Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
si digital - 10102009

si digital - 10102009

Ratings: (0)|Views: 9,357|Likes:
Published by Seputar Indonesia

More info:

Published by: Seputar Indonesia on Oct 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/01/2013

pdf

text

original

 
      C     M     Y     K      C     M     Y     K      C     M     Y     K      C     M     Y     K
SUMBER REFERENSI TERPERCAYA
Mayoritas
KELIRUMOLOGI
JAYA SUPRANA 
21
MENGUNJUNGI Dublin, pada bulanSeptember memangmenyenangkan.Kota berudara sejukdengan masyarakatyang hangat inimenjadikan Dublinsebagai kota tujuanutama wisata diEropa Utara.
Hal. 13
Faktor Hiddink
Guus Hiddink berambisi menunjukkanRusia sebagai kuda hitam terhebat.Caranya dengan membawa
Beruang Merah
menekuk Jermanpada Grup 4 KualifikasiPiala Dunia 2010 malam nanti.
KETUA Umum DPP PartaiGolkar Aburizal Bakrie (Ical)rupanya memberikan porsicukup besar bagi anakmantan pejabat dan tokohPartai Golkar dalamkepengurusannyalima tahun mendatang.
Ical Rangkul AnakMantan PejabatGolkarhal. 2
KETUA Dewan PerwakilanDaerah (DPD) Irman Gusmanmenegaskan,pemilihanAhmad Farhan Hamidsebagai Wakil Ketua MPRsudah sesuai denganmekanisme.
Ketua DPD TerimaPimpinan MPRhal. 3
KEJAKSAAN Agung(Kejagung) memiliki bukti kuatyang bisa dijadikan dasarmenjerat Antasari Azhar,terdakwa pembunuhanDirektur PT Putra RajawaliBanjaran NasrudinZulkarnaen.
JPU Miliki RekamanAntasarihal. 4
BENCANA belum menjauhdari Filipina. Setelah diterjangtopan Ketsana dan topanParma, Filipina dilanda banjirbandang dan tanahlongsor yang menewaskanlebih dari 181 orang.
Banjir Tewaskan181 Oranghal. 5
MENTERI Keuangan (Menkeu)Sri Mulyani Indrawatimengingatkan bahwapenguatan nilai tukar rupiahterhadap dolar AmerikaSerikat (AS) belakangan iniharus diwaspadai.
Penguatan RupiahDiwaspadaihal. 8
PT Bumi Resources Tbkoptimistis mencapai targetproduksi 58 juta ton padatahun ini. Optimisme inididasari hasil pada kuartalIII/2009 yang mencatatkanproduksi 17 juta ton.
BUMI OptimistisCapai Targethal. 10
MISTERI adanya ledakan kerasyang terjadi di langit wilayahKabupaten Bone, SulawesiSelatan (Sulsel), hinggakemarin belum terjawab.
Ledakan MasihMisteriushal. 12
Kota Teramah di Eropa
SABTU 10 OKTOBER 2009
”Tingkat emosi seseorang berkebalikan dengan pengetahuanmereka tentang kenyataan.”
Bertrand Russell (1872-1970),filsuf dan ahli logika asal Inggris
NO. 1551/TAHUN KE 5
Saldo 8 Oktober 09Rp 82,468,966
166OSIS SMAN 1 GresikRp4,479,000167HPS/HA Zainabiyah Kec.Pagelaran BantenRp2,437,600168NNRp200,000169BP MunafRp500,000170Hendra HerryRp250,000
TOTAL SALDORp90,335,566
bersambung ke hal 11
QUOTE OF THE DAY
Harian Seputar Indonesia mengetuk hati pembaca untuk meringankanbeban penderitaan korban gempa di Sumatera Barat. Bantuan sangatberarti karena saat ini para korban sangat memerlukan pertolongan darikita semua. Bantuan dapat disalurkan melalui:
BCA Cabang Wahid Hasyim Jakarta PusatRek 4783011487 atas nama SINDO Peduli qqPT. Media Nusantara Informasi (MNI)Bank Rakyat Indonesia (BRI)Rek 0206-01-003242-30-6 atas nama Seputar Indonesia Peduli
MENGETUK HATI PEMBACA
10 OKTOBER 2009
   S   I   /   D   E   D   Y   S   I   N   U   H   A   J   I
Korban gempa di Desa Simaruak,Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, Sumatera Barat yang wilayahnya terisolasi berhamburan menyambutdatangnya bantuan makanan yang diangkut helikopter Mi-17 milik TNI. Personil TNImengintensifkan pengiriman bantuan lewat udara.
BANTUANMAKANAN
Polisi belum memastikan merekaadalah Syaifudin Zuhri dan MSyahrir karena masih menungguidentifikasi forensik.”Dugaan kita adalah dua DPO(daftar pencarian orang),yaituSyaifudin Zuhri dan M Syahrir,”kata Kepala Divisi Humas MabesPolri Irjen Pol Nanan Soekarna diJakarta kemarin.Saat ini jenazahkedua anggota teroris itu diperiksasecara forensik di RS PolriKramatjati,Jakarta.Menurut Direktur Rumah Sa-kit Polri Kramat Jati Brigjen AidyRawas,untuk mempercepat prosesidentifikasi,tadi malam juga di-lakukan tes DNA dari pihak keluar-ga sebagai sampel.Hasil identi-fikasi akan diumumkan Senin(12/10) depan.Syaifudin Zuhri dan M Syahrirdituduh sebagai anggota terorisyang terlibat dalam jaringan yangmeledakkan Hotel JW Marriottdan Hotel The Ritz Carlton pada 17Juli 2009.Data kepolisian,M Syah-rir memiliki ciri khusus dengantinggi 165 cm,bentuk kepala bulat,memiliki warna mata hitam,danbentuk bibir tipis.
