Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
27Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
EPaper Harian Seputar Indonesia 14 Oktober 2009

EPaper Harian Seputar Indonesia 14 Oktober 2009

Ratings: (0)|Views: 24,740|Likes:
Published by Seputar Indonesia
EPaper Harian Seputar Indonesia 14 Oktober 2009
EPaper Harian Seputar Indonesia 14 Oktober 2009

More info:

Published by: Seputar Indonesia on Oct 14, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/27/2013

pdf

text

original

 
NOBEL
Ekonomi 2009 diberikankepada Oliver Williamson dan Eli-nor Ostrom.Ostrom adalah perem-puan pertama penerima NobelEkonomi sejak penghargaan ber-gengsi ini diberikan kepada JanTinbergen dan Ragnar Frisch ta-hun 1969.Panitia seleksi mengumum-kan,kedua ahli tersebut mendapatpenghargaan untuk kontribusinyadalam bidang tata kelola ekonomi(
economic governance
) dan resolusikonflik (
conflict resolution
).Keduaahli ini bekerja secara terpisah.Williamson menggunakan pen-dekatan deduktif dengan bidangkajian lebih banyak pada organi-sasi perusahaan.Adapun Ostromlebih banyak menggunakan pen-dekatan induktif,dari kasus-kasusdisimpulkan menjadi teori,de-ngan bidang kajian organisasi so-sial yang terkait dengan pengelola-an sumber daya alam.Keduanya bekerja dengan ins-pirasi teoretis yang dikembangkanRonald Coase,pemenang NobelEkonomi 1991 yang berpandanganbahwa mekanisme pasar tidakselalu datang dengan solusi yangpaling efisien.Tidak jarang mekanisme pasarmelahirkan biaya transaksi (
tran-saction cost 
) yang besar sehinggapilihan untuk melakukan tran-saksi lebih efisien dilakukan me-lalui bentuk-bentuk organisasinonpasar.Williamson mengguncangkandunia akademis ketika menerbit-kan buku
 Markets and Hierarkhies
(1975).Melanjutkan pekerjaanCoase,Williamson menyebutkantiga dimensi transaksi yang akanmenentukan apakah solusi pasardengan mekanisme harga sebagaijangkarnya lebih efisien diban-dingkan solusi nonpasar yang di-dasarkan pada ketaatan,kebiasa-an,norma sosial atau yang lain.Menteri Sekretaris Negara HattaRajasa mengatakan,banyak pro-fesional mengajukan
curriculumvitae
(CV) mereka lewat Setneg.Pa-da saat yang sama Federasi SerikatPekerja (FSP) BUMN Bersatu me-rekomendasikan nama Ari H Soe-marno,Gita Wirjawan,EmirsyahSatar,Agus Martowardojo,danSofyan Djalil untuk menduduki posmenteri negara BUMN di KIB II.”Saya menerima CV cukup ba-nyak di sini,melalui pos,ujarHatta di Gedung Sekretariat Ne-gara Jakarta kemarin.Selain ka-langan profesional,ada juga se-jumlah anggota partai politik yangmemanfaatkan Kantor Setnegsebagai tempat mereka melamarmenjadi calon menteri.Semuasurat yang masuk tersebut lang-sung disampaikan kepada Pre-siden terpilih Susilo Bambang Yu-dhoyono (SBY).”Hanya Presidenyang bisa melihat dan menentukanini,”katanya.Hatta adalah salah satu orangkepercayaan yang akan menele-pon setiap calon menteri.
PADANG
(SI) — Masa tanggap da-rurat bencana gempa bumi di Su-matera Barat (Sumbar) kembali di-persingkat dari satu bulan hinggakemungkinan menjadi dua pekan.Dengan begitu,masa rekonstruksidan rehabilitasi pascagempa men-jadi lebih cepat.Pada hari pertama gempa bumimengguncang Sumbar,Rabu(30/9),pemerintah menetapkanmasa tanggap darurat selama duabulan.Namun pada pekan pertamadipersingkat menjadi sebulan.Kepala Humas dan Data BadanNasional Penanggulangan Ben-cana (BNPB) Priyadi Kardono me-ngatakan,hari ini atau tepat duapekan pascagempa bumi,peme-rintah akan kembali mengevaluasipelaksanaan tanggap darurat.Ber-dasarkan perkembangan terakhir,kemungkinan besar tanggap daru-rat hanya sampai dua pekan.Hal inididasarkan pada sejumlah per-timbangan yang memung-kinkan daerah ini masukmasa rekonstruksi danrehabilitasi.“Kalaupun diperpan-jang,paling tidak hanyasatu pekan lagi,jadi tiga pe-kan.Kemudian masuk masa re-konstruksi dan rehabilitasi,”ujarPriyadi di Padang kemarin.Dia menjelaskan,semua kri-teria yang menjadi syarat ber-akhirnya tanggap darurat sudahhampir terpenuhi.Sejumlah syaratitu antara lain ketersediaan ja-ringan listrik yang sudah mencapai80%.Jaringan telepon juga sudahnormal seperti biasa.Semua ope-rator telepon lokal maupun selulersudah tidak mengalami gangguan.Ketersediaan air bersih jugamulai terpenuhi walau ma-sih banyak warga yangharus mendapatkan airdari sumbangan lembaganonpemerintah.Kekurang-an air terutama di daerah pe-sisir disebabkan belum sempurna-nya jaringan air Perusahaan Dae-rah Air Minum Padang.Adapunketersediaan logistik juga dinilaimencukupi.Aktivitas pendidikanjuga sudah berjalan sejak pekankedua setelah gempa walau ba-nyak siswa harus belajar di tenda-tenda darurat.Selain itu,perekonomian KotaPadang dan sejumlah daerah yangterkena dampak gempa juga mulainormal.Pantauan di sejumlah pa-sar di Kota Padang udah berjalanseperti biasa.Bahkan Pasar PusatPadang sejak pekan lalu sudahmulai beroperasi meskipun ke-banyakan berdagang di sekitarpuing-puing reruntuhan gedung.Aktivitas pemerintahan sudahmendekati normal.“Satu permasalahan yang be-lum sepenuhnya teratasi adalah ke-kurangan tenda bagi warga.Ini jugasegera kita salurkan,”ujar Priyadi.Sejumlah warga di KabupatenPadang Pariaman,Kota Pariaman,dan Kabupaten Agam hingga me-masuki pekan kedua memangmasih kekurangan tenda.Ke-butuhan tenda ini terutama bagiwarga yang berada di kawasan pe-gunungan yang rumahnya ter-timbun tanah longsor saat gempabumi.Khusus di Kota Padang,sejakakhir pekan lalu,korban gempabumi mulai berbenah denganmembangun rumah darurat darisisa reruntuhan bangunan lama.Warga memilih lebih cepat mem-perbaiki rumah sebelum men-dapat bantuan agar tidak terlalulama tinggal di tenda yang di-bangun di depan rumah.”Kalau ada percepatan tang-gap darurat kehidupan bisa lebihcepat normal,”ujar Priyadi.
