Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
si digital - 05102009

si digital - 05102009

Ratings: (0)|Views: 2,555 |Likes:
Published by Seputar Indonesia

More info:

Published by: Seputar Indonesia on Oct 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/01/2013

pdf

text

original

 
BERBAGAI
aktivitas warga di KotaPadang,Sumatera Barat (Sumbar),mulai menggeliat.Empat haripascagempa berkekuatan 7,6 SkalaRichter,perekonomian kota mulaibangkit.Sejumlah pasar tradisionalpun mulai buka walaupun masihsedikit pedagang yang berjualan.Di Pasar Raya Padang misal-nya,sejak pagi warga sudah ramaiberbelanja.Namun,hanya ter-sedia kebutuhan pokok yang di-jual di bagian belakang pasar.Saatterjadi gempa Rabu lalu (30/9),lostempat penjualan daging yang ber-ada di belakang runtuh dan ter-bakar.Pedagang terpaksa berjual-an di dekat reruntuhan gedungberlantai dua itu.Kembali menggeliat-nya aktivitas perekono-mian diikuti kenaikanharga-harga kebutuhanbahan pokok.Pantauan diPasar Raya Padang,hargagula naik Rp3.000 per kilogram(kg) dari sebelumnya Rp12.000/kg.Harga minyak goreng sebelumgempa Rp9.000/kg naik menjadiRp12.000/kg.Bawang merah me-lonjak dari Rp4.000/kg menjadiRp8.000.Cabe merah keritingmengalami kenaikan tertinggi da-ri sebelumnya Rp25.000/kg men-jadi Rp65.000/kg.“Ini karena tidak adayang menyalurkan ba-rang dari desa,”kata Ha-lim,warga Jalan RanahBinuang di Padang,kema-rin.Halim yang berbelanjakeperluan warung makan me-ngatakan,harga beras dari semuajenis tetap normal.Warga pun ti-dak kesulitan mendapatkan beraskarena juga mendapat bantuan da-ri pemerintah dan lembaga non-pemerintah.Mi instan juga mengalami ke-naikan harga dari Rp45.000 perkardus menjadi Rp60.000.“Mi su-sah mendapatkannya karena tokodan grosir masih tutup.Merekatakut dijarah warga,”ujar Halim.Sejak hari ketiga pascagempaatau Sabtu (3/10),beberapa wa-rung makan juga sudah mulai bu-ka.Namun sebagian besar jenismakanan mengalami kenaikanharga sekitar Rp2.000.Sebelum-nya,warga yang kesulitan menda-patkan bahan makanan memilihmakan di warung.
PADA
bulan Maret tahun 2009 la-lu,beberapa pengusaha me-nanyakan kepada saya mengenaiarah nilai tukar rupiah.Apakahrupiah dimungkinkan mencapaisekitar Rp10.000 per dolar Ame-rika Serikat (AS)? Pada saat per-tanyaan tersebut dilontarkan,ni-lai tukar rupiah masih bergerakmelemah dari sekitar Rp11.000–12.000 per dolar AS menjadi diatas Rp12.000.Bagi pengusaha,jawaban ter-sebut akan sangat menentukanapakah perlu mereka melakukanperlindungan nilai dengan meng-gunakan kontrak nilai tukar kedepan (
 forward 
) ataukah merekabiarkan saja risiko nilai tukar te-tap terbuka? Keputusan ini akansangat menentukan tingkat ke-untungan atau kerugian mereka.Pertanyaan semacam itu tentutidak mudah dijawab karena per-gerakan nilai sebuah mata uang se-lalu dipengaruhi faktor yang ber-sifat fundamental dan sebagianteknis.Pengaruh yang bersifat fun-damental biasanya akan lebih bisadilihat dalam jangka waktu lebihpanjang.Adapun pergerakan ha-rian lebih banyak dipengaruhifaktor-faktor yang bersifat teknis.Oleh karena itu,jawaban saya ter-hadap pertanyaan tersebut selaludilatarbelakangi oleh kedua pe-ngaruh tersebut.
      C     M     Y     K      C     M     Y     K      C     M     Y     K      C     M     Y     K
SUMBER REFERENSI TERPERCAYA
CYRILLUSHARINOWOHADIWERDOYO
PengamatEkonomi
29
PADA 2014 penjual-an global
 smart- phone
GPS diperki-rakan melampauiPND dan mulai 2011hampir 100%
 smart- phone
yang beredardi pasar dilengkapiteknologi GPS.
Hal. 21
Propaganda Fergie
PELATIHManchester United (MU)SirAlex Ferguson menggunakan taktikandalannya untuk mengalihkan isu. Diamengatakan wasit Alan Wiley sebagaibiang keladi kegagalan MU menaklukkanSunderland di Old Trafford, Sabtu (3/10).
DEWANPerwakilan Daerah(DPD) mengeluarkan mosi ti-dak percaya dan menolakkomposisi pimpinan MajelisPermusyawaratan Rakyat(MPR). Penolakan ini dikeluar-kan DPD karena merasa wakil-nya tidak diakomodasi dalamkepemimpinan MPR.
DPD TolakPimpinan MPRhal. 4
PEMERINTAHmengalokasi-kan dana Rp6 triliun untukproses rehabilitasi berbagaiprasarana fisik dan rumahwarga yang hancur akibatgempa berkekuatan 7,6 Ska-la Richter di Sumatera Barat.
Rehabilitasi GempaRp6 Triliunhal. 3
PERDANAMenteri ChinaWen Jiabao memulaikunjungan tiga harinya keKorea Utara (Korut), kemarin,untuk membujuk Pyongyangkembali ke perundinganpelucutan nuklir.
PM China MembujukKorea Utarahal. 9
Smartphone SiapTenggelamkan PND
SENIN 5 OKTOBER 2009
“Pengalaman adalah satu-satunya sumber pengetahuan.”
