Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
75Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Prosedur Pelaksanaan Pembebasan Bersyarat Bagi Narapidana (Studi Di Lapas Klas I LOwokwaru Malang)

Prosedur Pelaksanaan Pembebasan Bersyarat Bagi Narapidana (Studi Di Lapas Klas I LOwokwaru Malang)

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 18,133|Likes:
Published by intan

More info:

Published by: intan on Oct 11, 2009
Copyright:Traditional Copyright: All rights reserved

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/03/2013

pdf

text

 
LAPORAN KULIAH KERJA LAPANG
PROSEDUR PELAKSANAAN PEMBEBASAN BERSYARATBAGI NARAPIDANA
(
STUDI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS I LOWOKWARU MALANG
)
Oleh :
INTAN NUR NUGRAHENI0610110094DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONALFAKULTAS HUKUMUNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG2009
 
BAB IPENDAHULUAN1.1.Latar Belakang
Ketika berbicara tentang kejahatan, maka kata yang pertama munculadalah pelaku kejahatan. Pelaku kejahatan ini biasa disebut dengan penjahat,criminal, atau lebih buruk lagi, sampah masyarakat, dan masih banyak lagi.Maka tidaklah mengherankan bila upaya penanganan kejahatan masih terfokushanya pada tindakan penghukuman terhadap pelaku. Dengan memberikanhukuman kepada pelaku dianggap sebagi upaya yang paling efektif untukmenyembuhkan baik luka atau derita korban maupun kelainan perilaku yang diidap oleh pelaku kejahatan. Dimana hukuman yang dimaksud yaitu merupakansuatu sanksi pidana perampasan kemerdekaan sehingga diharapkan dapatmemberikan efek jera terhadap pelaku kejahatan.Sanksi pidana yang berupa perampasan kemerdekaan dalam perundang-undangan di Indonesia dibedakan jenisnya yaitu pidana penjara, pidanakurungan, dan pidana tutupan (pasal 10 KUHP dan Undang-undang No 20 Tahun1946) yang penempatannya menjadi satu dalam lembaga pemasyarakatan.
1
Pidana penjara adalah sanksi pidana berupa pembatasan kekuasaanbergerak dari seorang terpidana yang dilakukan dengan menutup orang tersebutdalam sebuah penjara dengan mewajibkan orang untuk mentaati semua
1
Bambang Poernomo, Pelaksanaan Pidana Penjara Dengan system Pemasyarakatan,Liberty, Yogyakarta, --------, hal 3
 
peraturan tata tertib yang berlaku didalam penjara yang dikaitkan dengan suatutindakan tata tertib bagi mereka yang telah melanggar peraturan tersebut.
2
Pada awalnya rumah penjara sebagai tempat pelaksanaan pidana penjarayang saat itu dibagi dalam beberapa bentuk antara lain:
1.Tuchtuis adalah rumah penjara untuk menjalankan pidana yang sifatnya berat2.Rasphuis adalah rumah penjara dimana kepada para terpidana diberikan pelajarantentang bagaimana caranya melicinkan permukaan benda-benda dari kayu denganmempergunakan amplas.Pembagian rumah penjara ketika itu erat kaitannya dengan kebiasaan saat itu dalam halmenempatkan para terpidana secara terpisah sesuai dengan berat ringannya pidana yangharus mereka jalani.Di Indonesia, hal tersebut juga diikuti namun bentuk dan namanya diubah menjadiLembaga Pemasyarakatan. Dengan penggantian istilah “Penjara” menjadi “LembagaPemasyarakatantentu terkandung maksud baik yaitu bahwa pemberian maupun pengayoman warga binaan tidak hanya terfokus pada pada itikad menghukum (funitif Intend)saja melainkan berorientasi pada tindakan-tindakan yang lebih manusiawi dan disesuaikandengan kondisi dari warga binaan. Dengan demikian tujuan pidana penjara itu adalahdisamping menimbulkan rasa derita pada terpidana, lembaga pemasyarakatan jugamembimbing terpidana agar bertobat dan mendidik supaya setelah menjalani masa pidananyamereka dapat berintegrasi dengan masyarakat.
2
Ibid,hal 5.

Activity (75)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yunawati Santoso liked this
Erfandi Kerabat Kotak added this note|
mantap laporannya
Fasiz Pw liked this
Rafi Fabregas liked this
dewihoney liked this
Irfan Effandi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->