      C     M     Y     K      C     M     Y     K      C     M     Y     K      C     M     Y     K
SUMBER REFERENSI TERPERCAYA
29
HADIR dengan konsep familyresto bergaya Italia,Kafe Pisa inginmemberikenyamananbagi siapa pun yangdatang.Uniknya,di sini adalhopizaukuran raksasa.
Laga Pertaruhan Tim Tango
PERJALANANArgentinadi Kualifikasi Piala Dunia2010 Zona AmerikaSelatan (Afsel) mencapai titikkulminasi Kamis (15/10) pagiWIB. Duel kontra Uruguay akanmenjadi penentuan.
MENTERI Sekretaris Negara(Mensesneg) Hatta Rajasameminta DPR mengusuthilangnya ayat 2 dalam Pasal113 Undang-Undang (UU)Kesehatan.
Mensesneg UsutHilangnya Ayat UUhal. 4
PEMERINTAHsecara resmimengambil alih seluruhaktivitas bisnis TNI. Peng-alihan tersebut berdasarkanperaturan presiden (perpres)yang diamanatkan dalam UUNo 34/2004 tentang TNI.
Pemerintah AmbilAlih Bisnis TNIhal. 5
KOREASelatan (Korsel) ke-marin menuduh Korea Utara(Korut) melanggar ResolusiDK PBB setelah Pyongyangkembali menggelar uji cobarudal jarak dekat pada Senin(12/10).
Korut LanggarResolusi PBBhal. 9
MENJELANGpenyaringancalon menteri Kabinet Indo-nesia Bersatu (KIB) Kedua,Kantor Sekretariat Negarakebanjiran surat lamaran.
Setneg Kebanjiran CVCalon Menterihal. 3
PEMERINTAH mencaripejabat baru yang akanduduk sebagai Ketua KomisiPemberantasan Korupsi(KPK) definitif, meng-gantikan Antasari Azharyang telah menjaditerdakwa kasuspembunuhan.
Pemerintah BentukPansel KPKhal. 8
Guru Besar FEUKSW, Salatiga;AlumnusTinbergenInstitute,Belanda.
PROFHENDRAWANSUPRATIKNOPH.D*
Cita Rasa Italia di Kafe Pisa
RABU 14 OKTOBER 2009
”Kita semua mempunyai mesin waktu. Sebagian membawa kitake masa lalu yang disebut memori. Sebagian lain membawa kitamenuju masa depan yang dinamakan mimpi.”
Jeremy Irons, aktor Inggris
NO. 1555/TAHUN KE 5
Saldo 12 Oktober 2009 Rp 100.719.566
208Dimas Putra GautamRp 50.000209Astrid BGR Riyanti HidayatRp 100.000210Ady SadraRp 30.000211Tedy Herianto TjunRp 200.000
QUOTE OF THE DAY
Harian Seputar Indonesia mengetuk hati pembaca untuk meringankanbeban penderitaan korban gempa di Sumatera Barat. Bantuan sangatberarti karena saat ini para korban sangat memerlukan pertolongan darikita semua. Bantuan dapat disalurkan melalui:
BCA Cabang Wahid Hasyim Jakarta PusatRek 4783011487 atas nama SINDO Peduli qqPT. Media Nusantara Informasi (MNI)Bank Rakyat Indonesia (BRI)Rek 0206-01-003242-30-6 atas nama Seputar Indonesia Peduli
MENGETUK HATI PEMBACA
13 OKTOBER 2009
NobeluntukWilliamsondan Ostrom
ANALISIS
 JAKARTA
(SI) – Menjelang penyaringan calonmenteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II,pihakSekretariat Negara (Setneg) mengaku kebanjiransurat lamaran.
Tanggap Darurat Kembali Dipersingkat
bersambung ke hal 11
Menteri Luar Negeri Jepang Katsuya Okada (kiri) bersama Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda saat memberikan keterangan pers di Gedung Deplu,Jakarta, kemarin. Selain ke Jakarta, Okada juga akan mengunjungi korban gempa di Sumatera Barat.