Albert Einstein (1879–1955),ilmuwan kelahiran Jerman, peraih Nobel Fisika 1921
NO. 1546/TAHUN KE 5
SALDO 3 Okt 09Rp32.922.000TOTAL SALDO 4 Okt 09Rp32.922.000
bersambung ke hal 11bersambung ke hal 11bersambung ke hal 11
QUOTE OF THE DAY
   A   F   P   /   A   D   E   K   B   E   R   R   Y
Salah satu bukit yang longsor akibat gempa berkekuatan 7,6 Skala Richter yang kemudian mengubur tiga jorong (dusun) di Kanagarian Tandikat, Kecamatan Patamuan, Kabupaten PadangPariaman, Sumatera Barat kemarin. Tim SAR kesulitan mencari ratusan korban yang tertimbun dan mengusulkan wilayah ini menjadi kuburan massal.
KUBURANMASSAL
Sebab,sekitar 360 korban yangtertimbun tanah longsor di ketigadusun itu,yakni Cimanak,KepalaKoto dan Lubuk Laweh,tidak me-mungkinkan untuk dievakuasilantaran sulitnya medan.Rencana menjadikan ketigadusun ini sebagai kuburan massalsudah dibahas Satuan Koordinasidan Pelaksanaan PenanggulanganBencana Alam (Satkorlak PB) Su-matera Barat,yang dipimpin lang-sung penanggungjawabnya,Gu-bernur Sumatera Barat,GamawanFauzi,di Padang,kemarin.Namun,rencana ini harus ter-lebih dahulu mendapat persetu-juan dari berbagai pihak,teruta-ma warga yang sanak saudaranyamenjadi korban di lokasi longsor.Satkorlak PB sudah meminta agarPemerintah Kabupaten (Pemkab)Padang Pariaman segera berkon-sultasi dengan Majelis Ulama In-donesia (MUI) Padang Pariamanmengenai rencana pembuatankuburan massal tersebut.“Kita sudah meminta bupatiagar MUI memberi penjelasan ke-pada keluarga korban,ujar Ke-pala Hubungan Masyarakat Pe-merintah Provinsi (Pemprov)Sumbar Dede Nuzul Putra di Pa-dang kemarin.
PADANG
(SI) – Tiga jo-rong (dusun) di Kanaga-rian (Desa) Tandikat,Ke-camatan Patamuan,Kabu-paten Padang Pariaman,Sumatera Barat (Sumbar),yang tertimbun longsorakibat gempa,akan dijadi-kan kuburan massal.
Tiga Dusun DijadikanKuburan Massal
TERTIMBUN DI KAKI GUNUNG TIGO
360
wargadiperkirakantertimbun
Sebanyak 360 orang diperkirakan tertimbun tanah longsor di tiga jorong (dusun) di Nagari(Desa) Tandikat (kaki perbukitan Gunung Tigo), Kecamatan Patamuan, Kabupaten PadangPariaman, Sumatera Barat.Hampir 90% rumah warga di tiga dusun, yakni Cimanak, Kepala Koto danLubuk Laweh, Desa Tandikat, Kecamatan Patamuan, rata dengan tanah.Bahkan di Kepala Koto, rumah warga tidak tersisa sama sekali.Dusun Cimanak dihuni 80 kepala keluarga (KK), Dusun Lubuk Laweh50 KK dan Dusun Kepala Koto 40 KK.Longsor terjadi sesaat setelah gempa 7,6 Skala Richter (SR) mengguncangSumatera Barat, Rabu (30/9), pukul 17.16 WIB.
Provinsi SumateraBarat 
Padang PariamanKota Padang
MenebakArah Rupiah
Harian Seputar Indonesia mengetuk hati pembaca untuk meringankanbeban penderitaan korban gempa di Sumatera Barat. Bantuan sangatberarti karena saat ini para korban sangat memerlukan pertolongan darikita semua. Bantuan dapat disalurkan melalui:
BCA Cabang Wahid Hasyim Jakarta PusatRek 4783011487 atas nama SINDO Peduli qqPT. Media Nusantara Informasi (MNI)Bank Rakyat Indonesia (BRI)Rek 0206-01-003242-30-6 atas nama Seputar Indonesia Peduli
MENGETUK HATI PEMBACA
4 OKTOBER 2009
Korban Tewas Gempa Sumatera Barat Mencapai 605 Orang
ANALISIS
Ekonomi Menggeliat,Sembako Melambung
   S   I   /   B   O   B   B   Y   F   I   R   M   A   N   S   Y   A   H
Hal01-11-5-oktober 10/5/09 12:29 AM Page 1
 
Dominasi Pemain Lama
AtributIcal-PalohMendominasi
PEKANBARU (SI) – Perangatribut kampanye jugamewarnai pelaksanaanmusyawarah nasional(munas) VIII di Pekanbaru.Perang atribut terlihat mulaidariBandara Sultan SyarifKasim II, Pekanbaru. Bursapersaingan Ketua UmumPartai Golkar sudah mulaitampak baik dari pendukungAburizal Bakrie, Surya Paloh,dan Tommy Soeharto.Mereka juga membuatgerai khusus untuk menariksimpati peserta munas.Sementara di halaman parkirbandara, perang baliho di-dominasi gambar Aburizaldan Surya Paloh. Baliho Tom-my hanya terlihat dua buah dikawasan bandara tersebut.Sementara baliho Aburizalsedikitnya ada 10 buah,sedangkan Surya Paloh hanyatujuh buah. (ahmad Baidowi)
SBY TakHadiri MunasGolkar VIII
JAKARTA (SI) – PresidenSoesilo BambangYudhoyono (SBY) dipastikantidak akan menghadiriMusyawarah Partai Golkar(Munas) VIII. Ketua PanitiaPelaksana Fathomi Azarimenyatakan, Presiden SBYdipastikan tidak hadir.”Tadi sudah konfirmasi,presiden tidak datang.Munas nanti dibuka olehketua umum,” kata Fatomikepada Harian SeputarIndonesia di Hotel Labersa,Pekanbaru, tadi malam.Dia menyebutkan bahwapagi ini agenda munas adalahpembukaan. Selanjutnya,materi munas yakni per-tanggungjawaban pengurusperiode 2009–2014. Ke-mudian acara dilanjutkan de-ngan pemandangan umumDPD serta sidang-sidangkomisi. (ahmad baidowi)
