Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
56Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ruang Lingkup Laporan Keuangan

Ruang Lingkup Laporan Keuangan

Ratings: (0)|Views: 3,340 |Likes:
Published by Fitri

More info:

Published by: Fitri on Oct 15, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/21/2012

pdf

text

original

 
“RUANG LINGKUP LAPORAN KEUANGAN”
Peristilahan
Analisis atau analisa, berasal dari kata “Analysis”. Dalam kamus standar Inggris-Indonesia (John M. Echols dan Hassan Sadiliy) diterjemahkan denganistilah analisa (hal yang sama dengan istilah Hyphotesis atau Hipotesa)dalam kamus Besar Bahasa Indonesia, DEPDIKBUD RI, analisamengacu pada analisis, dan tidak dikenal istilah hipotesa melainkan hipotesis.Laporan keuangan terbentuk dari data sebagai input dan informasisebagai output. Data, sesuatu yang telah tersedia (sumber primer/sekunder)dan dijadikan sebagai input dalam proses analisis. Informasi sesuatu yangdihasilkan (output) dari sebuah proses analisis dan bermanfaat untuk suatutujuan tertentu yang telah ditetapkan. Yang dianalisis dalam hal ini adalahlaporan keuangan, sedang hasil dari analisis tersebut adalah informasikeuangan.Analisis Laporan Keuangan, adalah penerapan alat-alat dan teknikanalitis terhadap laporan keuangan dan data terkait untuk mendapatkanperkiraan dan kesimpulan yang berguna bagi suatu analisis bisnis. Sedangkanlaporan keuangan adalah laporan yang memuat hasil-hasil perhitungan dariproses akuntansi yang menunjukkan kinerja keuangan suatu perusahaan padasuatu saat tertentu.Dengan kata lain, analisis laporan keuangan sangat penting bagi suatuperusahaaan untuk mengetahui gambaran sebenarnya mengenai posisikeuangan, serta untuk mengetahui perkembangan usaha perusahaan dengantujuan untuk menilai kinerja suatu perusahaan dalam satu periode.
Pengertian Laporan Keuangan
Menurut Bernstein (1983:3)“Analisis laporan keuangan mencakup penerapan metode dan teknikanalitis atas laporan keuangan dan data lainnya untuk melihat dari laporan ituukuran-ukuran dan hubungan tertentu yang sangat berguna dalam prosespengambilan keputusan”Foster (1986:58) mengemukakan pengertian analisis laporan keuangansebagai berikut:“ Mempelajari hubungan-hubungan di dalam suatu laporan keuanganpada suatu saat tertentu dan kecenderungan-kecenderungan dari hubungan inisepanjang waktu”Halfert (1982) : dalam kata pendahulunya , walaupun tidak merupakan definisieksplisit tetapi terkandung makna bahwa Analisis Laporan Keuangan :merupakan alat yang digunakan dalam memahami masalah danpeluang yang terdapat dalam laporan keuangan”. Helfert dalam bukunya inimenekankan bahwa analisis laporan keuangan adalah pada arus dana dalamsuatu system bisnis. Dari gambaran arus dana ini dia melihat prestasiperusahan, proyeksi, optimalisasi modal, dan sumber dana perusahaan.
1
 Analisa Laporan Keuangan
 
