Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
41Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Struktur Atom Dan Ikatan

Struktur Atom Dan Ikatan

Ratings: (0)|Views: 9,250|Likes:
Published by hamonanganrs

More info:

Published by: hamonanganrs on Oct 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/26/2013

pdf

text

original

 
Struktur Atom dan Ikatan
Ditulis oleh Jim Clarkpada 03-01-2009
Afinitas Elektron
Halaman ini menjelaskan apa yang dimaksud dengan afinitas elektron, dan mengamati faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya afinitas elektron. Anda dianggap telah memahami tentangorbital atom sederhana, dan dapat menuliskan struktur elektronik untuk atom-atom sederhana.
Afinitas elektron pertama
Energi ionisasiselalu ditekankan pada pembentukan ion positif. Afinitas elektron ditekankan pada ion negatif, dan keduanya banyak dipakai untuk unsur-unsur pada golongan 6 dan 7 padatabel periodik .
Mendefinisikan afinitas elektron pertama
Afinitas elektron pertama adalah energi yang dilepaskan ketika 1 mol atom gas mendapatkansatu elektron untuk membentuk 1 mol ion gas 1-.Lebih mudah dipahami dalam bentuk simbol.Pada penggambaran di atas, afinitas elektron pertama diartikan sebagai energi yang dilepaskan(per mol X) pada saat perubahan ini terjadi.Afinitas elektron pertama memiliki harga negatif. Sebagai contoh, afinitas elektron pertama klor adalah -349 kJ mol
-1
. Berdasarkan perjanjian, tanda negatif menunjukkan pelepasan energi.
Afinitas elektron pertama dari unsur-unsur golongan 7
F-328 kJ mol
-1
Cl-349 kJ mol
-1
Br-324 kJ mol
-1
I-295 kJ mol
-1
 Apakah ada polanya?
Ya − jika anda bergerak dari atas ke bawah dalam satu golongan, afinitas elektron pertama makin berkurang (artinya energi yang dilepaskan makin berkurang ketika ion negatif terbentuk). Fluor tidak mengikuti aturan itu, dan akan dijelaskan secara terpisah.Afinitas elektron dihitung dari tarikan antara elektron yang datang dengan inti − tarikan yanglebih kuat, energi yang dilepaskan makin besar.Faktor yang mempengaruhi tarikan ini sama dengan faktor yang berpengaruh pada energiionisasi − muatan inti, jarak dan penyaringan (screening).Bertambahnya muatan inti dari atas ke bawah dalam satu golongan terkurangi oleh tambahan penyaringan elektron. Masing-masing elektron terluar mengalami tarikan 7+ dari pusat atom,untuk semua atom golongan 7.
 