JarakAntarhotelBerjauhan
JAKARTA (SI) – Jarak antaraHotel Grand Labersa, tempatpenyelenggaraan munas,dengan hotel tempat pesertamenginap berjauhan,termasuk dengan tempatpara wartawan menginap.Hotel Labersa memangberada jauh dari keramaian.Adapun hotel yang terdekatyakni Ratumayang Garden.Untuk mencapai HotelLabersa disediakan armadabus untuk mengangkut parapeserta maupun wartawan.Namun, kendaraantersebut tidak bisa berangkatsetiap saat karena harus me-nunggu penumpang. Takheran, jika banyak pesertayang memilih naik taksi keHotel Labersa untuk menge- jar waktu. Bahkan, di sejum-lah penginapan seperti wis-ma SMR di pinggiran kota taktersedia kendaraan peng-angkut. (ahmad baidowi)
Fadel KlaimDukunganKTI Solid
PEKANBARU(SI)- KetuaDPD I Partai GolkarGorontalo FadelMuhammad menegaskan,para Ketua DPD di kawasanTimur Indonesia (KTI) sudahsolid mendukung AburizalBakrie (Ical). Penegasan inisekaligus menjawabkeraguan publik terkaittidak solidnya dukungandari Indonesia Timur kepadaIcal. Menurut dia, ada tigaalasan bagi kader IndonesiaTimur memilih Ical.”Pertama adalah karena
track record 
beliau dalammemimpin organisasi selaluberhasil. Kedua adalahkarena sebagai mentri beliausering berkunjung keIndonesia Timur. Ketigaadalah kesedian beliau untukbenar-benar fokusmemimpin Golkar,” terang-nya. (ahmad baidowi)
Meski dua kandidat kuat,AburizalBakrie (Ical) dan Surya Paloh opti-mistis telah menguasai dukungandari mayoritas DPD Idan DPD II Partai Gol-kar,calon Ketua UmumDPP Partai Golkar Hu-tomo Mandala Putra(Tommy Soeharto) te-rus menggencarkanlobi politiknya.Tommytampaknya inginmengambil posisi sebagaikuda hitam dan diam-diam terusmenggalang kekuatan.Tadi malam,Tommy menggelarrapat tertutup di Bascamp,HotelRatumayang Garden.Dari infor-masi yang dihimpun
Seputar Indo-nesia
,Tommy serius ingin merebutkursi Ketua Umum untuk meng-gantikan posisi Jusuf Kalla.Di-kabarkan,Tommy telah menyiap-kan dana sebesar Rp50 miliar un-tuk membangun Partai Golkar jikadia terpilih sebagai ketua umum.Hari ini,Tommy dan tim suksesnyaakan menggencarkan lobinya se-kaligus menyosialisasikan ke-siapan dananya tersebut ke semuaDPD.”Ternyata gagasan pemba-ruan dari Mas Tommy diminati ba-nyak DPD.Buktinya,ada 305 DPDyang ikut workshop kebangkitanGolkar,”ungkap Ketua Tim SuksesTommy Soeharto,Saurip Kadi,diPekanbaru,kemarin.Namun,dia membantah di-sebut telah mengisolasi para KetuaDPD.Menurut dia,posko Tommy diHotelRatumayang Garden ha-nyalah untuk tempat penyusunanstrategi.Dia mengatakan,isolasidukungan hanya dilakukan ter-hadap hati,nurani dan bukan iso-lasi fisik.”Kita tidak akan me-lakukan isolasi fisik.Kalau isolasifisik itu sama saja dengan pele-cehan.Mereka itu orang-orangpenting di daerah,kok diperlaku-kan seperti itu,kata-nya.Sementara SuryaPaloh masih berkon-solidasi dengan 405delegasi DPD I danDPD II se-Indonesia diBali hingga kemarin.Paloh dijadwalkantiba di Pekanbaru hariini,sekitar pukul 14.00 WIB.TimPaloh akan diterbangkan langsungdari Bali menuju Pekanbaru meng-gunakan lima pesawat terbaruLion Air yang telah disewa khususuntuk pendukungnya.Dari infor-masi yang dihimpun,hari ini,ra-tusan kendaraan sudah dikerah-kan untuk menyambut kedatanganPaloh dan pendukungnya.”Mung-kin Senin (5/10) delegasi kubuSurya Paloh masuk arena Munaslangsung dari Bali,”ungkap salahsatu fungsionaris DPP Partai Gol-kar,Zainal Bintang.Tim sukses Surya Paloh EdisonBetaubun mengaku optimis de-ngan mengkonsentrasikan ratusanDPD II di Bali Surya Paloh dapatmenang tanpa harus bersusahpayah melakukan lobi-lobi politikdi arena Munas.”Tanpa lobi di hariMunas pun dengan dukungan solid407 suara kami sudah pasti me-nang,”kata Edison.Sementara itu,karantinaterhadap para pendukung terusberlanjut.Di Pekanbaru,masing-masing kandidat mengisoliasi parapendukungnya dari rayuan kandi-dat lainnya.Misalnya,kubu Icalmerapatkan barisan di Hotel La-bersa yang menjadi tempat pe-laksanaan munas.Di tempat yangsama,Yuddy Chrisnandi juga me-lakukan hal serupa.Sedangkankubu Paloh sudah menyiapkanHotel Grand Jatra untuk menyo-lidkan dukungan.Sementara