Berita di halaman 11
TINGKATKANKERJA SAMA 
Hal. 21
bersambung ke hal 11bersambung ke hal 11bersambung ke hal 11
   S   I   /   H   A   S   I   H   O   L   A   N   S   I   A   H   A   A   N
Megawati Isyaratkan PDIP Tetap Oposisi
Setneg Kebanjiran CV Menteri
   S   I   /   M   A   S   Y   H   U   D   I
Hal01-11-14-oktober 10/13/09 11:38 PM Page 1
 
JAKARTA (SI) – Penolakan ter-hadap pemilihan Wakil KetuaMPR Ahmad Farhan Hamidyang pernah digencarkan se- jumlah anggota DPD sudahtidak terdengar. Dalam rapatparipurna MPR yang diikutisemua fraksi dan kelompokDPD tersebut, tak satu punanggota DPD yang menying-gung pemilihan Farhan yangsempat menuai kontroversi.Menurut Wakil Ketua MPRHajriyanto Y Thohari, semuafraksi dan kelompok DPDtelah menyampaikan pan-dangan, catatan, dan sarankepada pimpinan MPR.“Dalam pandangan yang di-sampaikan kelompok DPD, ti-dak ada satu kalimat pun yangmempersoalkan keberadaanFarhan Hamid pada rapat hariini (kemarin),” kata Hajriyantokemarin. (helmi firdaus)
Menteri Negara Riset dan Tekno-logi (Menristek) Kusmayanto Kadi-man akan terus bekerja sampai de-tik terakhir sebagai pembantu pre-siden.Menteri Hukum dan HAM(Menkumham) Andi Mattalattamengaku akan kembali mengurusPartai Golkar jika tidak terpilih se-bagai menteri pada KIB Kedua.Menteri Perindustrian FahmiIdris lebih awal mengemas barang-barangnya dari kantor tempatnyabekerja.Bahkan,menteri asal Par-tai Golkar ini sudah memasang fo-tonya di deretan foto mantan Men-teri Perindustrian Andung Niti-miharja.“Kan Anda sudah tahusendiri maksudnya,”kata Fahmibeberapa waktu lalu kepada war-tawan di Jakarta.Di tempat terpisah,Andi Mat-talatta mengatakan,akan kembalimengurusi Partai Golkar karenadia tak punya pekerjaan lain diluar dunia politik.“Kalau tidak dikabinet,
ya
kembali mengurusipartai,saya tidak ada pekerjaanlain,”kata Andi kepada SI di Jakar-ta kemarin.Meskipun namanya termasuksalah satu yang direkomen-dasi-kan Golkar masuk kabinet men-datang,Andi tak mau berspeku-lasi.Menurut dia,penentuan ka-binet merupakan hak prerogatifpresiden terpilih.“Saya tidak maumendahului.Semuanya tergan-tung Pak SBY sebagai presidenterpilih,”tambahnya.Ditanya mengenai tugas-tugasyang harus dilanjutkan penerusnyakelak jika dirinya tak lagi menjabatMenkumham,mantan Ketua FraksiPartai Golkar ini tak meninggalkanpesan khusus.Alasannya,PresidenSBY sudah punya program yang su-dah dipersiapkan untuk lima tahunke depan.“Saya tidak mau meng-gurui yang akan menggantikan sa-ya kelak (kalau tidak terpilih).Ten-tunya,presiden sudah mempunyaiprogram yang akan dijalankan paramenterinya,kata pria kelahiranBone,30 September 1952 ini.Dia menambahkan,kontrakpolitik dengan Presiden SBY ha-nya sampai pada pemerintahanberakhir.
 Nah
,setelah masa jabat-an habis,maka tugas-tugasnya se-lesai.Karena itulah,Andi tak me-ninggalkan pekerjaan apapun ba-gi penerusnya kelak.“Bukan sayayang menentukan.Tugas saya sele-sai hingga 20 Oktober.Selanjutnyaterserah presiden,”pungkasnya.Sementara Kusmayanto Kadi-man yang juga mantan Rektor Ins-titut Teknologi Bandung (ITB) ma-sih disibukkan dengan pekerjaan-nya.Kusmayanto saat ini masihberada di Aceh terkait uji coba alatdeteksi tsunami.“Saya sedang diAceh untuk acara IO-Wave 2009,”kata Kusmayanto kepada HarianSeputar Indonesia (SI) kemarin.Di akhir masa jabatannya,Men-ristek mengaku biasa saja.Dia me-ngatakan,perasaannya saat ini seru-pa dengan awal ketika dilantik jadiMenristek.“Dinikmati sebagai ber-kah dan ujian.Pindah dari RektorITB ke Menteri Ristek saya syukurisebagai rahmat Allah.Insya Allahtidak buat saya lupa diri,”tuturnya.Kusmayanto mengatakan,diri-nya akan legawa jika tidak lagi men-jabat.Bila tugasnya sebagai Men-ristek berakhir,dia juga menikma-tinya sebagai berkah.“Hidup inimenarik jika setiap perubahanyang terjadi kita nikmati sebagaiwujud syukur pada Ilahi,”ujarnya.Menurut Kusmayanto,dirinyabersama-sama stafnya juga telahmenyusun laporan pelaksanaantugas 2004–2009.Selain itu,dirinyasudah menyiapkan memo akhirjabatan dan (usulan) program 100hari Menristek.“LPT sudah secararesmi saya kirimkan ke presidenvia Sekneg,”ungkapnya.Mengenai kemas-kemasbarang-barang pribadi,baik dikediaman maupun di kantor,diabelum melakukannya karena ma-sih fokus bekerja.Dirinya menilai,kemas-kemas tidak membutu-h-kan waktu lama walau terhitungdari detik akhir masa jabatan.“Menurut perkiraan,saya beres-beres dan pindah akan butuh wak-tu dua hari karena barang-barangpribadi mayoritas buku dan pa-kaian yang mudah dikemas.InsyaAllah,”jelasnya.Saat ditanya mengenai isu per-gantian menteri,termasuk tokohparpol yang mengincar jabatanMenristek dan sebagainya,Kusma-yanto menolak berkomentar.“Sayatidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut,”ujarnya.Kepala Bagian Humas Keme-neg Ristek Wawan Bayu yang se-dang mendampingi Kusmayantodi Aceh mengungkapkan,sampaisaat ini atasannya itu masih disi-bukkan dengan banyak pekerja-an.Menristek,kata dia,memilihtetap bekerja sampai detik akhirjabatannya.“Jadi,kalau menterilain ada yang berkemas-kemas,pak menteri (Menristek) masihterus bekerja sampai dinyatakantidak lagi menjabat,”jelasnya.Mengenai laporan akhir tugas,Wawan mengatakan,hal itu sedangdisusun.Sebab,jika seorang mente-ri atau pejabat akan habis masabaktinya hal itu harus ada.Terlepasnanti yang bersangkutan terpilihlagi menjadi menteri atau tidak.Di kantor Departemen Sosial(Depsos) kemarin,tampak aktivi-tas pegawai berjalan normal.Parapegawai yang ditemui SI tidak ter-lalu risau dengan isu pergantianmenteri sebagai atasan mereka.Sementara itu,mobil dinas berplatRI 32 milik Mensos Bachtiar Cham-syah tidak tampak di tempat biasa-nya terparkir.Rupanya sang men-teri tidak berada di tempat.Staf Ahli Mensos bidang Dam-pak Sosial Gunawan Sumodining-rat yang ditemui SI mengatakan,Mensos sedang ada urusan ke Chi-na.Saat ditanya mengenai isu per-gantian menteri,mantan DirjenPemberdayaan Sosial ini menolakberkomentar.Selama ini dia hanyamendengar bahwa pos Mensos jadirebutan partai seperti PKS,PPP,PKB,dan sebagainya.Saat ditanya apa harapan un-tuk Mensos ke depan,Gunawanmengaku punya banyak harapan.Dia berharap Mensos mendatangbisa melanjutkan program pem-berdayaan masyarakat.