VOTING
merupakan buah karyademokrasi menggantikan budayamusyawarah-mufakat dalam sis-tem kenegaraan Indonesia.Me-lalui proses pemungutan suara di-upayakan mencari suara yang ter-banyak demi memilih dan mene-tapkan siapa berhak menjadi pe-mimpin suatu lembaga kemasya-rakatan atau kepemerintahan.Sa-lah satu dampak samping demo-krasi adalah keyakinan bahwasuara mayoritas adalah pasti yangpaling benar.Bahkan dari pahamkebenaran mayoritas itu munculpemeo
vox populi vox dei
yangberani menyetarakan suara rakyatdengan kehendak Tuhan.Daridogma yang mutlak membenarkanmayoritas itu bermunculan anekadampak negatif terhadap ke-bangsaan dan kenegaraan,bahkankemanusiaan,di planet bumi ini.Adolf Hitler dipilih secara de-mokratis berkat memperolehsuara mayoritas rakyat Jermanyang yakin benar bahwa politikuskelahiran Austria ini merupakanpemimpin yang tepat dan benaruntuk membawa Jerman kembalike masa kejayaan nan gilang-gemilang.
 JAKARTA
(SI) – Dua buron teroris yang didugaSyaifudin Zuhri dan M Syahrir dinyatakan tewas dalampenggerebekan oleh Tim Detasemen Khusus (Densus)88 Mabes Polri di sebuah rumah di Ciputat kemarin.
Dua Buron Teroris Tewas
Obama Raih Nobel Perdamaian
OSLO
(SI) – Presiden AmerikaSerikat (AS) Barack Obama secaramengejutkan terpilih sebagai pe-raih Penghargaan Nobel Perdamai-an 2009 kemarin.Obama menyi-sihkan 205 kandidat lain,termasukPresiden Prancis Nicolas Sarkozy.Dalam keterangan Komite No-bel,Obama memenangi penghar-gaan itu karena usahanya yang luarbiasa dalam diplomasi internasio-nal dan memperbaiki kerja samaantarbangsa serta membuka jalanbagi perdamaian di Timur Tengah.Menurut juri,Obama juga ber-peran besar dalam usaha peng-hapusan senjata nuklir di dunia.”Komite Nobel memiliki pan-dangan yang luar biasa terhadapvisi dan kerja Obama dalam usaha-nya menghapuskan senjata atom didunia.Obama adalah presidenyang menciptakan iklim barudalam politik internasional,”tuturKetua Komite Nobel ThorbjoernJagland.Terpilihnya Obama ini menge-jutkan,mengingat dia baru men-duduki kursi kepresidenan ASsembilan bulan.Bila diurut padapengajuan nominasi PenghargaanNobel,Obama diajukan menjadinomine dua minggu sebelum bataswaktu pengajuan,1 Februari lalu.Banyak pihak menilai Obamamasih terlalu ”hijau”untuk di-nominasikan.Hal inilah yang mem-buat nomine-nomine lain sebelum-nya lebih banyak diperbincangkan.Namun Komite Nobel ber-pendapat lain.Mereka melihat apayang sudah dilakukan Obama se-lama ini lebih dari cukup.Merekajuga menganggap Obama sebagaisedikit orang yang mampu meraihsimpati besar dari jutaan wargadunia yang notabene datang dariberbagai suku dan golongan.Obama terpilih sebagai presi-den AS akhir tahun lalu setelahmengalahkan kandidat dari PartaiRepublik,John McCain.Berbedadengan pendahulunya,George W.Bush,Obama memilih untuk me-nerapkan politik luar negeri ”yanglebih ramah”dalam mengatasi ber-bagai konflik internasional sepertikrisis nuklir,Timur Tengah,sertaPerang Irak.Bila Bush dulu me-milih kebijakan unilateral,makaObama memakai pendekatan mul-tilateral dalam menjalankan di-plomasi internasionalnya.
PenangananPengungsiBelumMaksimal
AGAM
(SI) – Kondisi ratusan peng-ungsi korban gempa di KecamatanMalalak,Kabupaten Agam,Suma-tera Barat (Sumbar)hingga hari ke-sembilan pasc-agempa masihmemprihatin-kan.Walau su-dah mendapatbantuan makan-an,mereka masih mengungsi ditenda-tenda darurat yang merekabangun di depan rumah.Hingga tadi malam,aliran lis-trik di permukiman yang terletakdi kawasan pegunungan seperti diDesa Malalak Selatan,Malalak Ba-rat,dan Malalak Timur masih ter-putus.Korban yang berada di Du-sun Siniair,Desa Malalak Selatan,misalnya,terpaksa menggunakanlampu obor.Warga pun memilihtidur di luar rumah karena masihtrauma dengan gempa.Beratnya medan menuju per-mukiman warga di kawasan inimembuat bantuan sulit disalur-kan.Satu-satunya cara denganmenggunakan helikopter.
