlah defisit ini juga belum memenuhikriteria N-1, artinya jika ada mesin lain gangguan tiba-tiba yaitu mesin terbesarcaterpillar dengan kapasitas 4 MW, maka dipastikan pemadaman akan lebih besardan mencapai 10 MW atau 1/3 sistem. Sehingga yang bisa dilakukan untukmengurangi pemadaman dan juga untuk memenuhi kebutuhan listrik pelanggandaftar tunggu terutama daya 450 VA (R1) dan 900 VA (R2) dengan caramenciptakan listrik mandiri bagi rumah tangga (off grid) dari sistem PLN eksisting.
4.PEMBAHASAN
Listrik mandiri adalah listrik yang dihasilkan sendiri oleh masyarakat tanpa perlumenyambung ke jaringan PLN. Listrik mandiri didapat dengan menggunakan gensetberbahan bakar gas sehingga harganya lebih murah dibandingkan menggunakanbensin, kerosene atau solar. Genset gas yang ada di pasaran saat ini sudahmempunyai kapasitas 7000W per unit, disupply dari dua buah tabung gas LPG,masing-masing kapasitas 12 kg. Caranya seperti kita menggunakan kompor gasyaitu dari tabung gas tersebut dipasang selang gas, kemudian dihubungkan denganGenset tersebut, kemudian langsung distart. Genset ini keluarannya 220 Vacsehingga diperuntukan untuk rumah tangga. Genset dengan kapasitas ini bisamensupply sekitar 16 rumah pelanggan R1 (450 VA) dan 8 rumah pelanggan R2(900VA).
 
Gambar 1. Genset dengan bahan bakar gas LPGGambar 2. gas LPG sebagai bahan bakar genset

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Iwan Halim liked this
b33law liked this
Eris Osman Rifki liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->