Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
42Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
GEMPA (ISI)

GEMPA (ISI)

Ratings:

2.0

(2)
|Views: 18,040|Likes:
Published by Fadhli
Gempa bumi adalah getaran yang terjadi permukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut. Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan.
Gempa bumi adalah getaran yang terjadi permukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut. Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan.

More info:

Published by: Fadhli on Oct 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/22/2012

pdf

text

original

 
BAB 1Pendahuluan
Gempa bumi adalah getaran (goncangan) yang terjadi karena pergerakan(bergesernya) lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumidan juga bisa dikarenakan adanya letusan gunung berapi. Gempa bumi sering terjadidi daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan juga di daerah yangdikelilingi lautan luas.Gempa bumi adalah getaran yang terjadi permukaanbumi.Gempa bumi biasadisebabkan oleh pergerakankerak bumi(lempeng bumi). Kata gempa bumi jugadigunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut.Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekananyang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan.
BAB 2GEMPA
2.1 Seisme (Gempa)
Gempa bumi adalah suatu peristiwa pelepasan energi gelombang seismik secara tiba tiba diakibatkan oleh adanya deformasi lempeng tektonik yang terjadi pada kerak bumi. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
1
 
Gambar : Patahanlempeng kerak bumisaat terjadi gempa bumi.
Sumber: BadanMeteorologi dan Geofisika
Tentunya Anda tidak akan percaya dengan cerita di atas. Sesungguhnyagempa terjadi akibat getaran kulit bumi yang disebabkan oleh kekuatan dari dalam bumi. Bagaimana getaran itu terjadi? Kerak bumi ini merupakan lempengan yangkaku. Di daerah yang labil, lapisan litosfer ini mengalami perubahan letak. Misalnyadi satu bagian terangkat ke atas, sedangkan di bagian sebelahnya menurun atau bertahan pada kedudukannya. Pelengkungan pada perbatasan antara dua bagian yang bergeser ini menimbulkan ketegangan yang lama-kelamaan akan patah yangmendadak. Patahan yang mendadak itulah yang menimbulkan getaran gempa.Tenaga dari dalam bumi yang menyebabkan gempa ini bermacam-macam.Karena itu gempa dapat diklasifikasikan berdasarkan penyebabnya, bentuk episentrumnya, letak hiposentrumnya, jarak, dan letak episentrumnya.Berdasarkan peristiwa yang menimbulkannya, gempa dibagi menjadi gempatektonik, gempa vulkanik, dan gempa runtuhan:
Gempa tektonik merupakan jenis gempa yang terkuat dan bisa meliputiwilayah yang luas. Gempa ini merupakan akibat dari gerakan gempa tektonik yaitu berupa patahan atau retakan.
Gempa vulkanik yaitu gempa yang terjadi sebelum atau pada saat gunung berapi meletus. Gempa ini hanya terasa di daerah sekitar gunung berapi,sehingga tidak begitu kuat jika dibandingkan dengan gempa tektonik.
2
 
Gempa runtuhan yaitu gempa yang terjadi akibat runtuhnya atap gua yangterdapat di dalam litosfer, seperti gua kapur atau terowongan tambang. Gempaini relatif lemah dan hanya terasa di sekitar tempat runtuhan terjadi.Masih banyak penggolongan jenis gempa. Misalnya berdasarkan bentuk episentrumnya, dibedakan menjadi 2 macam, yaitu gempa linier dan gempa sentral.Gempa linier yaitu episentrumnya berupa garis. Sedangkan gempa sentral yaituepisentrumnya berbentuk suatu titik. Berdasarkan letak kedalaman hiposentrumnyadibedakan menjadi tiga macam gempa, yaitu gempa dalam, gempa intermedier (menengah), dan gempa dangkal. Berdasarkan jarak episentrumnya, gempa dibedakanmenjadi tiga macam, yaitu gempa setempat, gempa jauh, dan gempa sangat jauh.Berdasarkan letak episentrumnya, gempa dapat dibedakan menjadi gempa laut dangempa darat.
2.1.1 Tipe Gempa
Gempa bumi tektonik disebabkan oleh perlepasantenagayang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik  seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Tenaga yang dihasilkan oleh tekanan antara batuandikenal sebagai kecacatan tektonik. Teori dari
tektonik plate
(plat tektonik)menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan, sebagian besar areadari lapisan kerak itu akan hanyut dan mengapung di lapisan sepertisalju. Lapisantersebut begerak perlahan sehingga berpecah-pecah dan bertabrakan satu samalainnya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gempa tektonik.Gempa bumi tektonik memang unik. Peta penyebarannya mengikuti pola danaturan yang khusus dan menyempit, yakni mengikuti pola-pola pertemuan lempeng-lempeng tektonik yang menyusunkerak bumi. Dalam ilmu kebumian (geologi
 
),kerangka teoretis tektonik lempeng merupakan
 postulat 
untuk menjelaskan fenomenagempa bumi tektonik yang melanda hampir seluruh kawasan, yang berdekatandengan batas pertemuan lempeng tektonik. Contoh gempa tektonik ialah seperti yangterjadi diYogyakarta, Indonesia  padaSabtu, 27 Mei 2006dini hari, pukul 05.54 WIB.
2.1.2
 
Jenis Gempa Bumi
 
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->