bersambung ke hal 11bersambung ke hal 11
S  I    /   T   A  H   Y   U   D  D  I   N   
Diduga Syaifudin Zuhri dan M Syahrir
bersambung ke hal 11
Hal01-11-10-oktober 10/10/09 12:28 AM Page 1
 
      C     M     Y     K      C     M     Y     K      C     M     Y     K      C     M     Y     K
KILAS
NASIONAL
2
SABTU 10 OKTOBER 2009SEPUTAR INDONESIA
PKS Siap RebutKepemimpinan2014
JAKARTA(SI) – Partai Keadil-an Sejahtera (PKS) siap mere-but kepemimpinan nasionaldi 2014. Presiden PKS TifatulSembiring mengatakan, pa-da 2014 PKS siap mengaju-kan presiden sendiri maupunberkoalisi. Dia optimistispartainya sukses saat itu ka-rena para politisi senior su-dah kehilangan masanyadan akan digantikan parapolitisi muda seperti yangada di PKS. “2014 itu akhirdari banyak politisi yang 60tahun ke atas,” kata Tifatulsaat pembukaan RakernasPKS di Jakarta kemarin.Tifatul mengatakan, de-ngan demikian kans anakmuda di 2014 nanti akan sa-ngat besar. Karena itu, diayakin sebagai partai yangmemiliki banyak anak mudaberpotensi, PKS siap ber-kompetisi. “Ini tantanganPKS. Nanti cuma ada 9 partaidan saat ini PKS adalah partaiIslam terbesar,” ujarnya.(dian widiyanarko)
FKB Incar KomisiPertanian danInfrastruktur
JAKARTA (SI) – Fraksi Ke-bangkitan Bangsa (FKB) me-ngincar kursi pimpinanKomisi IV (pertanian), KomisiV (infrastruktur), dan KomisiX (pendidikan). MenurutKetua Fraksi KebangkitanBangsa (FKB) Marwan Jafar,pihaknya kemungkinanakan mendapatkan satu jatah kursi ketua komisi dan3 wakil ketua dengan asumsiII komisi di DPR.Dia mengakui bahwa FKBkemungkinan hanya men-dapatkan jatah satu komisi jika menggunakan sistemproporsional berdasarkanperolehan suara partai. “Se-lama ini belum ada kese-pakatan soal jumlah komisidan perbagian komisi. Na-mun berdasarkan sistemyang digunakan yaitu secaraproporsional, maka secaraotomatis bisa terbacamasing-masing berapayang diperoleh,” katanya.Namun demikian, Mar-wan menegaskan, komisibukan ajang untuk rebutankekuasaan. Menurut dia,komisi di DPR bukan ajangrebutan jatah karenamemang sudah secaraotomatis terbagi secaramerata. (dian widiyanarko)
PENDIDIKAN KONSTITUSI:
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD (kiri), Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo (tengah) dan Menteri Agama Maftuh Basyuni(kanan) sebelum menandatangani nota kesepahaman antara ketiga lembaga negara dan pemerintahan di Jakarta, kemarin.
Dalam kepengurusan DPP PartaiGolkar hasil Musyawarah Nasional(Munas) VIII di Pekanbaru,Riau,Ical juga merekrut beberapa tokohmuda dan wajah baru.Di antara-nya,Ketua DPP Bidang Informasidan Penggalangan Opini Fuad Ha-san Masyhur dan Ketua DPP Bi-dang Kerja Sama Pemikiran danKajian Kebijakan Rizal Mallara-ngeng.Selain itu,ada juga ErwinAksa di posisi Wakil BendaharaUmum.Namun,hanya Fuad dan Ri-zal yang disorot dalam kepengurus-an Ical tersebut.Sementara,pere-krutan anak mantan pejabat Gol-kar tidak terlalu dipersoalkan.Menurut mantan fungsionarisDPP Partai Golkar Zaenal Bintang,masuknya Fuad Masyhur dan Ri-zal menjadi pengurus harian Par-tai Golkar merusak mekanisme ka-derisasi di Golkar yang telah diba-ngun dengan baik.Tindakan itumenurut Zaenal telah melanggarAnggaran Dasar dan Anggaran Ru-mah Tangga Golkar,terutama Pa-sal 12 b.“Untuk itu,saya meng-imbau kepada semua kader sejatiPartai Golkar untuk bersatu danmeminta Fuad dan Rizal mundurdari kepengurusan,”tegasnya.Di antara nama anak para man-tan tokoh Golkar dalam jajaran ke-pengurusan DPP,yakni Pontjo Su-towo (putra Ibnu Sutowo),danAgus Gumiwang Kartasasmita(putra Ginandjar Kartasasmita) diposisi Ketua DPP.Ada juga namaTitiek Soeharto (putri dari mantanPresiden Soeharto) sebagai wakilsekjen.Selain itu,Airlangga Har-tarto (putra mantan menteri per-industrian Hartarto),Bobby Su-hardiman (putra ketua Soksi Su-hardiman),Tri Hanurita Sudwikat-mono (putri ketiga Sudwikat-mo-no),Bambang Atmanto Wiyogo(putra mantan Gubernur DKI Wi-yogo Atmodarminto) di posisi Wa-kil Bendahara Umum.Menanggapi hal itu,mantananggota Dewan Penasihat DPP Par-tai Golkar Sri Sultan Hamengku Bu-wono X mengatakan,masuknya be-berapa nama baru seperti RizalMallarangeng dan sejumlah anakpejabat Golkar dalam kepengurus-an DPP tidak masalah.