(dian widiyanarko/ahmad baidowi)
      C     M     Y     K      C     M     Y     K      C     M     Y     K      C     M     Y     K
KILAS
NASIONAL
2
RABU 14 OKTOBER 2009SEPUTAR INDONESIA
 JAKARTA
(SI) – Masa kerja anggota Kabinet IndonesiaBersatu (KIB) tinggal menghitung hari.Di akhir masatugas mereka,sejumlah menteri pun mulai berkemas-kemas dan menyiapkan langkah setelah pensiun nanti.
 JAKARTA
(SI) – Presiden SusiloBambang Yudhoyono (SBY) telahmenandatangani keppres peng-angkatan anggota BPK yang barutanggal 11 Oktober lalu.Keppresyang diterbitkan bernomor 79/PTahun 2009Mensesneg Hatta Rajasa me-ngatakan,secara administratif,pre-siden harus menandatangani ke-putusan terkait anggota BPK yangtelah diusulkan dan telah ditetap-kan DPR-RI.Hatta menjelaskan,presiden memiliki waktu selambat-lambatnya 30 hari untuk menanda-tangani keppres tersebut,setelahmenerima surat dari DPR.“Setelah ditandatanganinya kep-pres ini maka melalui surat dari BPK,Ketua BPK harus meminta kepadapresiden untuk memberhentikananggota BPK yang telah habis masajabatannya,”ujar Hatta di GedungSekretariat Kabinet,Jakarta.Tujuh Anggota BPK yang baruditetapkan oleh DPR adalah Tau-fiequrrahman Ruki,Ali MasykurMusa,Hasan Bisri,Hadi Purnomo,Rizal Djalil,Moermahadi SoerejaDjanegera,dan Muhammad Nurlif.Sedangkan anggota BPK yangakan memasuki masa pensiun ada-lah Anwar Nasution,BaharuddinAritonang,Imran,dan I GustiAgung Rai.“Tanggal 19 Oktober itu
kan
akan jatuh tempo (akhir masajabatan BPK),maka selanjutnyasesuai mekanisme akan dilakukanpengambilan sumpah untuk anggo-ta BPK yang baru,”tambahnya.Seperti diketahui,pemilihananggota BPK oleh Komisi XI DPR pe-riode sebelumnya sempat berma-salah.Awalnya,Komisi XI DPR me-netapkan tujuh nama calon pimpin-an BPK yakni,Hasan Bisri,Hadi Pur-nomo,Gunawan Sidauruk,Rizal Ja-lil,Murmahadi,Taufiqurahman Ru-ki,dan Dharma Bhakti.Namun,ra-pat paripurna DPR menolak dua na-ma yang diusulkan Komisi XI dari in-ternal BPK yakni Gunawan Sidahu-ruk dan Dharma Bhakti karena dini-lai tidak memenuhi UU tentang BPK.Selanjutnya,DPR menggantikeduanya dengan TM Nurlif danAlimasykur Musa,dua anggotaDPR yang dalam seleksi anggotaBPK mempunyai ranking 8 dan 9.
(rarasati syarief)
Keppres Anggota BPKDitandatangani
Sayap PPP Desak Muktamar 2011
 JAKARTA
(SI) – Desakan perce-patan Muktamar Partai PersatuanPembangunan (PPP) mulai mele-bar.Setelah sejumlah DPW,kini gi-liran organisasi sayap PPP sepakatdengan wacana tersebut.Plt Ketua Umum DPP GerakanPemuda Kakbah Syahrial Agamasmengatakan,desakan percepatanmuktamar memang digaungkansejumlah DPW dan DPC.Untukitu,pihaknya siap menggalang du-kungan dari berbagai DPC danDPW PPP untuk mendesak musya-warah kerja nasional (mukernas).Selanjutnya,dalam mukernas di-bahas mengenai kemungkinanpercepatan muktamar.“Memang agenda muktamarmasih 2012.Tetapi,kenapa harusmenunggu lama kalau bisa diper-cepat.Partai sebesar Golkar sajabisa,kenapa PPP tidak,”kataSyahrial dalam keterangan pers-nya di Jakarta kemarin.Menurut dia,prestasi PPP dibawah kendali Suryadharma Alimerosot tajam.Perolehan kursi diDPR mengalami penurunan dari58 menjadi 38 kursi.Pihaknya ber-harap,awal 2010 muktamar sudahbisa digelar.“Saya sendiri siap me-nanggung dananya.Baik untukmukernas maupun muktamaryang dipercepat,”tantangnya.Seperti diberitakan,gagasanpercepatan muktamar pernah di-lontarkan sendiri oleh KetuaUmum DPP PPP Suryadharma Ali.Surydaharma beralasan,percepat-an muktamar untuk memberikankesempatan bagi pengurus barumempersiapkan diri menghadapipemilu 2014.Sebab,kepengurusandi bawah kendali hanya punya wak-tu dua tahun mempersiapkan par-tai menghadapi pemilu.Sedang-kan parpol lain punya waktu lebihdari tiga tahun untuk persiapan.Ketua Umum DPP AngkatanMuda Kakbah Syafrudin Anhar ju-ga sependapat jika muktamar di-percepat.Hanya,pihaknya berha-rap percepatan muktamar untukkonsolidasi PPP.“Kalau tujuannyahanya untuk menyingkirkanorang-orang tertentu,saya pikir ti-dak ada gunanya.Bahkan,bisa jadikondisi partai lebih buruk,”kataSyafrudin kepada Harian SeputarIndonesia kemarin.Mengenai teknis percepatanmuktamar,menurut dia,bergan-tung pada mukernas.