Hu-tomo Mandala Putra (Tommy Soe-harto) mengumpulkan pendu-kungnya di Hotel Ratumayang.Hotel Grand Jatra misalnya,sebanyak 125 kamar sudah dipesandan ditempati kubu Surya Paloh.Meskipun sebagian kamar di hotel dipusat kota Pekan Baru ini juga di-tempati DPD-DPD II Kubu AburizalBakrie,namun sepertinya tim suksesPaloh bakal memusatkan aktivitaslobi-lobinya di hotel ini.Situasi berbeda nampak dihotel Ratumayang.Hotel berbin-tang yang berlokasi di Jl Sudirmanini bahkan sudah di klaim sebagaibase camp Tommy Soeharto.Dilobby hotel ini gambar Tommydengan brand HMP G1 yang berartiHutomo Mandala Putra Golkar 1,dipasang di dua sisi pintu masuk.Beberapa pemuda yang mengakutim sukses Tommy juga nampaklalu lalang bersiap sedia me-nyambut tamu-tamu yang mulaiberdatangan.Padahal di hotel ini beberapatim sukses Ical juga sudah mem-
booking 
beberapa kamar.HotelRatumayang lokasinya cukupstrategis.Untuk menuju hotelLabersa tempat Munas akandigelar,hanya membutuhkan wak-tu sekitar 15 menit saja.Demikianjuga dengan Hotel Grand Jatra.Saat menggelar jumpa pers ke-marin,Aburizal Bakrie (Ical),op-timistis menang dengan dukunganril 386 pemilik suara (376 DPD Idam II serta 10 organisasi masya-rakat pendiri dan yang didirikanGolkar).Dia juga mengaku tidaktahu menahu dengan dukungandari Presiden Susilo BambangYudhoyono (SBY).Ical mengakuhanya didukung oleh peserta mu-syawarah nasional (Munas) VIII.”Saya tidak pernah tahu kalau sayadapat dukungan dari SBY karenabelum pernah ada pernyataan daribeliau.Tapi kalau doa dari beliautentunya akan sangat baik.
 Alham-dulillah
kalau beliau mendoakanitu,”kata Ical saat memberikanketerangan pers di Hotel Labersa,Pekanbaru Riau tadi malam.Turut mendampingi Ical,man-tan Ketua Umum Partai GolkarAkbar Tandjung,Wakil KetuaUmum Agung Laksono,Ketua DPDI Partai Golkar Riau Rusli Zaenaldan Ketua DPD I Partai GolkarGorontalo Fadel Muhammad.Me-ngenai peluangnya dalam munaskali ini,Ical yang juga menjabatMenko Kesra sangat optimistis.Bahkan,pihaknya meyakinkanbahwa dirinya menjadi lawan ter-berat bagi lawan-lawan politiknya.”Saya adalah lawan terberat.Pa-ling tidak itulah keyakinan saya,karena buat saya tidak ada yanbberat.Tapi buat mereka sayalahyang terberat,”tegasnya.Mengenai kemungkinan ada-nya
money politic
(politik uang),Ical menyatakan bahwa uang di-butuhkan untuk membangun dankonsolidasi partai sampai ke ting-kat terendah.Untuk keperluan itudibutuhkan dana yang tidak kecil.”Saya sadar semua pengurus Gol-kar di daerah membutuhkan danabuat daerahnya tapi yang akanbicara nantinya juga hati nurani,”ungkapnya.Tak ketinggalan,Ak-bar Tandjung juga menunjukkansikap optimistis.
(ahmad baidowi/nevy h)
      C     M     Y     K      C     M     Y     K      C     M     Y     K      C     M     Y     K
KILASWAWANCARA ABURIZAL BAKRIECATATAN
NASIONAL
2
SENIN 5 OKTOBER 2009SEPUTAR INDONESIA
PEKANBARU
(SI) – Kecuali Surya Paloh,tiga kan-didat Ketua Umum DPP Partai Golkar tiba di Pekan-baru Riau,kemarin.Masing-masing kandidat terusmengatur strategi untuk memenangkan pertarungan.
Tommy TerusGencarkan Lobi
Paloh Perkuat Konsolidasi, Ical Optimistis Menang
KLAIM
dukungan dari DPD I dan IIPartai Golkar terus mewarnai petakekuatan antarkandidat ketuaumum DPP hingga menjelangdilaksanakannya musyawarahnasional (Munas) hari ini.CalonKetua Umum DPP Partai GolkarAburizal Bakrie (Ical) memaklumibanyaknya dukungan yang men-dua.Namun,pada pemilihan KetuaUmum nanti,Ical yakin hanya adasatu dukungan,yaitu kepada diri-nya.Berikut wawancara Ical ke-pada Harian
Seputar Indonesia
.
Apa orientasi Anda maju seba-gai calon ketua umum?
Saya berniat maju sebagaicalon ketua umum adalah untukmembesarkan Partai Golkar.Se-telah kalah pada pemilu 2009,ha-rus ada terobosan yang dilakukanagar nantinya bisa tetap eksis di2014.Saya sudah mempersiapkanterobosan baru agar Golkar tetapmenjadi partai besar.
Seperti apa terobosan yangdimaksud?
Partai Golkar harus mampumerebut hati pemilih pemula.Kegagalan Golkar pada Pemilu2009 karena gagal mendapat du-kungan pemilih pemula.Akibat-nya,partai ini terkesan kurangmenarik bagi pemilih pemula.
 Nah
,untuk meraih simpati pemuladibutuhkan upaya pembenahanagar Golkar menjadi lebih mena-rik.Upaya yang dimaksud yaknikaderisasi maksimal,penguatanbidang penelitian dan pengem-bangan (litbang) dan pendanaan.
Bagaimana dengan kaderisasi?
