Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peraturan-peraturan Akuisisi Dan Merger

Peraturan-peraturan Akuisisi Dan Merger

Ratings: (0)|Views: 4,441|Likes:
Published by Scondel

More info:

Categories:Business/Law, Finance
Published by: Scondel on Oct 13, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/28/2013

pdf

text

original

 
 
PPEERRAATTUURRAANN--PPEERRAATTUURRAANN MMEERRGGEERR&&AAKKUUIISSIISSII
 
Oleh
KarimSyah
Law Firm 
Sudirman Square Office Tower B, lantai 11 Jl. Jend. Sudirman Kav. 45-46, Jakarta 12930, INDONESIAPhone: +62 21 577-1177 (Hunting), Fax: +62 21 577-1947, 577-1587E-mail : info@karimsyah.com
 
 
 PEDOMAN PENGGUNAAN PAPER
1.
 
Penggabungan, Peleburan dan Pengambilalihan adalah istilah lain dari ”Merger &Acquisition” (sering disingkat ”M&A”) atau ”Corporate Restructuring”.2.
 
Untuk menguasai masalah M&A, semua isi peraturan-peraturan yang disebut dalampaper ini harus dibaca dan dipahami secara seksama.3.
 
Keterangan singkat bercetak miring dibawah penyebutan peraturan tertentu tidak mencerminkan isi atau ringkasan dari peraturan tersebut, namun semata-mata penulisbuat sebagai penjelasan dari paparan penulis dalam mempresentasikan paper ini.4.
 
Dibeberapa tempat keterangan singkat bercetak miring dibuat sebagai keterangan daridua peraturan sekaligus, karena isi kedua peraturan tersebut mirip, hanya sajamengatur dua jenis bank yang berbeda, misal: SKDir BI untuk Bank Konvensional danSKDir BI untuk Bank Syariah, yang keduanya mengatur masalah M&A; atau SKDirBI untuk Bank Umum dan SKDir BI untuk Bank Perkreditan Rakyat, yang keduanyamengatur masalah M&A.5.
 
Paper dimulai dengan menyebutkan peraturan-peraturan dengan tingkat perundang-undangan yang tertinggi sampai dengan terendah (UU, kemudian PP, lalu SK KetuaBapepam dan SKDir BI, terakhir SEBI).6.
 
Paper dimulai dengan menyebutkan peraturan perundang-undangan yang bersifat
lexgeneralis
, diikuti dengan yang
lex specialis
(PT. Tbk dan Bank).7.
 
Peraturan-peraturan perundang-undangan dalam paper ini dapat berubah setiap saatdan penulis tidak berkewajiban untuk menyesuaikan paper ini dengan perubahanperaturan perundang-undangan tersebut.oooOooo1
 
 
PPEERRAATTUURRAANN--PPEERRAATTUURRAANN MMEERRGGEERR&&AAKKUUIISSIISSII
 
Umum: * Undang-undang No. 1/1995 tanggal 7 Maret 1995 tentangPerseroan Terbatas (berlaku tanggal 7 Maret 1996), khususnyaBab VII (pasal 102 – 109).
 
#
 M&A harus memperhatikan kepentingan PT, pemegang saham minoritas, karyawan, masyarakat dan persaingan sehat dalam melakukan usaha (ps.104).
#
Quorum ¾ voting ¾ (ps. 105 : 2), kecuali untuk PT.Tbk yang ada Benturan Kepentingan (ikutiPeraturan IX.E.1 Bapepam).
* Undang-undang No. 5/1999 tentang Larangan PraktekMonopoli Dan Persaingan Tidak Sehat tanggal 5 Maret 1999(berlaku tanggal 5 Maret 2000).
 
#
 M&A tidak boleh mengakibatkan monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat (ps. 28).
#
Komisi Pengawas Persaingan Usaha dapat membatalkan M&A yang mengakibatkan monopolidan atau persaingan usaha tidak sehat (ps. 47:2.e).# Pelanggaran terhadap ps. 28 juga diancam pidanadenda min. Rp. 25 milyar dan max. Rp. 100 milyar atau pidana kurungan pengganti denda max. 6 bulan(ps. 48:1).# Selain itu dapat dijatuhkan pidana tambahan berupa pencabutan izin usaha atau larangan untuk menjadidirektur atau komisaris min. 2 tahun dan max. 5tahun (ps. 49).# Pelaku usaha yang telah melakukan M&A (sebelumUU ini berlaku) yang melanggar UU ini diberiwaktu s/d tanggal 5 September 2000 untuk memperbaiki pelanggaran tersebut (ps. 52).
2

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
keziavalenni liked this
puri_yap liked this
Wahyu Setiawan liked this
Aden Budi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->