 Nah
,dalammukernas tersebut bisa dibahasmengenai usulan percepatan muk-tamar.Dia menegaskan,perce-patan muktamar biasanya diusul-kan pengurus DPP.“Jika percepat-an muktamar atas desakan DPCdan DPW,namanya muktamar luarbiasa,”pungkasnya.Sementara,Sekjen DPP AMKJoko Purwanto menegaskan,per-cepatan muktamar harus dilihatdalam kerangka konsolidasi.Me-nurut dia,percepatan muktamaruntuk memberikan waktu yangcukup dalam persiapan mengha-dapi pemilu.Joko menilai,kemero-sotan PPP pada Pemilu 2009 lebihpada terbatasnya waktu persiap-an.“Siapa pun pemimpinnya,ka-lau waktunya hanya dua tahun un-tuk menghadapi pemilu,pasti sulitmemaksimalkan konsolidasi.Ka-rena itu,idealnya jangka waktu da-ri muktamar ke pemilu minimalempat tahun,”kata Joko kepada SIkemarin.Pihaknya berharap,percepat-an muktamar dilakukan secarakonstitusional,yakni dibahas me-lalui mukernas.Selain itu,lanjutdia,semangat percepatan mukta-mar adalah murni perbaikan kon-solidasi bukan untuk menyingkir-kan orang.Sebelumnya,DPW PPP JawaBarat juga mendesak kepada pe-ngurus DPP agar segera meng-gelar muktamar untuk pemilihanKetua Umum DPP PPP yang baru.DPW Jabar juga mengklaim akanmenggalang dukungan kepadaDPW lainnya agar muktamar di-percepat.
(ahmad baidowi)
Pilkada Tetap GunakanMekanisme Coblos
RAKORNAS:
Mendagri Mardiyanto, Ketua KPU Abdul HafizAnshary (kiri), dan Ketua Bawaslu Nur Hidayat Sardini (kanan)seusai rapat koordinasi terkait Pilkada 2010 di Jakarta, kemarin.
 JAKARTA
(SI) – Komisi PemilihanUmum (KPU) menyatakan,meka-nisme pemungutan suara denganmencontreng atau centang tidakbisa diterapkan dalam pelaksana-an pemilu kepala daerah (pilkada).Ketua KPU Abdul Hafiz An-shary menyatakan,pemberian sua-ra dengan mencontreng belum da-pat diberlakukan karena undang-undang yang mengatur tentangpilkada,yaitu UU 32 Tahun 2004tentang Pemerintah Daerah hanyamengatur pemberian suara denganmencoblos.Padahal,sampai seka-rang belum ada perubahan tentangpengaturan tersebut.”Penandaan pada surat suaratidak bisa diubah,kecuali ada revi-si undang-undang atau peraturanpemerintah pengganti undang-undang (perppu),tegas Hafiz se-usai mengikuti pembukaan rapatkoordinasi nasional (rakornas) da-lam rangka memantapkan koordi-nasi menjelang pilkada 2009 diJakarta kemarin.Karena itu,KPU,lanjut dia,ti-dak akan mengakomodasi per-ubahan penetapan cara penanda-an pada surat suara tersebut sela-ma belum ada perubahan kete-tapan dalam undang-undang.De-ngan demikian,tandas Hafiz,me-kanisme pemungutan suara dalampilkada akan tetap menggunakanpencoblosan.Sebelumnya,diusulkan agarcara penandaan surat suara padapilkada disamakan dengan PemiluLegislatif dan Pemilu Presiden2009,yakni dengan memberikantanda contreng (V) maupun tandalainnya yang diatur dalam peratur-an KPU.Alasannya,agar ada kese-ragaman tata cara penandaan da-lam pemilu dan tidak membi-ngungkan pemilih.Awalnya,KPU mengusulkan agarada peraturan setingkat undang-undang sebagai payung hukum agartanda contreng dapat digunakan da-lam pilkada.”Kita inginnya dise-suaikan (cara penandaan) tapi harusmengubah undang-undang dulu.Ka-rena peraturan KPU tidak boleh me-langgar undang-undang,”jelas Hafiz.Sementara itu,Menteri DalamNegeri (Mendagri) Mardiyantomenegaskan,wacana penerbitanperppu untuk penyelenggaraanpilkada masih terlalu dini untukdibahas.Menurut dia,perppu inidikeluarkan jika ada kejadianyang mendesak dan harus segeradiatasi.”Perppu masih terlalu pa-gi.Itu (perppu) merupakan pa-mungkas,kalau betul-betul men-desak,”tegasnya.
(ant)
LUKISAN TOKOH:
Tampak seorang pengunjung memperhatikan lukisan tokoh dan pejabat negara di kawasan Pasar Baru, JakartaPusat, kemarin.