“Hal itu ti-dak masalah,karena telah menjadikeputusan dari tim formatur.Jikamemang telah diputuskan,mau ba-gaimana lagi,yang terpenting seka-rang adalah mengonsolidasikanpotensi internal Golkar,”katanya diYogyakarta kemarin.Hal senada juga dilontarkan ka-der muda Partai Golkar Indra J Pi-liang yang juga mantan tim suksesYuddy Chrisnandi.Dia mengaku,tak merasa dicederai dengan ma-suknya Rizal Mallarangeng dansejumlah anak mantan pejabat Gol-kar.”Khusus Rizal Mallarangeng,saya kira dia kisah sukses terbesardalam Pemilu 2009 dan Munas Gol-kar kali ini.Kami tidak merasa ter-sakiti sama sekali,”ungkapnya.Yang jelas,kata Indra,keme-nangan Aburizal Bakrie dapat di-terima semua pihak dan kubu yangkalah bisa menerima dengan lega-wa.”Mereka menang,kami kalah.Sebagai pihak yang kalah,tentukami tidak berhak kecewa.Kamihanya bisa mengucapkan sela-mat,”ujarnya.Edison Betaubun,salah se-orang anggota tim sukses Surya Pa-loh,juga tidak mempersoalkanmasuknya nama-nama anak man-tan tokoh Golkar.Menurut dia,itusepenuhnya menjadi hak tim for-matur untuk menyusun kepengu-rusan Golkar ke depan.“Kami ti-dak mempersoalkan,sepanjangrekrutmen pengurus itu sesuai de-ngan AD/ART dan juga memper-timbangkan rekomendasi yang di-hasilkan Munas,”katanya.Edison menilai,sebaiknya se-mua pihak tidak terburu-burumemberikan penilaian terhadappengurus baru Golkar,terutamaanak-anak mantan tokoh Golkar.Berikan mereka kesempatan un-tuk bekerja dan membesarkanGolkar.“Kita lihat lima tahun kedepan hasilnya bagaimana.Yangpenting,dalam melaksanakan tu-gas kepengurusan,mereka tidakmengutamakan kepentingan ke-lompok atau faksi tertentu di Gol-kar tetapi bisa merangkul semuafaksi dan kepentingan yang ada diGolkar,”paparnya.Sementara itu,anggota TimFormatur Munas VIII Partai Gol-kar Ridwan Bae mengatakan,pe-ngurus Golkar sekarang telah me-lalui pertimbangan sehingga layakuntuk membawa Golkar ke depanmenjadi lebih besar.Dalam penen-tuan komposisi pengurus,forma-tur melihat kemampuan dan po-tensi yang dimiliki masing-masingpengurus.“Golkar itu adalah par-tai terbuka,tidak membeda-beda-kan etnis,kelompok,agama.Se-mua sama.Partai ini tidak menu-tup diri,bisa menerima orang-orang yang punya kemampuan danpotensi,serta bersedia mengabdi-kan dirinya untuk kepentinganpartai,”katanya.Menurut dia,Rizal Mallara-ngeng dipilih karena memiliki ke-cerdasan untuk melakukan kajianterhadap kebijakan-kebijakanpolitik.Sedangkan Fuad Masyhurlebih pada potensinya.Sebagai pe-milik Maktour,Fuad dinilai punyamassa dan pengikut yang besar.“Kalau mereka mau bergabung,itu artinya Partai Golkar lebih baikdari pada partai mereka se-belumnya,”ujarnya.Demikian juga Pontjo Sutowo.Ridwan menilai,ketokohan Pontjotidak perlu diragukan.Anak IbnuSutowo ini memiliki kemampuankepemimpinan yang baik.Terbuk-ti,banyak perusahaan yang dia pim-pin,begitu juga organisasi-organi-sasi lain.Pontjo juga belum pernahbergabung dengan partai lain.Komposisi kepengurusan kaliini pun ditegaskan Ridwan samasekali tidak merusak mekanismekaderisasi di Golkar.Dalam pan-dangan Ridwan,kaderisasi tidakberarti harus selalu masuk dalamkepengurusan.Di tempat terpisah,juru bicarakepresidenan,Andi Mallarangeng,ikut angkat bicara.Dia membantahbahwa keberadaan Rizal di Golkarmerupakan titipan Presiden SusiloBambang Yudhoyono (SBY).Andimengatakan,Rizal yang merupa-kan adik kandungnya itu,telahmembantu Aburizal sejak men-ja-bat sebagai Menko Kesra.“Tentusaja Rizal juga seorang ahli ilmu po-litik dan keterampilan dan kemam-puannya mungkin dihargai olehkepengurusan Golkar,”ujarnya.