Tujuan Laporan Keuangan
Tujuan laporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi yangmenyangkut posisi keuangan , kinerja, dan perubahan posisi keuangan suatuperusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilankeputusan ekonomi. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca(menggambarkan informasi posisi keuangan), laporan laba rugi(menggambarkan informasi kinerja), laporan perubahan posisi keuangan (yangdapat disajikan dalam berbagai cara), catatan catatan dan laporan lain sertamateri penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan.
Unsur Laporan Keuangan
A. Unsur Posisi Keuangan1. AktivaAktiva adalah sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan sebagaiakibat dari peristiwa masa lalu dan diharapkan akan memberi manfaatekonomi bagi perusahaan di masa depan.2. KewajibanKewajiban merupakan hutang perusahaan masa kini yang timbul dariperistiwa masa lalu, yang penyelesaiannya diharapkan akanmengakibatkan arus keluar dari sumber daya perusahaan yangmengandung manfaat ekonomi.3. EkuitasEkuitas adalah hak residual (residual interest) atas aktiva perusahaansetelah dikurangi seluruh kewajiban (aktiva bersih).B. Unsur Kinerja Keuangan1. Penghasilan (Income)Penghasilan adalah kenaikan manfaat ekonomi selama suatu periodeakuntansi dalam bentuk pemasukan atau penambahan aktiva ataupenurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidakberasal dari kontribusi (setoran) penanam modal.2. Beban (Expense) Beban adalah penurunan manfaat ekonomi selamasatu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar atau berkurangnyaaktiva atau terjadinya kewajiban yang mengakibatkan penurunan ekuitasyang tidak menyangkut pembagian kepada penanam modal.
Pemakai dan Kebutuhan Informasi
Ada beberapa macam pemakai laporan keuangan yang menggunakan laporankeuangan untuk memenuhi beberapa kebutuhan informasi yang berbeda.Diantaranya adalah :a.InvestoPara investor berkepentingan terhadap resiko yang melekat dan hasilpengembangan dari investasi yang dilakukannya. Investor membutuhkaninformasi untuk membantu menentukan apakah harus membeli, menahan,atau menjual investasi tersebut. Selain itu , mereka juga tertarik padainformasi yang memungkinkan melakukan penilaian terhadap kemampuanperusahaan dalam membayar deviden.b.Kreditor (Pemberi Pinjaman)Para kreditor tertarik dengan informasi keuangan yang memungkinkanmereka untuk memutuskan apakah pinjaman serta bunganya dapat dibayar pada saat jatuh tempo.
2
 Analisa Laporan Keuangan
 
c.Pemasok dan Kreditor Usaha LainnyaPemasok dan kreditor usaha lainnya tertarik dengan informasi yangmemungkinkan mereka untuk memutuskan apakah jumlah yang terhutangakan dibayar pada saat jatuh tempo.d.Shareholder’s (para pemegang saham)Pemegang saham berkepentingan dengan informasi mengenai kemajuanperusahaan, pembagian keuntungan yang akan diperoleh, dan penambahanmodal untuk
bussiness plan
selanjutnya.e.PelangganPelanggan berkepentingan dengan informasi yang berkaitan dengankelangsungan hidup perusahaan, terutama jika terlibat dalam perjanjian jangka panjang.f.PemerintahPemerintah berkepentingan dengan alokasi sumber daya dan aktivitasperusahaan. Selain itu untuk mengatur aktivitas perusahaan, menetapkankebijakan pajak dan sebagai dasar untuk menyusun statistik pendapatannasional.g.KaryawanKaryawan memerlukan informasi mengenai stabilitas dan profitabilitasperusahaan, sehingga dengan informasi ini memungkinkan merekamelakukan penilaian atas kemampuan perusahaan dalam memberikanbalas jasa, manfaat pensiun dan kesempatan kerja.h.MasyarakatLaporan keuangan dapat membantu masyarakat dengan menyediakaninformasi kecenderungan (
trend 
) dan perkembangan terakhir kemakmuranperusahaan serta rangakaian aktivitasnya.
Arti Penting Analisis Laporan Keuangan
Analisis terhadap laporan keuangan suatu perusahaan pada dasarnyakarena ingin mengetahaui tingkat profitabilitas (keuntungan) dan tingkat risikoatau tingkat kesehatan suatu perusahaan. Analisis keuangan yang mencakupanalisis rasio keuangan, analisis kelemahan dan kekuatan di bidang finansialakan sangat membantu dalam menilai prestasi manajemen masa lalu danprospeknya di masa datang.Laporan keuangan yang disusun secara baik dan akurat dapatmemberikan gambaran keadaan yang nyata mengenai hasil atau prestasi yangtelah dicapai oleh suatu perusahaan selama kurun waktu tertentu, keadaaninilah yang digunakan untuk menilai kinerja keuangan. Apalagi informasimengenai kinerja keuangan suatu perusahaan sangat bermanfaat untukberbagai pihak, seperti investor, kreditur, pemerintah, bankers, pihakmanajemen sendiri dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.Arti penting analisis laporan keuangan adalah sebagai berikut :1. Bagi pihak manajemen: untuk mengevaluasi kinerja perusahaan,kompensasi, pengembangan karier 2. Bagi pemegang saham: untuk mengetahui kinerja perusahaan, pendapatan,keamanan investasi.3. Bagi kreditor: untuk mengetahui kemampuan perusahaan melunasi utangbeserta bunganya.4. Bagi pemerintah: pajak, persetujuan untuk go public.
3
 Analisa Laporan Keuangan

Activity (56)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Harizon Usman liked this
Gloria Rose liked this
Andika P Putra liked this
rini_swng liked this
rini_swng liked this
aditya wardhana liked this
aditya wardhana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->