Untuk sektor kaderisasi,perludilakukan dengan menciptakankader sebanyak mungkin.Pada2014,Partai Golkar menargetkanmenggaet 40 juta pemilih.Untukmerealisasikan target tersebut,dibutuhkan kader inti sebanyak 10juta orang.Sedangkan Litbangperlu mendapatkan perhatianserius karena selama ini kader-kader Golkar yang berada dilegislatif maupun eksekutif cende-rung berjalan sendiri-sendiri.Pe-nguatan libang ini dilakukan agarseluruh kader Golkar dapat ber-sinergi dalam menyelesaikan per-masalahan yang dihadapi Indone-sia.Hal ini pada akhirnya dapatmenciptakan sikap politik partaiyang jelas dalam menghadapi danmenyelesaikan permasalahanyang terjadi di Indonesia.
Target lainnya?
Setelah sukses konsolidasi dankaderisasi maka Golkar harussukses dalam pilkada baik provinsimaupun kabupaten/kota.Setelahitu,baru kita memburu kemenang-an pada pemilu legislatif dan pemi-lu presiden (pilpres).
Bagaimana soal klaim dukung-an antarkandidat?
Saya
nggak
tahu soal klaim-klaim itu,tapi yang hadir dalamdeklarasi dukungan ke saya ada376 DPD I dan DPD II.Selain itu,ada 10 organisasi masyarakat (or-mas) pendiri dan yang didirikanGolkar.Mereka itu semua mem-punyai hak suara.Karena itu,yangnyata adalah yang hadir dalamkesempatan ini.Kalau yang tidakhadir kali ini kita belum meng-hitungnya.Jika dukungan masihdiragukan,kenapa mereka memi-lih datang kemari,kalau ke sanaberarti
milih
yang lain.
Antisipasi dukungan menduabagaimana?
Dalam masa konsolidasi,sudahpasti ada dukungan yang mendua.Tapi kalau dalam munas,saya yakinpilihan hanya satu,sebab kalau te-tap mendua,suaranya
kan
tidak sah.
Kalau menang,apa akan meng-akomodir kandidat yang kalah?
Semua yang ada di Golkar akandiajak bergabung selama memilikivisi kepemimpinan.Kepemimpin-an dalam Golkar harus satu,tidakboleh ada dua nakhoda.
Komposisi untuk kader muda?
Itu harus diperhatikan tapijangan dulu bicara persentase.Kita utamakan kualitas,kalau ba-gus
ya
diberi kesempatan.Aspekkesehatan juga harus diperhati-kan,kalau umurnya muda tapi ti-dak sehat dan tidak bisa dian-dalkan,
kan
tidak bisa dipaksakan.
Bagaimana sikap Golkar nanti-nya terhadap pemerintah?
Kalau saya sendiri sudah me-nyampaikan niatan tidak akan ma-suk ke kabinet agar nantinya bisakonsentrasi ke partai.Namun de-mikian,bukan berarti Golkar men-jadi kekuatan oposisi.Golkar tidakbisa menang pemilu di atas pende-ritaan rakyat.Justru kita harusmenjadi pejuang kesejahteraanrakyat.Caranya,tentu kita haruskembali berada di pemerintahan.Sebab,hanya di pemerintahan kitabisa membuat kebijakan yang me-mengaruhi kesejahteraan rakyat.
(ahmad baidowi)PARTAI
Golkar cenderung me-miliki keunikan tersendiri diban-ding partai-partai politik lain.Padasejumlah parpol,dominasi tokohsangat terasa.PDI Perjuangansangat bergantung pada figur Me-gawati Soekarnoputri.Partai De-mokrat pada Susilo BambangYudhoyono (SBY).Partai AmanatNasional (PAN) masih memfigur-kan Amien Rais sebagai tokoh sen-tral.Partai Kebangkitan Bangsa(PKB) masih kuat terasa pengaruhAbdurrahman Wahid sebagaipatron partai,ketimbang Muhai-min Iskandar.Dua partai baru,Partai Gerindra dan Partai Hanurajuga sangat bergantung pada figurPrabowo Subijanto dan Wiranto.Di Golkar,kekuatan tokoh taklagi dominan,pasca-Munas 1999.Akbar Tandjung sebagai ketuaumum partai,gagal menjadi calonpresiden dalam konvensi PartaiGolkar 2004 lalu.Dia dikalahkanWiranto,yang notabene adalah”orang luar”partai beringin.JusufKalla,sebagai ketua umum parpoltak berdaya,ketika munculdesakan percepatan Munas 2009dari waktu normal Desember 2009menjadi Oktober 2009.Kalla yangbaru saja menelan kekalahan da-lam Pemilihan Presiden 2009 ”ter-sandera”keinginan segelintirelite Golkar yang bermaksud me-nguasai Golkar sebelum Presiden(terpilih) Susilo Bambang Yudho-yono menyusun kabinet baru.Sulitmencari padanan kata yang tepatuntuk mengukur tingkat loyalitaskader Golkar terhadap pimpinanpartainya.Sekilas kesan yangmuncul adalah kuatnya