Sejumlah Menteri KIBMulai Berkemas
   S   I   /   Y   U   D   I   S   T   I   R   O    P   R   A   N   O   T   O   S   I   /   A   S   T   R   A   B   O   N   A   R   D   O
Paripurna MPRTak SinggungFarhan Hamid
JAKARTA (SI) – Simpati terha-dap korban gempa bumi diSumatera Barat masih terusmengalir. Kali ini Partai Ke-bangkitan Bangsa (PKB) yangmengambil inisiatif untukterus menggalakkan ban-tuan bagi para korban gem-pa yang sampai saat ini dinilaimasih membutuhkan bantu-an dana. Untuk itu, DPP PKBmenyampaikan perintahresmi kepada DPW-DPWuntuk menggalang dana.“Bantuan uang dapatditransfer ke Rek BCA terse-but dan hingga hari ini, DPPPKB masih menerima ban-tuan yang rencananya akandisalurkan melalui DPW PKBSumatera Barat.” Kata Ke-pala Sekretariat PKB Darusa-lam di Kantor DPP PKB, Ja-karta, kemarin. (dianwidiyanarko)
DPW PKBDiminta BantuKorban Gempa
JAKARTA (SI) – NahdlatulUlama (NU) masih dinilaimemiliki peran penting da-lam gerakan antiterorisme.Hal ini dibuktikan dengandipercayanya NU untukmenyelenggarakan seminarantiterorisme, baik secaranasional maupun, duniainternasional.Ketua Umum PBNU KHHasyim Muzadi mengata-kan, NU dipercaya menjadiwakil dalam pertemuan atauseminar antiterorisme diCanberra, Australia. “Nanti,28 Oktober, NU akan wakiliuntuk kawasan Asia Pasifik,”kata Hasyim, di GedungPBNU, Jakarta, kemarin.Hasyim mengatakan, selaindi luar negeri, NU dipercayamengadakan seminar di dalamnegeri dengan sponsor dariJerman. NU akan mendatang-kan para pengurus NU dantokoh antiteror dalam per-temuan itu. (dian widiyanarko)
NU Wakil AsiaPasifik di AcaraAntiterorisme
JAKARTA (SI) – Koalisi politisiperempuan di parlemenmendesak agar peranmereka diperbesar. Politisiperempuan dinilai memilikikelebihan yang tidakdipunyai politisi laki-laki.Hal itu muncul dalam dis-kusi “Peran Politisi Perempuandi Parlemen” di DPR kemarin.Lily Wahid, anggota FPKB DPR,mengatakan, peran perempu-an di parlemen sudah waktu-nya diperbesar karena telahmenunjukkan kemampuan-nya. Perlunya peran politisi pe-rempuan di parlemen diper-besar agar DPR memiliki sensi-tivitas yang lebih baik. SelainLily, hadir pula Ingrid Kansil,anggota DPR dari FPD.Pentingnya peran perem-puan di parlemen karena pe-rempuan lebih bertanggung jawab dalam melaksanakantugas, terutama yang berkait-an dengan akuntabilitas ang-garan. (helmi firdaus)
PerempuanParlemen PerluDiperkuat
hal02(1555)nas 10/13/09 11:24 PM Page 2
 
Rapat konsultasi berlangsung diRuang Pansus B,Gedung DPR,ke-marin.Rapat yang dihadiri seluruhpimpinan DPR dan fraksi itu ber-langsung tertutup dan dimulai pu-kul 10.00 WIB.Rapat itu dibagi da-lam dua tahap.Rapat tahap per-tama,pimpinan DPR dan fraksimembahas jumlah komisi dan ba-dan.Pada tahap kedua,baru dimu-lai penentuan jatah ketua komisi.“Kami pada dasarnya mema-hami bahwa pansus sudah bekerjakeras,pansus sudah mempertim-bangkan banyak hal.Intinya,efek-tivitas kerja komisi dengan mitra-nya agar antara komisi dan ekse-kutif itu terjadi suasana yang betul-betul intens dan substansial.Na-mun.kami melihat penambahankomisi ini banyak yang perlu kitapertimbangkan.Harus disiapkanruangan,orang,dan tambahananggaran,maka kami sepakat kitatetap mempergunakan 11 komisikarena kita berkomitmen harussegera bekerja,”kata Ketua DPRMarzuki Alie soal rekomendasiPansus Tata Tertib DPR yang meng-usulkan agar DPR menambahjumlah komisi menjadi 15 komisi.Sementara,pada rapat tahapkedua terjadi tarik ulur.Sebab,se-mua fraksi mengincar komisi-ko-misi strategis.Dengan disepakati-nya 11 komisi,otomatis ada 11 ke-tua komisi dan 48 wakil ketua ko-misi yang diperebutkan.Menurut Sekjen Fraksi PPP MRomahurmuzy,lobi memang ber-langsung cukup alot.PPP,PKB,Partai Gerindra,dan Partai Hanuramenginginkan agar mekanismepenentuan ketua komisi dilakukansesuai urutan hasil pemilu legis-latif (pileg) lalu.“Jadi,setiapfraksi,diberi kesempatan masing-masing untuk memilih satu ketuakomisi sesuai urut.
Toh
kami semuasama-sama mendapatkan jatah 1ketua komisi.Namun,usulan initidak disepakati,”katanya.Setelah lobi alot,akhirnya me-kanisme penentuan ketua komisiditentukan secara proporsionalberdasarkan hasil pemilu legislatifdi mana partai pemenang diberi ke-sempatan untuk memilih pertama.Fraksi Partai Demokrat yang men-dapatkan kesempatan pertama,memilih untuk menjadi Ketua Ko-misi III.Komisi yang menanganibidang hukum ini tampaknya men-jadi incaran fraksi-fraksi besar.Selain FPD,FPDIP dan Fraksi Par-tai Golkar juga mengincar komisiini.“Kami sebenarnya ingin men-jadi ketua komisi ini.Karena,kamipunya pengalaman.Namun,bagai-mana lagi,Demokrat sebagai pe-menang pemilu mendapatkan ke-sempatan pertama,dan merekamemilih komisi ini,kata KetuaFPDIP Tjahjo Kumolo.Pada pe-riode sebelumnya wakil FPDIPmenjadi Ketua Komisi III yangdijabat Trimedya Panjaitan.Pada putaran pertama ini,Demokrat memilih komisi III,FPGmemilih ketua panitia anggaran(panggar),dan FPDIP memilihketua komisi X (kependudukan,kesehatan,tenaga kerja dantransmigrasi).Komisi hukum danpanggar boleh jadi alat keleng-kapan DPR yang paling strategisuntuk saat ini.Di komisi hukum,seleksi pimpinan Komisi Pembe-rantasan Korupsi (KPK).Semen-tara panggar bersama-sama peme-rintah akan membahas soal APBN.Ketertarikan FPG terhadapKomisi III juga disampaikan WakilKetua DPR Priyo Budi Santosoyang untuk sementara masih men-jadi Ketua FPG.“Setidaknya,De-mokrat,PDIP,dan Golkar meng-incar posisi yang sama.Memangkomisi III,semua ingin ke sana.Se-perti diperebutkan fraksi gajah.Tapi,itulah enaknya Demokrat,mereka memilih
duluan
sebagaipemenang pemilu.Itu memangsebuah kehormatan,”katanya.Anggota FPD Jhonny AllenMarbun yang mengikuti rapat kon-sultasi itu menyatakan,tidak adainstruksi khusus dari Dewan Pem-bina Demokrat Susilo BambangYudhoyono (SBY) agar FPD meng-amankan komisi-komisi tertentu.Termasuk agar FPD mengincarposisi ketua panggar.Dalam pe-nentuan ketua komisi ini,De-mokrat bersifat fleksibel dan tidakmemaksakan diri meskipun men-jadi partai pemenang.Tidak jauhberbeda dengan apa yang merekalakukan pada penentuan ketuakomisi pada DPR periode lalu.“Tidak ada itu.Tidak ada perintahseperti itu.Semua komisi bagi kamipenting dan strategis.Tidak adakomisi yang tidak berkaitan de-ngan stabilitas pemerintahan,ter-utama di sisi politik,hukum,danekonomi.Semuanya berdampak,karena semuanya strategis,”kataJhonny yang juga Ketua DPP Par-tai Demokrat ini.Setelah penentuan komisi be-serta pimpinannya ini selesai,DPR sudah bisa bekerja.Pasalnya,penentuan anggota komisi akandiserahkan ke internal masing-masing fraksi.DPR hanya tinggalmenunggu formasi kabinet yangakan ditentukan Presiden terpilihSBY.Formasi itu akan menentu-kan mitra kerja masing-masingkomisi.