(helmi firdaus/rarasati syarief)CIKEAS
(SI) – Ketua Umum DPPPartai Golkar Aburizal Bakrie so-wan ke Presiden Susilo BambangYudhoyono (SBY) di kediaman pri-badi Presiden SBY di Puri Cikeas,Bogor.Ical tiba di kediaman Presi-den pukul 14.45 WIB dengan meng-gunakan mobil Lexus berpelat B1486 FRS.Direktur Fox IndonesiaZulkarnain Mallarangeng tampakikut mendampingi Ical ke Cikeassiang kemarin.Menurut Juru Bicara Kepresi-denan Andi Mallarangeng,PartaiGolkar di bawah kepemimpinanAburizal Bakrie diharapkan dapatterus menjalin kerja sama denganpemerintah di bawah pemerintah-an SBY-Boediono lima tahun men-datang.Meskipun Aburizal tidakakan bergabung lagi di pemerin-tahan,kerja sama antara PartaiGolkar dengan pemerintah diha-rapkan tetap berlanjut.“Golkarselama ini berada dalam pemerin-tahan yang dipimpin Presiden SBYdan karena itu dengan kepemim-pinan baru ini mudah-mudahankerja sama (dengan Golkar) bisadilanjutkan,”ujar Andi di Puri Ci-keas,Bogor,tadi malam.Andi mengatakan,dalam perte-muan yang berlangsung selamahampir satu jam itu,hanya untuk si-laturahmi biasa.Ketika ditanya apa-kah keduanya membahas jatah kur-si di kabinet SBY-Boediono menda-tang,Andi mengaku tidak tahu-menahu soal itu.“Saya tidak ikut da-lam pertemuan itu.Itu pertemuanberdua antara Ketua Umum Golkardengan Pak SBY sebagai presidenataupun juga presiden yang akanmelanjutkan lagi lima tahun men-datang.Apa isi pembicaraannya ti-dak saya ikuti,”jelasnya.Andi menilai,pernyataan se-jumlah kalangan yang mengatakankemenangan Aburizal adalah ke-menangan SBY itu tidak benar.Me-nurutnya,kemenangan Aburizaladalah kemenangan Partai Golkarmeskipun pihaknya juga menyam-but gembira kemenangan Aburizalyang selama ini telah bekerja samadengan baik dalam pemerintahanKabinet Indonesia Bersatu.“Se-mua orang yang ketemu Pak Aburi-zal memberikan ucapan selamat.Tentu saja sebagaimana layaknyaseorang kawan yang mendapatkankepercayaan dari Partai Golkar danPak Aburizal juga duduk dalam pe-merintahan,tentu saja kami beri-kan ucapan selamat dan semogasukses,”tandasnya.Terkait dengan calon menteriyang akan membantu kerja PresidenSBY dalam pemerintahan Kabinet In-donesia Bersatu II,Andi mengata-kan bahwa hingga saat ini PresidenSBY belum melakukan pemanggilan-pemanggilan calon menteri.Saat iniPresiden masih memikirkan struk-tur dan komposisi kabinet.Di tempat terpisah,PresidenPartai Keadilan Sejahtera (PKS)Tifatul Sembiring rupanya masihmempersoalkan rencana merapat-nya PDIP dan Golkar ke koalisiSBY.Tifatul bahkan menyindir duapartai tersebut yang awalnya men-jauhi atau bahkan menyerangSBY.“PDIP sebelumnya mengata-kan ada kecurangan sistematislah,akan menggugat ke mahkamah in-ternasionallah,kok sekarang mu-lai bergabung,”kata Tifatul dalampidato pembukaan Rakernas PKSdi Jakarta kemarin.
(dian widiyanarko/rarasati syarief)
 JAKARTA
(SI) – Ketua Umum DPP Partai GolkarAburizal Bakrie (Ical) memberikan porsi cukup besarbagi anak mantan pejabat dan tokoh Partai Golkardalam kepengurusannya lima tahun mendatang.
Ical Rangkul Anak Pejabat Lama
Guru DimintaAjarkanKesadaranBerkonstitusi
 JAKARTA
(SI) – Para guru dituntutuntuk lebih kreatif mengajarkankesadaran berkonstitusi.Guru bu-kan hanya mengajarkan tentangkewarganegaraan,tetapi juga ba-gaimana pendidikan diatur dalamUndang-Undang Dasar (UUD)1945 dan UU Sistem PendidikanNasional (Sisdiknas).Menteri Pendidikan Nasional(Mendiknas) Bambang Sudibyo me-minta agar guru mata pelajaran pen-didikan kewarganegaraan (PKn)me-mahami betul bahwa sudah terjadireformasi pendidikan secara kolosaldan mendasar di dalam UUD 1945.Namun,amanat untuk mengajar-kan dan menyosi-alisasikan kesa-daran berkonstitusi bukan hanya tu-gas guru mata pelajaran PKn.Dia mengingatkan,seorang gu-ru sejarah mestinya mengajarkansejarah dalam perspektif konsti-tusi.Sementara guru agama dapatmengajarkan
hablumminannas
atau hubungan dengan sesamamakhluk dalam perspektif konsti-tusi di dalam bingkai Negara Kesa-tuan Republik Indonesia (NKRI).“Kegiatan ekstrakurikuler ke-pramukaan juga bisa dipakai un-tuk sosialisasi kesadaran berkons-titusi,”kata Bambang usai menyak-sikan penandatanganan nota kese-pahaman (MoU) antara Mahka-mah Konstitusi (MK) dengan De-partemen Pendidikan Nasional(Depdiknas) dan Departemen Aga-ma (Depag) di Jakarta kemarin.Penandatanganan sendiri dila-kukan Sekretaris Jenderal (Sek-jen) MK Janedjri M Gaffar,SekjenDepdiknas Dodi Nandika,dan Sek-jen Depag Bahrul Hayat.Turut me-nyaksikan penandatanganan Ke-tua MK Mahfud MD dan MenteriAgama (Menag) Maftuh Basyuni.MoU ini merupakan kesepakatanketiga institusi tersebut untuk me-nyelenggarakan pendidikan kesa-daran berkonstitusi dan pemilihanguru berprestasi bagi guru PKn se-Indonesia.Menag Maftuh mengungkap-kan,guru madrasah atau guru se-kolah adalah garda terdepan da-lam upaya penyebarluasan ilmudan pengetahuan.Menurut dia,memberikan pemahaman tentangkonstitusi bagi para guru merupa-kan upaya sangat strategis dalampenyadaran berkonstitusi.Karenaitu,sosialisasi kepada para guruPKn dan siswa dapat mendorongupaya penyadaran berkonstitusikepada masyarakat .“Dan pada gilirannya akanmenumbuhkan lembaga kontrolsosial yang dapat berperan sertamenciptakan tertib bernegara danbermasyarakat,”kata Maftuh.
