Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
51Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH TEKNIK BAHAN

MAKALAH TEKNIK BAHAN

Ratings: (0)|Views: 4,343 |Likes:
Published by babipenguk

More info:

Published by: babipenguk on Oct 07, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH TEKNIK BAHANGELAS DAN KARET
Disusun oleh:Leonardo Hience TNIM:3.21.07.6.14
PROGRAM STUDI TEKNIK MESINJURUSAN TEKNIK MESINPOLITEKNIK NEGERI SEMARANG2008
 
GelasDari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gelas
juga berarti wadah air untuk minum. Lihat   gelas (wadah).
Gelas
adalah benda yangtransparan,lumayan kuat, biasanya tidak bereaksi dengan barangkimia, dan tidak aktif secara biologiyang bisa dibentuk dengan permukaan yang sangat halus dan kedap air. Olehkarena sifatnya yang sangat ideal gelas banyak digunakan di banyak bidang kehidupan. Tetapi gelas bisa pecah menjadi pecahan yang tajam. Sifat kaca ini bisa dimodifikasi dan bahkan bisa diubah seluruhnyadengan proses kimia atau dengan pemanasan.Ada beberapa sifat gelas yang bisa dikatakan memiliki kelebihan dibanding dengan material lainnya,antara lain:1.Sifat estetika atau keindahan2.Sifat tembus pandang secara optik (transparan)3.Sifat elastic4.Sifat ketahanan terhadap zat/reaksi kimia Namun kekurangan dari gelas adalah sifat nya yang getas dan mudah pecah.
Definisi Teknik 
Gelas mempunyai beberapa definisi teknis yang tergantung dari proses pembentukan gelas, struktur atomdan keadaan thermodinamis nya.
Secara empiris:
Gelas adalah material non-organik hasil dari proses pendingan tanpa melalui proses kristalisasi.
Definisi berdasarkan struktur:
Gelas adalah benda padat yang tidak mempunyai struktur seperti halnya keramik atau logam.Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk membuatgelas, yaitu:1.proses pendinginan dengan cepat2.proses polimerisasi
 
KaretDari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasKaret
adalah polimer  hidrokarbon yang terbentuk dari emulsikesusuan (dikenal sebagai latex
 
) di getah beberapa jenis tumbuhan tetapi dapat juga diproduksi secara sintetis. Sumber utama barang dagang darilatex yang digunakan untuk menciptakan karet adalah pohon karet Para. 
 Hevea brasiliensis
 
). Ini dikarenakan melukainya akan memberikan respons yang menghasilkan lebih banyak latex lagi.Pohon lainnya yang mengandung lateks termasuk fig, euphorbiadan dandelion. Pohon-pohon tersebut tidak menjadi sumber utama karet, namun pada  perang dunia IIpersediaan karet orang Jerman dihambat, mereka mencoba sumber-sumber di atas, sebelum penciptaan karet sintetis.Diyakini dinamai olehJoseph Priestley,yang pada 1770 menemukan lateks yang dikeringkan dapat menghapus tulisan pensil.Di tempat asalnya di Amerika TengahdanAmerika Selatan, karet telah dikumpulkan sejak lama. Peradaban Mesoamerika menggunakan karet dariCastilla elastica. Mesoamerika kuno menggunakan bola karet dalam permainan mereka (lihat: permainan bola Mesoamerika
 
)MenurutBernal Diaz del Castillo,Conquistador  Spanyol sangat kagum terhadap pantulan bola karet orangAztek dan mengira bahwa bola tersebut dirasuki roh setan.DiBrasilorang lokal membuat baju tahan air dari karet. Sebuah cerita menyatakan bahwa orang Eropa pertama yang kembali kePortugaldari Brasil dengan membawa baju anti-air tersebut menyebabkanorang-orang terkejut sehingga ia dibawa ke pengadilan atas tuduhan melakukan ilmu gaib.Ketika karet dibawa ke Inggris, dia diamati bahwa benda tersebut dapat menghapus tanda pensil di atas kertas. Ini adalah awal penamaan "rubber" di Inggris.
Sumber karet sekarang
Pohon karet para pertama kali hanya tumbuh di Amerika Selatan, namun setelah percobaan berkali-kali olehHenry Wickham, pohon ini berhasil dikembangkan diAsia Tenggara, di mana sekarang ini tanaman ini banyak dikembangkan; sekarang Asia merupakan sumber karet alami.

Activity (51)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Recky Chosty Sibarani added this note
like,,,,,,,,,,,,,,,,
Alfindya Dardiri liked this
Ariska Wijayanti liked this
Denik liked this
Dian Nurdianti liked this
Ezzwan Al Atiq liked this
Syukri Suker liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->