(helmi firdaus)
NASIONAL
3
RABU 14 OKTOBER 2009SEPUTAR INDONESIA
      C     M     Y     K      C     M     Y     K      C     M     Y     K      C     M     Y     K
KILAS
DPR Sepakati 11 Komisi dan 5 Badan
Komisi Bidang Hukum Jadi Incaran Partai Politik
 JAKARTA
(SI) – Biaya pelantikanpresiden dan wakil presiden hanyadianggarkan MPR sebesarRp341.192.000.Anggaran pelanti-kan presiden dan wakil presidenitu sudah ditetapkan dalam rapatparipurna MPR kemarin.Iya,dianggarkan di MPR.Daam rapatkami tadi,diputuskan anggaranpelantikan sekitar 300 juta,hanyauntuk konsumsi dan tak adapenginapan,”kata Ketua FraksiPDIP di MPR Panda Nababan diGedung DPR kemarin.Anggaran itu akan dipakai da-lam dua kali rapat paripurna ter-kait pelantikan Presiden dan WakilPresiden.Kedua paripurna dijad-walkan berlangsung pada 19–20Oktober 2009.Awalnya,anggaran pelantikanpresiden dan wapres ini masukdalam anggaran Komisi PemilihanUmum (KPU).Oleh KPU,anggaranpelantikan ini dialokasikan se-besar Rp1,2 miliar.Namun,ang-garan itu dialihkan dalam anggaranMPR dan oleh MPR biaya pelanti-kan dipangkas sekitar Rp900 juta.Selain angkanya jauh di bawah ang-garan sebelumnya,Panda mem-benarkan bahwa tidak lagi meng-gunakan pos anggaran di KPU.Wakil Ketua MPR LukmanHakim Saefuddin mengatakan,biaya pelantikan presiden dan wa-pres tidak dibenarkan mengguna-kan anggaran dari KPU sepeserpun.Pelantikan itu menjadi wewe-nang MPR dan bukan KPU.“Pe-lantikan presiden dan wakil pre-siden itu merupakan acaranya MPR,bukan acara KPU,”ujar Lukman.Lukman tidak menampik bah-wa pelantikan presiden dan wakilpresiden masih menjadi rangkaiandari pemilu presiden.Dasar darilogika itu,lanjut Lukman,adalahkewenangan MPR berdasarkankonstitusi.Dengan dasar konsti-tusi bahwa pelantikan presidenmerupakan salah satu kewenang-an MPR,maka menurutnya KPUtak punya kewenangan sama sekaliterkait pelantikan ini.Anggaran Rp1,2 miliar yang se-mula dialokasikan KPU untukpelantikan presiden dan wakilpresiden,ujar Lukman,tidak perludigunakan sama sekali.Selain itu,rapat pimpinan MPR juga me-mutuskan membentuk panitia
ad hoc 
yang bertugas melakukan pe-nyempurnaan Tatib MPR terkaitdengan UU Nomor 27 Tahun 2009tentang MPR,DPR,DPD,danDPRD.Panitia
ad hoc 
MPR iniberanggotakan 35 orang.