kepenting-an pragmatis mendasari sikapmayoritas elite Golkar.Seiring pudarnya kekuasaanJusuf Kalla,saat ini mayoritas ka-der Golkar menaruh harapan barupada Aburizal Bakrie,Surya Paloh,Tommy Soeharto,dan Yuddy Chris-nandi.Namun,dari kalkulasi du-kungan menjelang munas,hanyaIcal dan Surya Paloh yang palingpotensial merebut kursi ketuaumum.Menguatnya dukungan padaIcal dan Surya Paloh bisa dimak-lumi.Kedua tokoh ini tergolongfigur lama Partai Golkar yang me-miliki basis dukungan yang nyatadi kalangan pengurus daerah.Pada konvensi calon presiden Par-tai Golkar 2004 lalu,Ical danSurya Paloh pernah membangunkekuatan sendiri di internalPartai Golkar.Di ajang konvensi,Ical berhasil men-dulangdukungan 118 suara,dan SuryaPaloh 77 suara dari 547 suara yangdiperebutkan.Saat itu lawanmereka adalah politisi papan atasseperti Akbar Tandjung,Wiranto,dan Prabowo Subijanto yang jugasangat popular di kalanganGolkar.Belakangan,Akbar,Wiranto,dan Prabowo tak lagi berkiprahsecara aktif dalam kepemimpinanGolkar.Sementara Surya Paloh se-makin menancapkan pengaruh-nya dengan menjabat sebagai Ke-tua Dewan Penasihat Partai Gol-kar.Begitu juga dengan AburizalBakrie yang juga masuk dalamjajaran Dewan Penasihat.Bukanhal yang mustahil,jika dalam limatahun terakhir basis dukunganyang mereka bangun semakinbesar.Saat ini klaim dukungan padaSurya Paloh sudah mencapai 405DPD kabupaten/kota dan 16 DPDprovinsi,dan klaim dukungan padaAburizal Bakrie 376 suara DPD ka-bupaten/kota dan provinsi.Ken-dati hanya masih sebatas klaim,halitu menjadi indikator menggurita-nya dukungan kedua tokoh ter-sebut dalam Munas Golkar 2009.Bagaimana dengan Tommy danYuddy? Kendati kedua tokoh inimengklaim mendapat dukungandari puluhan DPD,tampaknya sulitbagi mereka berdua untuk menan-dingi keperkasaan Ical dan SuryaPaloh.Selain karena faktor ko-neksi,kedua tokoh muda ini belumteruji dalam pertarungan meraihdukungan di Golkar.Kemungkinanyang bisa terjadi pada Tommy danYuddy adalah berkoalisi denganIcal maupun Surya Paloh.Hal itumemberi peluang bagi merekauntuk masuk dalam lingkarankepemimpinan Golkar lima tahunke depan.Di atas kertas,hasil MunasPartai Golkar yang berlangsungdi Riau 5 hingga 8 Oktobermemang bisa diprediksi.Kekuat-an kurang lebih 538 suara yangdiperebutkan bisa dipetakansecara jelas.Tetapi faktor non-teknis saat berlangsungnya mu-nas menjadi penentu terpilihnyacalon ketua umum.Faktor non-teknis ini mencakup banyak hal,bisa karena pertimbangan ke-kuasaan yakni restu presidenterpilih hasil Pemilihan Presiden2009,juga karena terlalu atrak-tifnya manuver dari tiap kan-didat dan pendukungnya.Lintasan sejarah Golkar men-catat,terpilihnya Jusuf Kala padaMunas 2004 lalu di Bali tak lepas dari”kemauan”Presiden Susilo Bam-bang Yudhoyono untuk memba-ngun kekuatan signifikan di parle-men.Sedangkan terkait manuverdan intrik,bisa dikaji dari pernya-taan kubu Akbar Tandjung yangsempat mengeluhkan masuknyaorang-orang tak dikenal dalamruang rapat pleno dengan tujuan me-mecah konsentrasi peserta munas.Sejumlah orang dekat Akbar jugamengeluhkan praktik
money politics
sehingga memengaruhi pilihan padacalon ketua umum.Fenomena munas di Bali,tam-paknya masih akan terulang diRiau.Sebab,tokoh-tokoh yangbermain dan tokoh penentu adalahorang-orang lama yang berperanlangsung dalam Munas 2004 lalu.
(nevy hetharia)
Dalam Munas,SayaYakin Pilihan Hanya Satu
Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar digelarmulai hari ini.Dukungan suara DPD Kabupaten/Kotadan DPD provinsi sudah mengerucut pada AburizalBakrie,Surya Paloh,Tommy Soeharto,dan YuddyChrisnandi.Sejauh mana peluang mereka?
MUNAS VIII:
Kandidat Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie saat memberikan keterangan pers mengenai kesiapannya dalamMunas Golkar di Hotel Labersa, Pekanbaru, Riau, tadi malam. Ical optimistis akan menang dan meraih posisi ketua umum karena didukung386 pemilik suara di Munas VIII Partai Golkar.
