Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
69Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengaruh Sistem Ekonomi Dunia Terhadap Bisnis Di Indonesia

Pengaruh Sistem Ekonomi Dunia Terhadap Bisnis Di Indonesia

Ratings:

5.0

(2)
|Views: 6,458 |Likes:
Published by karinamiraceti

More info:

Published by: karinamiraceti on Oct 11, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2013

pdf

text

original

 
SISTEM EKONOMI INDONESIA BERKAITAN DENGANPENGARUHNYA TERHADAP BISNISDisusun Oleh:Karina Miraceti 107082003302Ruriana Ulfa 107082003607Clarissa Pramartha 107082003385Ibnu Fahmi 107082003365Al-maidzar Burhan 107082003549Universitas Islam Negeri Syarif HidayatullahFakultas Ekonomi dan SosialAkuntansi 1-C
Jalan Ir. H Juanda no 95 Ciputat 15412 Telp : (021) 7401925
 
BAB IPENDAHULUAN
1.1Latar Belakang
Sistem ekonomi dunia akan selalu menjadi isu hangat untuk dibahas danditilik perkembangannya. Dari berbagai macam jenis system ekonomi yang timbulseperti, ekonomi terpimpin, ekonomi pasar dan ekonomi pasar campuran. Hal-hallainnya yang berkaitan adalah seperti factor produksi yang mencakup tenaga kerja,modal, wirausahawan, sumber daya fisik dan sumber daya informasi.Keterkaitan system ekonomi juga dapat dikesinambungkan dengan bisnis.Oleh sebab itu, permasalahan akan selalu muncul dan menjadi latar belakang penulisuntuk membahasnya dalam makalah kali ini.
1.2Rumusan Masalah
Sistem perekonomian di dunia terdiri dari beragam jenis yang dipakai oleh berbagai Negara. Misalnya, Negara RRC yang menggunakan system ekonomiterpimpin, dimana perekonomiannya terpusat pada pemerintahan.Indonesia sebagai suatu Negara tentunya harus memiliki system ekonomi.Oleh sebab itu timbullah suatu rumusan masalah yang berhubungan dengan systemekonomi dunia dan bisnis, dimana, system apakah yang paling baik yang dapatdigunakan oleh Indonesia dalam usahanya menghadapi persaingan bisnis dunia?
1.3Hipotesis
Menurut penulis system ekonomi yang paling baik untuk digunakan olehIndonesia saat ini adalah system
ekonomi kerakyatan
dimana system inimengedepankan kesejahteraan rakyat. Pada system ekonomi kerakyatan partisipasirakyat dalam perekonomian harus menjadi andalan bagi kemajuan bisnis dan perekonomian sehingga tidak terjadi kesenjangan social.
 
BAB IILANDASAN TEORI2.1 Sistem Ekonomi Dunia
Sistem ekonomi merupakan system Negara untuk mengalokasikan sumber daya ke berbagai warga negaranya, baik individu maupun organisasi. Sistem ekonomi berbeda berdasarkan cara memiliki dan mengendalikan lima factor produksi (sumber daya dasar yang digunakan dunia bisnis Negara tertentu untuk memproduksi barangdan jasa) , yakni :a. Tenaga Kerja atau Sumber Daya ManusiaKemampuan fisik dan mental banyak orang sewaktu mereka berkontribusi pada produksi yang ada pada perekonomian. Sumber dayamanusia juga sering didefinisikan sebagai orang-orang yang bekerja untuk  bisnis dengan memberikan tenaga dan kemampuannya dalam bekerja.a)ModalAdalah dana yang dibutuhkan untuk memulai suatu bisnis danmenjaganya agar tetap beroperasi dan tumbuh dengan baik. Modal juga dapatmencakup suatu nilai pasar atau nilai saham suatu perusahaan. Penerimaandari penjualan produk juga merupakan sumber modal yang penting. b)WirausahawanAdalah suatu individu yang menanggung resiko dan peluang termasuk menciptakan dan mengoperasikan suatu bisnis yang baru. Kebanyakan system perekonomian selalu mendorong dan membing para wirausahawan untuk memulai bisnis baru sekaligus mengambil keputusan yang mengubah bisniskecil menjadi bisnis besar sehingga berkapabilitas untuk berubah menjadisuatu pasar yang baru.c)Sumber Daya FisiAdalah hal-hal berwujud yang dapat digunakan oleh organisasi dalammelaksanakan suatu bisnis mereka. Sumber-sumber daya fisik meliputi,sumber daya alam, fasilitas, suku cadang dan perlengkapan serta peralatan- peralatan lain.

Activity (69)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ifianto Goh liked this
Vera liked this
Adek Ellie liked this
Iyut Hildya liked this
Safitri Karnia liked this
De' Astawa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->