(helmi firdaus)
Biaya Pelantikan Presiden Rp300 Juta
 JAKARTA (SI) –
Forum Komu-nikasi DPD II Partai Golkar se-Indonesia mengupayakan rekon-siliasi seluruh kekuatan pasca-Musyawarah Nasional (Munas)VIII.Menurut Ketua Forum Komu-nikasi DPD II Partai Golkar A Mun-tasir Hamid,upaya rekonsiliasi ter-sebut untuk menyatukan seluruhpotensi di Golkar yang sempat ter-pecah saat munas.“TerpilihnyaAburizal Bakrie (Ical) dalam mu-nas merupakan kemenangan Gol-kar.Jadi ke depan,perbedaan pen-dapat yang memanas dalam munasharus dikubur dalam-dalam,”kataMuntasir kepada Harian SeputarIndonesia kemarin.Sebagai wujud kebersamaan,Forum DPD II akan melibatkan se-luruh elemen Golkar dari pusathingga daerah.Bahkan,kata dia,DPD II pendukung Surya Paloh jugaakan dilibatkan dalam kegiatantersebut.Tak hanya itu,Forum DPDakan menghadirkan mantan KetuaUmum DPP Jusuf Kalla,parakandidat yakni Surya Paloh,YuddyChrisnandi,dan Hutomo MandalaPutra.“Tentunya Bang AburizalBakrie,Akbar Tandjung,dan AgungLaksono serta jajaran DPP sangatmendukung kegiatan ini,”terangKetua DPD II Banda Aceh ini.Sebagai wujud syukur atas suk-sesnya Munas VIII,rencananya Fo-rum DPD II akan memberikan san-tunan kepada 1000 anak yatimpiatu,memberikan bantuan pen-didikan kepada karyawan maupunkeluarga karyawan Golkar,sertabantuan pendidikan bagi putra/putri pengurus ataupun kader Gol-kar.Muntasir berharap,rekon-siliasi secara terbuka tersebut da-pat kembali mempersatukan ka-der Golkar.Sehingga,kekuatanGolkar menghadapi Pemilu 2014semakin kokoh.Sekretaris Forum DPD II Sam-sul Hidayat menambahkan,mo-mentum rekonsiliasi tersebut sa-ngat tepat mengingat Golkar barusaja selesai melakukan suksesi ke-pemimpinan.Menurut dia,per-bedaan pendapat yang terjadi da-lam Munas VIII sudah saatnya di-akhiri.“Perbedaan pendapat danpilihan politik dalam munas me-rupakan hal yang biasa.Yang ter-penting dari kita jangan sampailarut dalam perbedaan.Sekarangsaatnya untuk menyatukan ke-kuatan kembali,”tegas Samsul.Sementara itu,Partai Golkardikabarkan akan mengubah ataumemperbarui logo.Namun wacanatersebut dibantah oleh pengurusDPP Partai Golkar.Sampai saat iniGolkar belum berencana untukmengganti atau memperbaiki logoyang bergambar pohon beringin itu.Sekjen DPP Partai Golkar IdrusMarham mengatakan,logo Golkarsudah bagus sehingga tidak perludilakukan perubahan.“Tidak adawacana mengganti logo,sudah baiklogo pohon beringin,kata Idruskepada Seputar Indonesia,diJakarta,kemarin.Menurut dia,pihaknya puntidak berencana memperbaruiwarna kuning yang menjadi cirikhas Golkar.Dia mengakui bahwakabar tersebut hanya wacana.“Mangubahnya tidak semba-rangan karena harus lewat munas,”jelasnya.Politisi Senior Partai GolkarHajriyanto Y Tohari mengatakansampai saat ini belum ada rencanapenggantian logo.Mengenaiperubahan logo Golkar,Hajriyantomengatakan hal itu sudah pernahdilakukan.“Kita sebenarnyasudah memperbarui atau merubahlogo.Dulu saat deklarasi Golkarbaru tahun 1999 kan kita ubahlogo,”katanya.Wakil Ketua MPR ini me-ngatakan perubahan logo Golkarmemang tidaklah drastis sepertiperubahan logo PDI atau PDIP danPPP.Golkar cukup mengubah tulis-an Golongan Karya pada pita dibawah pohon beringin dengantulisan Partai Golkar.“Jadi se-karang ada dua tulisan di logo,Go-longan Karya dan Partai Golkar,inikan sudah perubahan,”jelasnya.Mengenai perubahan warna,Hajriyanto mengatakan semuaperubahan hanya bisa dilakukanlewat rapat pimpinan.
(ahmad baidowi/dian widiyanarko)
Forum DPD II Upayakan Rekonsiliasi
HattaDinilai TepatPimpin PAN
JAKARTA (SI) – SekretarisJenderal DPP Partai AmanatNasional (PAN) Zulkifli Hasanmenilai, Wakil Ketua MajelisPertimbangan Partai PANHatta Rajasa sebagai calonkuat ketua umum. Diamengatakan, hal itudikarenakan dukunganwilayah sangat besar danHatta diyakini mampumembesarkan partai. “Partaiini membutuhkan ketuayang mampu membesarkanorganisasi. Dan kemampuanseperti itu dimiliki olehHatta,” kata Zulkifli, diJakarta, kemarin.Zulkifli Hasanmengungkapkan, ada 15DPW dari 33 DPW partaiyang bersedia mendukungHatta menjadi calon KetuaUmum PAN dalam kongrespartai di Batam pada 8–9Januari 2010. (dianwidiyanarko)JAKARTA (SI) – DirekturEksekutif Croplife Asia, TanSiang Hee menyatakan,Indonesia terancam krisispangan. Peningkatanpenduduk yang tidakterbendung bertolakbelakang denganpengurangan lahan garapanuntuk pangan.“Lahan garapan diIndonesia tetap bertahan diangka 12% dari lahanseluruhnya, sementara lajupertambahan pendudukterus meningkat,” kata TanSiang Hee dalam diskusi”Meningkatkan KetahananPangan denganMemberdayakan PetaniIndonesia Melalui TeknologiPertanian” di Jakartakemarin. (sofian dwi)
IndonesiaTerancamKrisis Pangan
 JAKARTA
(SI) – Rapatkonsultasi pimpinanDPR dan pimpinan fraksiakhirnya menyepakatiDPR periode 2009–2014terdiri dari 11 komisi dan5 badan sebagai alatkelengkapan Dewan.
Ketua DPR Marzuki Alie (dua kanan) didampingi Wakil Ketua DPR Pramono Anung (kanan) dan Priyo Budi Santoso (kiri) saat rapat pimpinan DPRbersama pimpinan fraksi di Jakarta, kemarin.
RAPAT PIMPINAN
PIMPINAN KOMISI DANALAT KELENGKAPAN DPR
   S   I   /   A   S   T   R   A    B   O   N   A   R   D   O
Partai Demokrat
G
Komisi III
G
Komisi VII
G
Komisi X
G
Badan Legislatif
Partai Golkar
G
Komisi II
G
Komisi VI
G
Panitia Anggaran
PDI Perjuangan
G
Komisi IX
G
Komisi XI
G
Badan Kehormatan
Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
G
Komisi I
G
Badan Kerja Sama Antarparlemen(BKSP)
Partai Amanat Nasional (PAN)
G
Komisi V
Partai Persatuan Pembangunan
G
Komisi IV
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
G
Komisi VIII
Partai Gerindra
G
Badan Akuntabilitas KeuanganNegara (BAKN)
hal03 10/13/09 11:31 PM Page 5

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->