Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
130Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bentuk Struktur Bangunan Dan Sejarah Singkat

Bentuk Struktur Bangunan Dan Sejarah Singkat

Ratings:

3.5

(2)
|Views: 7,947 |Likes:
Published by Breeze Maringka

More info:

Published by: Breeze Maringka on Oct 14, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/29/2013

pdf

text

original

 
JENIS STUKTUR BANGUNAN DITINJAU DARI BENTUKNYA1. Struktur massa, padat atau
solid.
Pada zaman dahulu, ketika ilmu gaya dan teknologi belum dikenal, perencanaan bangunanberdasarkan intuisi atau "bisikan kalbu" di samping bakat yang ada. Pada taraf permulaansekali, struktur massa yang betul-betul padat dapat dikatakan struktur tumpuk yangterdiri dari batu-batu yang ditumpuk dengan bentuk bangunan yang stabil dan statis,contoh: piramida-piramida di Mesir dan candi Borobudur di Indonesia.Gambar lembar 1 no. 1, 2.Bangunan istana, candi dan jembatan dibangun dari batu alam atau bata buatan yanghanya dapat menahan gaya tekan tegak atau gaya vertikal.Gambar lembar 2 no. 1, 2.Gaya-gaya miring dan mendatar (horisontal) didukung melalui konstruksi lengkung,konsol atau kubah yang ditunjang oleh tiang-tiang berat atau dinding-dinding tebal,yang diteruskan ke pondasi sebagai gaya-gaya vertikal.Gambar lembar 2 no. 3, 4, 5.
 
 Dinding pasangan batu alam atau bata buatan berfungsi sebagai dinding pemikul beban.Struktur massa kecuali sebagai pemikul, juga berfungsi sebagai penutup ruang danpelindung terhadap iklim yang sempurna. Tetapi karena dibutuhkan bahan yang banyakdan upah pemasangan yang mahal, maka menjadi kurang ekonomis. Juga tidak begitumenguntungkan dengan adanya pembatasan struktural. Biasanya terbatas bentanganterbuka sampai kira-kira 8 meter, dan juga ketinggian dinding yang tergantung daritebalnya.
 
Dinding padat (atau
solid)
yang tebal adalah baik sekali sebagai penerus gaya-gayadidalamnya. Begitu pula ketahanan terhadap perubahan temperatur dan panas api.Mengenai isolasi terhadap suara masih kurang memenuhi syarat akibat dari efek transmisimassa.
 2. Struktur rangka atau skeleton, yang dibagi dalam:2.1. Struktur Rangka Bidang:- struktur rangka bidang dalam dua dimensi.- struktur rangka bidang dalam tiga dimensi.2.2. Struktur rangka ruang (dalam tiga dimensi).
Bentuk struktur rangka adalah perwujudan dari pertentangan antara gaya tarik bumi dankekokohan. Contoh sederhana struktur rangka adalah payung dan tenda, di mana kulit ataukain sebagai "membran" dipentang (ditarik) kuat dan dihubungkan dengan kerangka.Gambar lembar 3 no. 1, 2.Pada dasarnya konstruksi rangka terdiri atas dua unsur. Balok atau gelagar, sebagai unsurmendatar yang berfungsi sebagai pemegang dan media pembagian beban dan gayakepada tiang. Tiang atau pilar sebagai unsur vertikal yang berfungsi sebagai penyalurbeban dan gaya menuju tanah.Gambar lembar 3 no. 3, 4.
 
 
 Arsitektur klasik bangsa Yunani zaman dulu menggunakan struktur rangka yang terdiri daripilar dan balok. Begitu pula banyak terdapat pada bangunan-bangunan zaman sekarangdengan rangka yang terdiri dari tiang dan balok yang disatukan dengan lantai; tetapidengan teknologi yang berbeda.
 Konstruksi rangka mengurangi pembatasan-pembatasan besarnya bentangan ruang yangterdapat dalam konstruksi solid. Sebagian rangka dari struktur dapat diletakkan di dalam ruang,di antara batas ruang yang diinginkan dan garis batas luar bangunan.Gambar lembar 4 no. 1,2.Penggunaan baja dengan daya tarik yang tinggi, daya tekan tahan lekuk dan gaya geser,sejak abad delapan belas mulai digunakan, oleh karena dapat membentang lebih panjangdaripada kayu.Rangka gelagar dalam bangunan petak terdiri atas batang-batang mendatar, tegak lurus (vertikal)dan diagonal. Batang-batang terletak dalam bidang datar yang berdimensi dua dan menahangaya tarik atau gaya tekan.Gambar lembar 4 no. 3.Batang-batang itu dapat dikembangkan menjadi gelagar didalam ruang yang berdimensi tiga,disebut struktur rangka ruang.

Activity (130)

You've already reviewed this. Edit your review.
MariMembaca liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
shavidotinnisa liked this
Sri Djuniati liked this
Gunk Radit added this note
mantap gan buat pembelajaran, terima kasih sebelumnya
Aldo Tobing liked this
Dessy Wulansari liked this
Aiia Zannurain added this note
gamsahanmidaa...
Zulfika Yunita liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->