Sebagai contoh, atom fluor memiliki struktur elektron 1s
2
2s
2
2p
x2
2p
y2
2p
z1
. Terdapat 9 protondalam inti.Elektron yang datang masuk ke tingkat-2, dan mengalami penyaringan dari inti oleh 2 elektron1s
2
electrons. Oleh karena itu tarikan bersih dari inti adalah 7+ (9 proton dikurangi 2 oleh penyaringan elektron).Berbeda dengan klor yang memiliki struktur elektron 1s
2
2s
2
2p
6
3s
2
3p
x2
3p
y2
3p
z1
. Klor memiliki 17 proton pada inti.Tetapi sekali lagi elektron yang masuk merasakan tarikan bersih dari inti 7+ (17 proton dikurangi10 oleh penyaringan elektron pada tingkat pertama dan kedua).Faktor yang menentuka n adalah bertambahnya jarak antara elektron yang datang dengan intidari atas ke bawah dalam satu golongan. Makin besar jarak, tarikan berkurang dan energi yangdilepaskan sebagai afinitas elektron juga berkurang.
 Mengapa fluor tidak mengikuti kecenderungan yang ada?
Elektron yang datang, pada fluor akan lebih dekat dengan inti dibandingkan unsur lain, sehinggaanda akan mendapatkan nilai afinitas elektron yang tinggi. Namun demikian, karena fluor merupakan atom kecil, anda memasukkan elektron baru padatempat yang sudah penuh sesak oleh elektron dan ada banyak tolakan. Tolakan ini mengurangitarikan yang dirasakan elektron yang datang dan mengurangi afinitas elektron.Perubahan yang sama dari kecenderungan yang diharapkan terjadi antara oksigen dan sulfur padagolongan 6. Afinitas elektron pertama oksigen (-142 kJ mol
-1
) lebih kecil dari sulfur (-200 kJmol
-1
) untuk alasan yang sama bahwa fluor lebih kecil dari klor.
Membandingkan afinitas elektron golongan 6 dan 7
Seperti yang anda perhatikan, afinitas elektron pertama oksigen (-142 kJ mol
-1
) lebih rendah darifluor (-328 kJ mol
-1
). Sama dengan sulfur (-200 kJ mol
-1
) yang lebih rendah dari klor (-349 kJmol
-1
). Mengapa?Sederhana saja, unsur golongan 6 memiliki 1 proton pada inti yang lebih sedikit daripadatetangganya, golongan 7. Banyaknya penyaringan pada keduanya sama.Itu artinya bahwa tarikan bersih dari inti pada golongan 6 lebih sedikit daripada golongan 7,sehingga afinitas elektron lebih rendah.
Afinitas elektron pertama dan reaktivitas
Reaktivitas unsur golongan 7 turun dari atas ke bawah dalam satu golongan − fluor merupakanunsur yang paling reaktif dan iod paling tak reaktif.Seringkali pada reaksinya unsur-unsur ini membentuk ion negatif. Pada GCSE kadang-kadangditunjukkan penurunan reaktivitas karena tarikan terhadap elektron yang datang berkurangkekuatannya dari atas ke bawah dalam satu golongan, sehingga pembentukan ion negatif kurangdisukai. Penjelasan itu masih dapat diterima kecuali untuk fluor!Reaksi keseluruhan terdiri dari banyak tahapan yang berbeda yang semuanya melibatkan perubahan energi, dan untuk menjelaskan kecenderungan yang ada tidak cukup hanya denganmengamati salah satu tahap saja. Fluor lebih reaktif daripada klor (walaupun afinitas elektronnyalebih rendah) karena energi yang dilepaskan pada salah satu langkah reaksinya mengurangienergi yang dilepaskan sebagai afinitas elektron.
Afinitas elektron kedua
 
Anda hanya akan ditunjukkan pada unsur golongan 6, oksigen dan sulfur yang keduanyamembentuk ion 2-.
Mendefinisikan afinitas elektron kedua
Afinitas elektron kedua adalah energi yang diperlukan untuk menambah satu elektron padamasing-masing ion dari 1 mol ion gas 1- untuk menghasilkan 1 mol ion gas 2-.Lebih mudah dipahami dalam bentuk simbol.Pada penggambaran di atas, afinitas elektron kedua diartikan sebagai energi yang dibutuhkanuntuk membawa perubahan per mol X
-
.
 Mengapa untuk melakukannya diperlukan energi?
Anda mendorong elektron ke dalam ion negatif. Hal ini tidak terjadi dengan serta-merta!EA ke-1 = -142 kJ mol
-1
EA ke-2 = +844 kJ mol
-1
Tanda positif menunjukkan bahwa anda memerlukan energi untuk terjadinya perubahan ini.Afinitas elektron kedua oksigen tinggi, karena elektron dipaksa masuk ke dalam ion yang kecil,elektronnya sangat rapat.
Spektrum Emisi Atom Hidrogen
Halaman ini mengenalkan spektrum emisi atom hidrogen,menunjukkan bagaimana spektrum ini muncul akibat perpindahan elektron diantara tingkat-tingkat energi dalam atom. Bagian ini jugamembahas bagaimana spektrum dapat digunakan untuk menentukanenergi ionisasihidrogen.
Apakah yang dimaksud dengan spektrum emisi?Mengamati spektrum emisi hidrogen
Tabung sinar hidrogen adalah suatu tabung tipis yang berisi gas hidrogen pada tekanan rendahdengan elektroda pada tiap-tiap ujungnya. Jika anda melewatkan tegangan tinggi (katakanlah,5000 volt), tabung akan menghasilkan sinar berwarna merah muda yang terang.Jika sinar tersebut dilewatkan pada prisma atau kisi difraksi, sinar akan terpecah menjadi beberapa warna. Warna yang dapat anda lihat merupakan sebagian kecil dari spektrum emisihidrogen. Sebagian besar spektrum tak terlihat oleh mata karena berada pada daerah infra-merahatau ultra-violet.Pada foto berikut, sebelah kiri menunjukkan bagian dari tabung sinar katoda, dan sebelah kananmenunjukkan tiga garis yang paling mudah dilihat pada daerah tampak (visible) dari spektrum.(mengabaikan "pengotor" − biasanya berada di sebelah kiri garis merah, yang disebabkan olehcacat pada saat foto diambil. Lihat catatan di bawah)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->