(rendra hanggara)
   S   I   N   D   O   /   Y   U   D   I   S   T   I   R   O    P   R   A   N   O   T   O
Aburizal Sowanke SBY di Cikeas
hal02(1551)nas 10/9/09 11:44 PM Page 2
 
NASIONAL
3
SABTU 10 OKTOBER 2009SEPUTAR INDONESIA
      C     M     Y     K      C     M     Y     K      C     M     Y     K      C     M     Y     K
KILAS
PenguasaanTeknologi RIRendah
JAKARTA (SI)—Kepala Lem-baga Ilmu PengetahuanIndonesia (LIPI) Umar Ang-gara Jenie mengatakan,penguasaan teknologi diIndonesia masih jauh ter-tinggal dibanding negara-negara lain. MasyarakatIndonesia belum menjadikanvisi utama teknologi dalamkehidupan sehari-hari.“Jika keadaan ini dibiar-kan tanpa ada upaya serius,Indonesia akan kehilangandaya saing inovasi nasional.Tentu dampaknya akan me-rembet pada hal lainnya,”tegas Umar Anggara diJakarta kemarinDaya saing penguasaanteknologi ini, tambah dia,harus dikenalkan dan ditekan-kan sedini mungkin. LIPI ber-upaya mengenalkan peng-uasaan teknologi melalui Na-tional Young Innovator Award(NIYA) 2009. (sofian dwi)
DKP PrioritasRumah RamahBencana
JAKARTA (SI) – DepartemenKelautan dan Perikanan (DKP)akan memprioritaskan pem-bangunan rumah ramah ben-cana. Kepala Pusat Data Statis-tik dan Informasi DKP Soen’anH Poernomo mengatakan,rumah ramah bencana ini ter-diri dari tiga rancangan yaknirumah panggung yang tahangempa dan tsunami, rumahpanggung yang tahan banjirdan rob (air pasang), dan rumahtahan gempa dan tsunami.“Rumah ramah bencanaini diprioritaskan dibangun dipesisir yang masuk dalamzonasi rawan bencana,” tegasSoen’an di Jakarta kemarin.DKP sendiri akan terusmengalokasikan dana lewatAPBN 2010 untuk pemba-ngunan rumah ramah benca-na dan diprioritaskan padadaerah yang terkena gempabumi. (sofian dwi)JAKARTA (SI) – KementerianNegara PendayagunaanAparatur Negara (KemenegPAN) mengusulkan penun-daan tes calon pegawainegeri sipil (CPNS) sampaipembentukan kabinet.Plt Humas Kemeneg PANDandung Indratno mengata-kan, penundaan itu dilaku-kan agar lebih efisien bila adalembaga yang digabung.”Memang kita belum tahuapakah ada lembaga yangdigabung atau tidak. Tapi, itudilakukan untuk berjaga- jaga bila memang ada yangdigabung,” katanya diJakarta kemarin.Menurut dia, untuk satukali tes CPNS membutuhkanbiaya sekitar Rp400.000.Karena itu, bila memang testersebut bisa dilakukan seca-ra serentak bisa menghematbiaya. (helmi syarif)
TungguKabinet,Tunda Tes CPNS
SURABAYA (SI) – NahdlatulUlama (NU) semakin menun- jukkan keseriusannya me-nangani dunia pendidikan.Hingga 2014 NU menarget-kan diri membangun 75 seko-lah bertaraf internasional (SBI).“Sekolah-sekolah ter-sebut akan dibangun di se-luruh wilayah Indonesia,”kata Wakil Sekretaris Pimpin-an Pusat (PP) Lembaga MaarifNU Dr Mamat Salamet Burha-nuddin di Surabaya, kemarin.Tentunya, jumlah SBI ter-sebut berbeda antara daerahsatu dengan lainnya. Diwilayah Jawa Barat dan Ban-ten misalnya, direncanakandibangun 5 buah SBI; Bali,Papua, Kalimantan Timur,dan Kalimantan Barat 2buah; Bekasi, Papua Barat,Sulawesi Tenggara, danGorontalo 1 buah; sertaYogyakarta dan Jawa Tengah10 buah.(chamad hojin)
NU Bangun75 SekolahInternasional
Meneg PPN Paskah Suzetta berbincang dengan beberapa pengurus PWI dalam acara halalbihalal danpenggalangan dana bagi korban gempa di Sumatera Barat, di Jakarta kemarin. PT Media NusantaraCitra (MNC) menyumbangkan dana Rp50 juta.
