Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
P. 1
Tugas Akhir_1

Tugas Akhir_1

Ratings: (0)|Views: 10,447 |Likes:
Published by dedi35
use this document as well as possible
use this document as well as possible

More info:

Published by: dedi35 on Oct 06, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Dalam perkembangan teknologi yang semakin maju maka kita jugadituntut untuk berkreasi memberikan inofasi dalam dunia teknologi. Penulis berusaha mengikuti perkembangan teknologi elektronika yang saat ini sedang barkembang yaitu mikrokontroler.Mikrokontroler seperi layaknya CPU komputer hanya saja dalam kemasanyang lebih kecil dan fasilitas yang terdapat didalamnya juga terbatas. Sekarang banyak sekali perangkat elektronika yang memanfaatkan mikrokontroler sepertiyang di aplikasikan pada permainan time zone, perangkat pengaman anti maling pada kendaraan. Selain aplikasi tersebut masih banyak aplikasi yang lain yangmenggunakan mikrokontroler.
A.ALASAN PEMILIHAN JUDUL
Motor stepper merupakan motor yang bekerja dengan pulsa – pulsalistrik. Pada saat melakukan Kerja Praktek penulis pernah membuat pengontrol untuk motor stepper tetapi masih dengan sistem manual. Padasistem manual sulit mengatur kecepatan sesuai kecepatan yang didinginkan.Oleh karena itulah penulis ingin mengaplikasikan mikrokontroler sebagaikendali motor stepper agar kecepatan dan mode gerakan dari motor stepper lebih mudah ditentukan.
 
B.PERUMUSAN MASALAH
Penulis mencoba mengimplementasikan ide untuk mengatur gerasebuah motor stepper menggunakan mikrokontroler. Karena di dalam sebuahmikrokontroler terdapat fitur yang mungkin sekali digunakan untumengontrol motor stepper. Yang pertama kali harus dipelajari adalah bagaimana prinsip kerja dari motor stepper dan bagaimana caramenggerakanya. Hasil yang didapat dari apa yang pernah penulis pelajari bahwa untuk menggerakan motor stepper diperlukan sebuah driver. Driver inimengeluarkan pulsa dengan rentan waktu sesuai dengan clock yang diberikan.Dalam driver itu sendiri terdapat beberapa pin masukan diantaranyaclock dan arah putar. dari hasil ini dapat disimpulkan untuk mengatur motor stepper diperlukan driver dan untuk mengatur driver diperlukan sinyal clock dan sinyal arah. Sinyal clock dan sinyal arah ini yang akan penulis keluarkandari mikrokontroler. Dengan tujuan utama memprogram mikrokontrol untuk mengendalikan motor stepper. Dengan hasil akhir motor stepper bergerasesuai dengan program yang ditanam di mikrokontroler.Dengan sinyal clock dan sinyal arah yang diterima oleh driver kemudian diterjemahkan menjadi dalam bentuk empat sinyal untumenggerakan motor stepper.
C.TUJUAN PENULISAN
1.Sebagai syarat untuk menyelesaikan pendidikan program Diploma III (D
3
) pada Sekolah Tinggi Teknik Wiworotomo (STTW purwokerto).
 
2.Untuk mengaplikasikan teori – teori selama di bangku kuliah.3.Sebagai sarana untuk menambah ilmu pengetahuan bidang teknik elektroserta peningkatan kemampuan dan ketrampilan di bidang tersebut.4.Mengetahui secara pasti perinsip kerja motor stepper dan caramenggerakannya.5.Dapat membuat program untuk mengatur gerak motor stepper denganmikrokontroler AVR ATMega 8 menggunakan bahasa asembler.
D.RUANG LINGKUP PEMBAHASAN
Pembahasan tugas akhir ini mencakup :1.Diagram sintem pengontrol motor steppe2.Komponen yang digunakan, gambar rangkaian dan prinsip kerja rangkaian3.Motor Steppe4.Rangkaian Driver Motor Steppe5.AVR ATMega 86.Pemrograman menggunakan AVR Studio 47.Baskom AV
E.SISTEMATIKA PENULISANBAB I PENDAHULUAN

Activity (158)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
bwookie liked this
Dwipa Choshie liked this
Sukma Adi Atmaja liked this
Muhamad Agung W liked this
Muhamad Agung W liked this
Sukma Adi Atmaja liked this
Koko Prakoso liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->