Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Keunggulan Silicon Rubber

Keunggulan Silicon Rubber

Ratings: (0)|Views: 4,436|Likes:
Published by arrester97

More info:

Published by: arrester97 on Oct 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/31/2013

pdf

text

original

 
Kehandalan dan Keuntungan Ekonomis Isolator Polymer Silicon Rubber
Ricky Cahya AndrianArea Penyaluran dan Pengaturan Beban (AP2B)PT. PLN (Persero) Wilayah VIII Sulsel dan SultraJl. Letjen. Hertasning Blok B No. 1, Makassar, Sulawesi SelatanEmail : arrester97@yahoo.com
 Abstrak 
 Komposit isolator telah digunakan selama kurang lebih 30 tahun. Di dalam perkembangannya sampai saat ini, desain dan produksi dari isolator telah mengalami kemajuan yang lebih baik sehingga waktu pakainyalebih lama. Di dalam makalah ini, penulis berusaha menjelaskan teknologi moderen dari komposit isolator dan bahan material dari isolator komposit itu sendiri. Di samping itu, penulis juga menjelaskan dari sisikeuntungan ekonomisnya.
Sejarah Komposit Isolator
Komposit isolator yang terbuat dari rod kayudilapisi dengan porselen telah diproduksi lebihdari 70 tahun. Perkembangan moderen sekarangini, komposit isolaor terbuat dari fiber reinforced polymer (FRP) rod atau tube yang dilapisi oleh polymer housing yang dimulai ada pertengahantahun 1950-an. Sejak itulah, teknologi rod danhousing-nya itu sendiri telah dianalisis dan ditessecara laboratorium untuk mendapatkan hasilyang maksimal. Pada saat ini, komposit isolator yang moderen dan lebih handal telahmenggunakan fiber glass yang melapisi epoxyrod dan housingnya menggunakan silikonrubber.Kinerja dari suatu isolator itu tidak hanyatergantung dari kualitasnya tetapikemampuannya untuk menahan stress tegangan.Untuk menguji kehandalan jenis isolator ini,maka beberapa isolator ini telah dipasang ditower dengan berbagai jenis kondisi lingkungan.Dari analisis yang didapat, beberapa hal yangdimiliki oleh suatu isolator FRP adalah sebagai berikut :-Rod FRP tahan terhadap proses hidrolisis-Rod FRP tahan terhadap proses kimiawi untuk menghindari proses fracture-Ketebalan minimum dari sheath adalah 3 mm-Kekuatan mekanik diimprove denganmenggunakan kompresi end fitting yang terbuatdari forged steel
MaterialCore Material
Inti dari material mekanik dari komposit isolator ini adalah Fiber Reinforced Rod atau tube. Untuk keperluan tegangan tinggi, fiber dilapisi olehepoxy resin. Epoxy resin mempunyai sifatisolator elektrik lebih baik daripada polyester resin, yang banyak digunakan dalam berbagaiaplikasi, untuk mengurangi cost.
Gbr. 1. Desain Isolator Komposit 
Walaupun rod atau tube dilapisi oleh polymer,ada kemungkinan kelembapan akan masuk kedalam. Untuk menghindari hal ini, maka fiber ini juga dilapisi oleh resin hidrolisis. Resin inisangat sulit untuk dimasuki air. Tetapi padakenyataannya, air bisa saja masuk terutama di
 
 bagian-bagian seperti end fitting atau batas antar housing. Sehingga, seal sangat penting di bagianini. Seal yang baik adalah yang menggunakanmetal stable silicon karena di bagian ini ada 3 jenis material yang mempunyai koefisien thermalyang berbeda.Masalah lain yang merusak FRP adalah brittlefracture. Brittle fracture adalah mekanikal failuredari FRP. Hal ini sudah menjadi kendali sejak tahun 60-an, yaitu sejak polymer ini ditemukan.Yang menyebabkan terjadinya brittle fracture iniadalah stress korosi yang disebabkan oleh asam.Asam ini ada di dalam air hujan. Asam inilahyang masuk ke dalam fiber dan merusaknya.Kejadian ini sangat jarang tetapi mempengaruhimaterial komposit dari manufaktur.Untuk mencegah brittle fracture ini, makadigunakan chemical resistant E-glass fiber (ECR)yang tahan terhadap asam.
Housing Material
Pada sekarang ini, telah dikenal beberapateknologi komposit dari isolator yaitu epoxyresin, PTFE, PUR, ethylene propylene rubbe(EPR) dan silicon rubber (SIR). Bagaimanapun,untuk menghadapi mekanikal stress yang besar,maka teknologi mulai beralih ke bahan rubber.Untuk saat ini, aplikasi tegangan tinggimenggunakan silicon rubber (SIR), sejak sudahterbukti selama 30 tahun tahan terhadap kondisilingkungan yang berbeda-beda.Keuntungan dari silicon rubber adalah flexibilitymeskipun di suhu rendah, high mechanicalstrength, tahan terhadap cuaca seperti ozon,radiasi ultraviolet dan panas. Selain itu, siliconrubber juga superior di kelas hidrofobik. SIR merupakan satu-satunya housing yangmembentuk layer terhadap polusi di permukaannya. Sehingga leakage current danflashover dapat direduksi. Sebagai tambahan,silicon rubber tidak membutuhkan pembersihansecara berkala.Bagaimanapun juga, silicon elastomer dansilicon rubber merupakan varian dari sintetik rubber yang berbeda sifatnya tergantung darikomposit kimiawi, proses vulkanisasi, fillematerial, filler content dan additifnya.
Pengaruh dari filler
Silicon rubber yang tidak diisi oleh filler atauadditif mempunyai kualitas yang rendah karenaikatan molekulnya sangat rendah. Untumenambah tensile strength dan kekuatan rubber,maka digunakan silicic acid. Untuk mencegahterjadinya tracking dan erosion resistance, makadigunakan inorganic filler. Komposisi dari filler ini sebesar 70-80% dari total berat isolator.Alumina Trihydrate (ATH) adalah jenisinorganic filler yang paling umum. Telah banyak  penyelidikan dengan menggunakan salt fog test,dimana semakin banyak filler yang ditambahkan,maka memperkecil tracking dan erosionresistance.Cost yang rendah adalah keuntungan lainmenggunakan filler, khususnya inorganic filler dibandingkan dengan silicon rubber jenisSiloxane.
Gbr. 2. Pengaruh dari filler terhadap tracking dan erosion resistance
Untuk mengurangi cost, beberapa manufactumenggunakan powder di samping ATH.Walaupun demikian ATH mempunyai sifatelektrik yang lebih baik.Pada dasarnya, filler itu tidak hanyamempengaruhi mekanikal and elektrikal performance tetapi juga densitas, hardness,viskositas dan hidrofobik. Hidrofobik yangdimiliki oleh silikon rubber disebabkan karenaLow Molecular Weight (LMW) komponensilikon. Proses filler mempengaruhi sifathidrofobik itu sendiri ada dua cara yaitu filler menggantikan siloxane, artinya LMW silikondikurangi. Di sisi lain, filler juga sebagai barrier  bagi LMW silikon, sehingga proses difusi dariLMW itu sendiri menjadi lambat. Sebagai
 