   S   I   /   H   A   S   I   H   O   L   A   N    S   I   A   H   A   A   N
Karena itu,Irman menjamin,tidakakan ada pemboikotan pelantikanpresiden dan wakil presiden ter-pilih pada 20 Oktober mendatang.Menurut Irman,sekalipunpengangkatan Farhan telah me-langgar tata tertib (tatib) pengaju-an usulan unsur pimpinan MPR,penetapannya sudah sesuai denganmekanisme persidangan.Sebab,Farhan terpilih melalui paket yangtelah diajukan fraksi di DPR.“Tidak akan ada pemboikotandari DPD.Itu hanya aspirasi darisatu dan dua orang,”tegas Irman se-usai mengunjungi RS Sari Mutiara,Medan,kemarin.Menurut dia,po-lemik terpilihnya Ahmad FarhanHamid merupakan permasalahaninternal DPD.Hal ini,jelas dia,tidak bisa dijadikan alasan untukmemboikot pelantikan presiden.Persoalan internal tersebut,ungkap Irman,akan diselesaikanmelalui mekanisme di Badan Ke-hormatan (BK) DPD yang baru sajadibentuk.Saat ini,DPD tinggal me-nunggu bagaimana penilaian yangdiberikan BK DPD terkait penetap-an pimpinan MPR terutama dariunsur DPD tersebut.“Kita beriwaktu Badan Kehormatan untukmengeluarkan rekomendasi ter-hadap persoalan ini,”kata anggotaDPD asal Sumatera Barat (Sum-bar) tersebut.Lebih lanjut Irman memintaagar persoalan tersebut semata-mata diposisikan pada masalahketatanegaraan,jangan dijadikanurusan dagang.Jika memang adapertentangan,menurut dia,hal ituhanya bagian dari dinamika politik.”Jadi,agenda kenegaraan sepertipelantikan presiden harus dihorma-ti dengan turut ambil bagian dalampenyelenggaraannya,”tandasnya.Senada diungkapkan anggotaDPD asal Sumatera Utara (Sumut)Parlindungan Purba.Menurut dia,persoalan Ahmad Farhan Hamidhanya sebatas persoalan pelanggar-an kode etik semata.Karena itu,diamenyatakan,pemboikotan bu-kanlah solusi yang harus dilakukan.Meski demikian,Parlindunganmengaku,terpilihnya Ahmad Far-han Hamid sempat mengejutkansejumlah anggota DPD.Sebab,daridelapan nama yang secara resmi di-calonkan oleh DPD,tidak ada namaAhmad Farhan Hamid yang merupa-kan anggota DPD asal NanggroeAceh Darussalam (NAD) tersebut.Karena itulah,kemudian DPDmenilai bahwa pengangkatanAhmad Farhan Hamid sebagaiWakil Ketua MPR tidak beretika.Seharusnya,jelas Parlindungan,sebagai sesama anggota DPD,su-dah sepantasnya jika ingin meng-ajukan diri sebagai pimpinan MPRmewakili unsur DPD,AhmadFarhan Hamid terlebih dahulumemberitahukan dan memintarestu dari lembaga yang akan di-wakilinya tersebut.Diketahui sebelumnya,DPDsempat mengeluarkan mosi tidakpercaya dan menolak komposisipimpinan MPR.Penolakan ini di-keluarkan DPD karena merasawakilnya tidak diakomodasi dalamkepemimpinan MPR.Dalam pe-nentuan pimpinan MPR,DPDsudah menunjuk dua wakil yangdiajukan,yakni Aksa Mahmud danJon Pieris.Namun,dalam penetap-an,justru Ahmad Farhan Hamidyang berhasil menduduki kursiWakil Ketua MPR.Padahal,DPDtidak pernah mengajukan namaAhmad Farhan Hamid.Bahkan,belakangan berkem-bang isu bahwa DPD akan melaku-kan boikot terhadap prosesi pelan-tikan presiden dan wakil presidenterpilih.Beberapa anggota DPDbahkan secara terang-terangansudah menyatakan tidak akan hadirdalam proses pelantikan tersebut.
(m rinaldi khair)
Ketua DPD Terima Pimpinan MPR
MEDAN
(SI) – Ketua Dewan Perwakilan Daerah(DPD) Irman Gusman menegaskan,pemilihanAhmad Farhan Hamid sebagai Wakil Ketua MPRsudah sesuai dengan mekanisme.
 JAKARTA
(SI) – Persatuan Warta-wan Indonesia (PWI) Pusat ber-hasil mengumpulkan dana sebesarRp500 juta bagi korban gempaSumatera Barat dan Jawa Barat.Dana tersebut rencananya akan di-berikan kepada warga dan keluar-ga wartawan yang terkena gempadi dua daerah tersebut.Ketua Umum PWI Pusat Margio-no mengatakan,bantuan tersebutdiharapkan bisa meringankanbeban wartawan Sumbar besertakeluarga yang terkena musibah.“Kita harapkan wartawan yangterkena musibah agar dapat melak-sanakan kembali tugas-tugas jur-nalistiknya,”katanya dalam halal-bihalal di Kantor PWI Pusat,Jakarta,kemarin.Dalam penggalangan dana ter-sebut juga hadir Menteri NegaraBPP/Kepala Bappenas PaskahSuzetta,Wakil Ketua DPR Pramo-no Anung,Direktur Utama PerumBulog Mustafa Abubakar,KetuaDewan Kehormatan PWI PusatTarman Azzam,dan Ketua DewanPenasihat PWI Pusat Sofyan Lubis.Margiono mengungkapkan,PWI telah mendirikan posko kor-ban gempa di Sumatera Barat.Pos-ko tersebut mengambil tempat diKantor PWI Sumbar diJalanBaginda Aziz Chan No 8 A,Padang.“Siapa pun dapat mengaksesposko bencana tersebut,terutamawartawan dan unsur relawan dariluar Sumbar,baik yang memerlu-kan tempat beristirahat maupunmemerlukan informasi seputarbencana,”ujarnya.Menteri Negara PerencanaanPembangunan Nasional/KepalaBappenas Paskah Suzetta me-nyampaikan terima kasih terha-dap peran PWI yang ikut me-ringankan keluarga korban.Me-nurut dia,dampak gempa berpo-tensi besar merugikan ekonomimasyarakat.Pasalnya,sebagianbesar infrastruktur terutama jalanraya,serta instalasi listrik,dan airbersih mengalami rusak parah.“Dalam beberapa waktu ke de-pan kegiatan ekonomi akan sangatterhambat,”ujarnya.