MUNAS GOLKAR
Riau, 4 - 8 Oktober
   S   I   /   A   H   M   A   D   B   A   I   D   O   W   I
hal02b(1546)nas 10/5/09 12:49 AM Page 2
 
Menteri Koordinator Bidang Ke-sejahteraan Rakyat (Menko Kesra)Aburizal Bakrie menjelaskan,ang-garan Rp6 triliun yang disediakanpemerintah itu nantinya akan di-peruntukkan bagi perbaikanrumah-rumah warga yang hancursebesar Rp3–4 triliun.Selanjutnya,untuk perbaikanberbagai sarana dan prasaranaumum seperti rumah ibadah,sekolah-sekolah,dan bangunan pe-merintah dialokasikan Rp1 triliun.Sedangkan sisanya untuk perbaik-an jalan-jalan yang juga hancur.”Untuk verifikasi rumah-rumahpenduduk yang rusak akan dilaku-kan oleh Kementerian PU (Peker-jaan Umum),”jelas Aburizal Bak-rie di Pekanbaru,Riau,kemarin.Selanjutnya,Ical–panggilanakrab Aburizal- –mengatakan,pe-merintah pusat juga akan meme-nuhi kebutuhan rehabilitasi ba-ngunan warga yang rusak itu dalambentuk
block grant 
atau model yangsama dengan penanganan gempa diYogyakarta.Terkait hal itu,menurutIcal,pemerintah berharap agarpemerintah daerah ikutmembantu melakukaninventarisasi bangunanwarga yang rusak.Sementara itu,ban-tuan kemanusiaan un-tuk korban gempa di Sum-bar terus mengalir dari berba-gai kelompok masyarakat dan pe-merintah,baik dari dalam negerimaupun luar negeri.Kemarin,ma-syarakat Indonesia di Taman Svo-boda Kuraby,Queensland,Austra-lia,berhasil mengumpulkan ban-tuan dana untuk para korban gem-pa Sumatra Barat sebesar 3.161,7dolar Australia (sekitar Rp25 juta)pada acara halalbihalal Idul Fitri1430 Hijriah.Acara yang diseleng-garakan komunitas Indonesia itu,hanyalah salah satu dari kegiatanpengumpulan dana yang dimo-bilisasi kantong-kantong komuni-tas Indonesia di Australia.Panitia halalbihalal,Malia RitaNingsih,mengatakan,pihaknyaakan menyalurkan sumbangan bagipara korban gempa Padang dan be-berapa wilayah lain di Sumbar me-lalui lembaga kemanusiaan kredi-bel Australia.“Bagi para pe-nyumbang yang ingin men-dapatkan tanda buktisumbangan bagi kepen-tingan pengurangan pa-jak (
tax deductable
),kamiakan mengirimkan bukti-nya ke alamat rumah mereka,”kata Malia saat menyampaikanperihal kegiatan pengumpulan sum-bangan di acara yang dihadiri se-dikitnya 200 orang itu.Di kota Sydney,komunitas In-donesia yang berhimpun dalamorganisasi “Minang Saiyo”sudahmengumpulkan sumbangan publiksebesar 15.757,10 dolar Australiaditambah satu gelang emas.Sum-bangan senilai lebih dari Rp130,7juta itu dikumpulkan para relawan“Minang Saiyo”pimpinan SyamsulBahri dari warga masyarakat Indo-nesia dan sumbangan sejumlahmasjid di Kota Sydney.“Dalamwaktu yang terbatas,kita berharapbisa mengumpulkan dana minimal30 ribu dolar (lebih dari 240 jutarupiah),”kata Syamsul Bahri.
4.000 Rumah Darurat
Lembaga Kemanusiaan Na-sional-PKPU membangun 4.000unit rumah darurat bagi korbangempa di Padang,Sumatera Barat.Sebagai
 pilot project,
pembangun-an rumah darurat dimulai hari ini diKecamatan Sintuk Toboh Gadang,Kabupaten Padang Pariaman.Manajer Rescue PKPU Mu-hammad Yasin menjelaskan,pen-dirian rumah darurat di kabupatentersebut diharap bisa menjadi pin-tu masuk yang efektif untuk per-mintaan pembangunan rumahdarurat selanjutnya.“Untuk 4.000unit rumah itu,kita harapkan se-lesai dalam waktu dua bulan.Se-bagai permulaan,50 unit dulu,”jelasYasin di Posko Utama PKPU diKompleks Pelangi Indah,Blok A3No 5,Korong Gadang,Kuranji,Pa-dang,Sumatera Barat,kemarin.Untuk membangun 4.000 unitrumah itu,PKPU menyiapkan ang-garan tak kurang dari Rp18 miliar.Satu unit membutuhkan biayaRp4,5 juta.Selain rumah,PKPU ju-ga mendirikan dapur umum yangsetiap hari membuat 2.000 paketnasi bungkus untuk dua kali ma-kan.“Kami siapkan makan untukdua kali sehari.Setiap paket se-harga Rp10.000,”katanya.Sementara itu,Pemerintah ASsegera menyalurkan bantuan da-rurat sebesar USD 300.000 kepadaMercy Corps International melaluiBadan Pembangunan InternasionalAS (USAID).Pemberian bantuanini merupakan bagian dari komit-men awal senilai USD3,3 juta bagiupaya penanganan gempa Padang(
 Padang earthquake response effort 
).Dana bantuan ini akan digunakanuntuk pengadaan alat-alat pena-nganan darurat,air bersih,peralat-an sanitasi,dan peralatan untukperbaikan dan rekonstruksi rumah.
(rd kandi/ant)
NASIONAL
3
SENIN 5 OKTOBER 2009SEPUTAR INDONESIA
      C     M     Y     K      C     M     Y     K      C     M     Y     K      C     M     Y     K
Rehabilitasi Gempa Rp6 T
PEKANBARU
(SI) – Pemerintah mengalokasikan danaRp6 triliun untuk proses rehabilitasi berbagai prasa-rana fisik dan rumah warga yang hancur akibat gempaberkekuatan 7,6 Skala Richter di Sumatera Barat.
