Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
67Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

Ratings: (0)|Views: 9,577|Likes:
Published by zaenal ariffin

More info:

Categories:Business/Law, Finance
Published by: zaenal ariffin on Oct 10, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/23/2012

pdf

text

original

 
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
a.Arti Penting Analisis Laporan Keuangan
Analisis terhadap laporan keuangan suatu perusahaan pada dasarnyakarena ingin mengetahui tingkat profitabilitas (keuntungan) dan tingkat resikoatau tingkat kesehatan suatu perusahaan. Analisis keuangan yang mencakupanalisis rasio keuangan, analisis kelemahan dan kekuatan di bidang financial akansangat membantu dalam menilai prestasi manajemen masa lalu dan prospeknya dimasa mendatang.Laporan keuangan yang disusun secara baik dan akurat dapatmemberikan gambaran keadaan yang nyata mengenai hasil atau prestasi yangtelah dicapai oleh suatu perusahaan selama kurun waktu tertentu, keadaan inilahyang digunakan untuk menilai kinerja keuangan. Apalagi informasi mengenaikinerja keuangan suatu perusahaan sangat bermanfaat untuk berbagai pihak,seperti investor, kreditur, pemerintah, bankers, pihak manajemen sendiri dan pihak – pihak lain yang berkepentingan.Arti penting analisis laporan keuangan adalah sebagai berikut :1.2.3.4.5.Bagi pihak manajemenBagi pemegang sahamBagi kreditor Bagi pemerintahBagi karyawan:::::Untuk mengevaluasi kinerja perusahaan,kompensasi, pengembangan karir.Untuk mengetahui kinerja perusahaan, pendapatan, keamanan investasi.Untuk mengetahui kemampuan perusahaanmelunasi utang beserta bunganya.Pajak, persetujuan untuk go public.Penghasilan yang memadai, kualitas hidup,keamanan kerja.
 
b.Pengertian Laporan Keuangan
Laporan Keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkankinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan juga melaporkan prestasi historisdari suatu perusahaan dan memberikan dasar, bersama dengan analisis bisnis danekonomi, untuk membuat proyeksi dan peramalan untuk masa depan.Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan.Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi :
Laporan Neraca
Laporan Laba Rugi
Laporan Perubahan Ekuitas
Laporan Perubahan Posisi Keuangan, yang dapat disajikan berupa LaporanArus Kas atau Laporan Arus Dana
Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagianintegral dari laporan keuanganUnsur yang berkaitan secara langsung dengan pengukuran posisikeuangan adalah aktiva, kewajiban dan ekuitas. Sedangkan unsur yang berkaitandengan pengukuran kinerja dalam laporan laba rugi adalah penghasilan dan beban. Laporan posisi keuangan biasanya mencerminkan berbagai unsur laporanlaba rugi dan perubahan dalam berbagai unsur neraca.
c.Jenis-Jenis Laporan KeuanganLaporan neraca
 Neraca (Balance Sheet atau Statement of Financial Position) adalah bagian darilaporan keuangansuatu perusahaan yang dihasilkan pada suatuperiode akuntansi  yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada akhir periode tersebut. Neraca terdiri dari tiga unsur, yaituaktiva,kewajiban, danmodalyang dihubungkan dengan persamaan berikut:
 
aktiva = kewajiban + modalInformasi yang dapat dilihat dari neraca antara lain adalah posisi sumber kekayaan perusahaan dan sumber pembiayaan untuk memperoleh kekayaan perusahaan tersebut dalam suatu periode akuntansi (triwulan, kwartal, atautahunan).
Pernyataan Standard Akuntansi Keuangan
Sesuai denganPSAK No.1yang dikeluarkan olehIkatan Akuntan Indonesia  disebutkan didalam neraca :Perusahaan menyajikanaktivalancar terpisah dariaktivatidak lancar dan kewajibanjangka pendek terpisah darikewajiban jangka panjang kecuali untuk  industri tertentu diatur dalam SAK khusus. Aktiva lancar disajikan menurutukuranlikuiditassedangkan kewajiban disajikan menurut urutan jatuh tempo.Perusahaan harus mengungkapkan informasi jumlah setiap aktiva yang akanditerima dan kewajiban yang dibayarkan sebelum dan sesudah dua belas bulandari tanggal neraca.Apabila perusahaan menyediakan barang ataujasadalam siklus operasi perusahaanyang dapat diidentifikasi dengan jelas, maka klasifikasiaktivalancar  dan tidak lancar sertakewajibanjangka pendek dan jangka panjang dalam neracamemberikan informasi yang bermanfaat dengan membedakanaktivabersihsebagaimodal kerjadenganaktivayang digunakan untuk operasi jangka panjang.
Laporan laba/rugi
Laporan laba/rugi (
 Income Statement 
atau
 Profit and Loss Statement 
) adalah bagian darilaporan keuangansuatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->