(pasti liberti mappapa)
PWI Sumbang Rp500 JutaKorban Gempa Sumbar
PADANG
(SI)—Departemen So-sial mengingatkan kepada semuapihak untuk mewaspadai ke-mungkinan terjadinya perda-gangan anak (
trafficking 
) padakorban bencana gempa bumi diSumatera Barat (Sumbar).Pe-ringatan tersebut berdasarkanpengalaman padakasus tsunamiAceh lima tahunlalu.“Biasanya,pada kondisi ben-cana seperti inipermasalahan
trafficking 
anakmuncul,kita tidakmau kejadian se-perti di Aceh ter-ulang,makanyakami langsung me-lakukan pendata-an anak-anak kor-ban bencana,”kata Direktur Jen-deral Pelayanandan RehabilitasiSosial (Yanrehsos)Departemen Sosial MakmurSunusi di Padang kemarin.Menurut Makmur,saat iniDepsos telah mengirim tim reaksicepat (TRC) untuk melakukanpendataan dan pengawasan ter-hadap anak-anak,lanjut usia,danorang-orang cacat.”Mereka su-dah direlokasi dan terus didatahingga masa tanggap daruratberakhir,”imbuhnya.Sementara itu,di posko TRCyang bertugas menangani kasusanak-anak korban bencana Dep-sos yang bertempat di Padang Pa-riaman setiap harinya menam-pung 100 anak dan lansia.“Di Padang Pariaman saat inibanyak sekali anak-anak yangmasih berusia lima tahun danusia sekolah pada
ngemis
dipinggir-pinggir jalan menujulokasi bencana,’’ kata KepalaBidang Pelayanan dan Reha-bilitasi Sosial Dinas SosialProvinsi Sumbar Esti Pratiwi diPadang.Esti menambahkan,saat inisudah mulai bermunculan anak-anak usia sekolah korban gempayang berada di jalanan untukmengemis.”Anak-anak tersebut dikha-watirkan rentan menjadi korbanperdagangan anak.Sebagai anti-sipasinya,saat ini Dinas Sosialsetempat tengah berupaya untukmencarikan kegiatan bagi mere-ka,”ujar perempuan berjilbabtersebut.Bahkan,Dinsos sendiri telahmelakukan pertemuan denganahli penggiatanak,Kak Seto,untuk mencarikanjalan agar merekabisa lepas daritrauma.SedangkanKoordinator La-pangan TRCDep-sos Nahar menga-takan,sangat sulituntuk melacak ter-jadinya perda-gangan anak.Ka-rena,pada umum-nya pelaku mela-kukan aksinyadengan menggu-nakan modus rasaiba dan berniatmerawat.“Pada umumnya pelaku ber-aksi saat awal bencana terjadidan bantuan luar belum masuk,pelaku menyasar anak-anak yangkeluarga maupun orangtua yangmenjadi korban bencana,ujarNahar.Sementara itu,Menteri TenagaKerja dan Transmigrasi (Mena-kertrans) Erman Suparno kemarinmemberangkatkan 300 relawaninstruktur ke Sumbar.Tim iniuntuk mempercepat pemulihanpembangunan pascagempa dilokasi bencana.“Para instrukturyang dikirimkan mempunyaikeahlian khusus dalam bidangkejuruan bangunan dan listrik.Kita harapkan pembangunanpascagempa bisa berlangsunglebih baik dan cepat,”katanya.Erman menjelaskan,selaininstruktur jurusan bangunan(kayu,batu,dan bangunan) daninstruktur instalasi listrik,timrelawan difasilitasi dengan 21unit MTU (
mobile training unit 
)dan 5 orang dokter dengan mobiltanggap darurat yang membawaperlengkapan medis lengkapuntuk keselamatan dankesehatan kerja ( K3).
(fahmi faisa/rendrahanggara)
Waspadai TraffickingAnak Korban Gempa
PWI SUMBANG GEMPA
Biasanya, padakondisi bencanaseperti ini per-masalahantrafficking anakmuncul, kitatidak maukejadian sepertidi Aceh terulang.
MAKMUR SUNUSI
Dirjen Yanrehsos
Jamin Tak Ada Pemboikotan Pelantikan Presiden
hal03(1551)nas 10/9/09 11:10 PM Page 5

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
burhanudin surya liked this
Sapto Purnomo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->