 JAKARTA
(SI) – Departemen Pen-didikan Nasional (Depdiknas) te-ngah menyusun kisi-kisi pendidik-an kegempaan yang dapat diadopsipada kurikulum di sekolah.Sek-retaris Jenderal (Sekjen) Depdik-nas Dodi Nandika mengatakan,se-bagai negara yang diketahui rawangempa bumi,pendidikan kegem-paan di sekolah harus menjadi per-hatian.Bahkan,seharusnya pihaksekolah dan Dinas Pendidikan didaerah menyadari pentingnya pen-didikan kegempaan.“Para guru ha-rus memasukkan pelajaran me-ngenai kesiapan saat terjadi gem-pa di sekolah,katanya kepadaHarian
Seputar Indonesia
kemarin.Diketahui,berdasarkan ama-nat Undang-Undang (UU) Nomor20 Tahun 2003 tentang Sistem Pen-didikan Nasional dan PeraturanPemerintah (PP) Nomor 19 Tahun2005 tentang Standar NasionalPendidikan,sekolah diberikan ke-wenangan menyusun kurikulumyang diwujudkan dalam kuriku-lum tingkat satuan pendidikan(KTSP).Namun,menurut Dodi,pe-nyusunan KTSP juga harus me-ngacu pada standar isi (SI) danstandar kompetensi lulusan (SKL)untuk pendidikan dasar dan me-nengah sebagaimana yang diter-bitkan melalui Peraturan MenteriPendidikan Nasional (Permendik-nas) Nomor 22 Tahun 2006 dan No-mor 23 Tahun 2006,serta PanduanPengembangan KTSP yang di-keluarkan oleh Badan Standar Na-sional Pendidikan (BSNP).Karena itu,pihaknya saat initengah menyusun modul berikutacuan pendidikan dasar tentangkegempaan yang lebih jelas dankonkret untuk dapat diadopsi olehsekolah lewat KTSP.Selain pe-lajaran secara teknis,modul ter-sebut nantinya akan berisi pe-latihan-pelatihan bagi siswa ten-tang apa yang harus dilakukan saatterjadi gempa.“Semoga tahun2010,penyusunannya bisa segeraselesai.Namun,sebenarnya dalamSI di Permendiknas Nomor 22 Ta-hun 2006 dan Nomor 23Tahun 2006,sudah dimasukkan pelajaran ben-cana sebagai pendidikan yang di-pertimbangkan untuk diajarkan dikelas,”terangnya.Dodi mengatakan,kisi-kisi inidiperlukan karena masih banyaksekolah-sekolah yang masih me-merlukan pendampingan dalampenyusunan KTSP.Tetapi Depdik-nas,lanjut dia,tidak akan memak-sakan pendidikan kegempaan iniuntuk dimasukkan dalam kuriku-lum setiap sekolah di seluruh Indo-nesia.Sebelumnya,sejumlah kalang-an menilai pentingnya memasuk-kan kurikulum bencana diajarkandi sekolah.Badan Meteorologi Kli-matologi dan Geofisika (BMKG)menilai,negara rawan gempa se-perti Indonesia perlu memasuk-kan mata pelajaran tentang gempake dalam kurikulum sekolah se-hingga seluruh masyarakat menge-tahui cara mengantisipasi gempasecara dini.“Jika masuk kuri-kulum sekolah,pelajaran gempaakan diberikan secara sistematisterutama pemahaman dasar me-ngenai negara yang rawan gempa,”kata Koordinator BMKG ProvinsiBengkulu Fahmiza.
(rendra hanggara)
Depdiknas SusunKurikulum Gempa
SERANG
(SI) –– PT Angkutan Su-ngai Danau dan Penyeberangan(ASDP) Indonesia Ferry,CabangUtama Merak,Banten,sejak ke-marin mulai menggratiskan tarifkapal bagi angkutan logistik yangmengakut bantuan gempa Suma-tera.Ketentuan itu akan berlang-sung selama tanggap darurat ben-cana diberlakukan.Kepala PT ASDP IndonesiaFerry,Cabang Utama Merak,TejaSuparna mengatakan,saat ini barutersedia 10 kapal yang digratiskanuntuk tarif penyeberangan Pe-labuhan Merak–Bakauheni.Ka-rena,baru ada 3 perusahaan kapalyang sudah menyetujui mem-bebaskan tarif kapal untuk meng-angkut logistik bagi bantuan ben-cana.“Mulai hari ini (kemarin) kamimenggratiskan tarif kapal,kataTeja di sela-sela Rapat ParipurnaIstimewa Ulang Tahun Ke-9 Bantendi Gedung DPRD Banten kemarin.Digratiskannya tarif angkutanlogistik untuk korban gempa itumerupakan instruksi dari DirekturLalu Lintas Darat Departemen Per-hubungan dan ASDP Pusat.Suratinstruksi itu,kata Teja,diterimasejak Jumat (2/10).“Secara teknis,telah kami siapkan semuanya,”ujarnya.Menurut dia,bagi para donaturyang akan mengirim bantuan me-nuju Pulau Sumatera melewati Pe-labuhan Merak,cukup menunjuk-kan surat jalan dari aparat yangberwenang yang menerangkanbarang-barang tersebut adalahbantuan yang akan disumbangkanke korban bencana gempa bumi.“Bagi donatur,baik perorangan,lembaga,maupun organisasi ke-masyarakatan,tidak akan kamipersulit,”terangnya.Untuk diketahui,angkutanbarang atau golongan VI dikena-kan tarif Rp400–500 ribu untuk se-kali menyeberang dengan meng-gunakan kapal
roll on-roll off 
(roro).Sedangkan bagi truk tronton ataugolongan VII,biaya yang harus di-keluarkan mencapai Rp700 ribu.Pada kesempatan yang sama,Gubernur Banten Ratu Atut Chosi-yah mengatakan,untuk membantukorban gempa di Sumatera,Peme-rintah Provinsi Banten memberi-kan bantuan senilai Rp200 juta.Pemberian bantuan itu berupaobat-obatan,bahan makanan,danlain sebagainya.“Kami turut ber-duka atas musibah gempa yangterjadi di Sumatera Barat,”katanya.Atut juga mengatakan,ban-tuan Rp200 juta tersebut memangsangat kecil jika dibanding dengankebutuhan untuk memulihkan pas-cabencana.Untuk itu,kata Atut,setiap kabupaten dan kota di Ban-ten juga harus bisa membantu.“Dana sumbangan itu,diambil dariAPBD Perubahan Provinsi Banten2009 atas persetuan panitia ang-garan legislatif dan eksekutif,”pa-parnya.
(teguh mahardika)
ASDP Merak GratiskanPengangkut Bantuan
Pengungsi korban gempa ter-paksa tidur di atas rel kereta api diPadang, Sumbar, kemarin. Selain kekurangan air bersih, sejumlahkorban gempa belum tertampung di tenda-tenda pengungsian.
BUTUH BANTUAN
   A   F   P   P   H   O   T   O    /   B   A   Y   I   S   M   O   Y   O
hal03(1386)pmilu 10/4/09 11:43 PM Page 5

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Anisaa Ardiantii liked this
Fauzi Asidiki liked this
Muhammad Safe'i liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->