kesimpulan, penambahan filler juga akanmengurangi sifat hidrofobik. Dari statement diatas dapat diambil dua garis besar yaitu :1.Untuk memperbaiki tracking danerosion resistance, filler content harusditambah2.Untuk memperbaiki sifat hidrofobik,filler content harus dikurangiUntuk mendapatkan hasil yang terbaik, kedua haldi atas harus seimbang, tetapi biasanya,manufaktur akan lebih cenderung ke hal yang pertama dengan menambah filler untumengurangi cost.
Testimonial Penggunaan Silicon Rubber
Beberapa negara telah menggunakan siliconrubber sebanyak 60000 yaitu Afrika Selatan,Canada, Australia, Naimibia, Spanyol, Swiss danUSA. Hasil yang bisa dipetik adalah isolator silikon rubber ini mengurangi cost maintenancedan improve vandalism. Kebanyakan silikonrubber ini tidak membutuhkan pembersihanterutama di daerah dengan polutan tinggi dan performansinya tetap lebih baik dari EPDM dan jenis keramik. Beberapa isolator jenis ini jugamengalami kegagalan brittle fracture.Sejak tahun 1978, ESKOM (Afrika Selatan)telah menggunakan isolator jenis ini untudaerah polutan tinggi dan vandalisme tinggiterutama di daerah pantai yang memiliki polutangaram yang tinggi. Sehingga ESKOM menggantisemua jenis isolator keramik dengan jenis silikonrubber, karena ESKOM tidak membutuhkancleaning yang biasanya menggunakan helikopter untuk membersihkan.Red Electrica de Espana (REE), Spanyolmelaporkan sejumlah failure telah dikurangisejak mengganti isolator jenis glass denganisolator silikon rubber.Florida Power and Light (FPL) juga melaporkan, performansi ketahanan isolator terhadap polutanuntuk jenis silikon rubber ini lebih baik dibandingkan jenis lain baik itu dengan pembersihan atau tidak sama sekali. Padagambar 3, Silicon rubber (SIR) lebih baik  performansinya dibandingkan dengan EPDMhousing (EPR 1 dan EPR 2) dan juga isolator keramik. Oleh karena itulah pada tahun 1991,FPL mengganti semua jenis EPR 1 dengansilicon rubber dan sejak itu, outage telah berhasildikurangi.Di samping beberapa keuntungan yang telahdijelaskan di atas, didasarkan pada berat isolator,silikon rubber juga telah mengurangi costinstalasi, di samping itu, safety pekerjaan jugalebih baik, sedikit pekerja yang mengalamikecelakaan karena kemudahan dalam halinstalasinya.
Gbr. 3. Banyaknya Flashover yang terjadimenurut pengalaman FPL
Pengalaman Malaysia Menggunakan SiliconRubber
Malaysia menggunakan isolator komposit longrod yang terbuat dari Electro Chemical Resistant(ECR) fiber glass reinforced epoxy rod dan HighTemperature Vulcanised (HTV). Kondisi iklimdi Malaysia adalah intensive solar radiation,kelembapan tinggi dan curah hujan yang tinggi.Industri banyak dibangun di dekat pantaisehingga kelembapan yang tinggi tersebut bercampur dengan polutan garam yang berasaldari laut. Isolator diganti setiap 2 dan 7 tahundari sistem 145 kV untuk diujicobakan dilaboratorium. Inspeksi yang dilakukan secaravisual, baik secara elektrikal maupun mekanikaltest menurut standar IEC61109 dan IEC60383ditambah lagi dengan test permukaan isolator untuk mengetahui sifat hidrofobik dan ESDDmeasurement menurut standaIEC60507/IEC60815.
Spesifikasi Line dan Isolator
 Isolator yang diujicobakan berasal dari line 145kV di dekat Brai Power Station di Bukitegah.Isolator tersebut dipasang pada tahun 1993 baik secara suspension maupun tension. Polutan yangada di isolator tersebut berasal dari polutanindustri dan polutan garam.

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Afzah Intifadah liked this
Afzah Intifadah liked this
Berry Kurniawan liked this
b33law liked this
Lukman Hamdi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->