Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
20090530-5. Perangkat Input Output

20090530-5. Perangkat Input Output

Ratings: (0)|Views: 3,902|Likes:
Published by mamat-mmc-1585

More info:

Published by: mamat-mmc-1585 on Oct 16, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/03/2013

pdf

text

original

 
5. Perangkat Input Output
Perangkat Input output adalah perangkat computer yang berfungsi untuk membantumemasukkan data atau mengeluarkan data, atau sekaligus memasukkan danmengeluarkan data
a. Perangkat input
Perangkat input berfungsi sebagai media yang menjadi antarmuka antara sistemkomputer dan lingkungan luar sehingga sistem komputer dapat mengerti instruksidari manusia. Saat ini sudah sangat beragam bentuk dan jenis dari perangkatinput/output terutama dengan perkembangan sistem
artificial intelligence
dimanakomputer dan manusia dapat berkomunikasi secara lebih interaktif. 
Keyboard
Keyboard merupakan papan kunci yang terdiri tombol dari huruf dari A-Z, angkat dari0-9, karakter khusus seperti @, %, *, !, ?, dan beberapa tombol fungsi antara lainF1-F12, tombol windows, dll. Tombol-tombol ini digunakan untuk memasukkanperintah ke sistem komputer. Bentuk keyboard pada awalnya meniru dari bentuktombol mesin ketik, sehingga sususan huruf dari keyboard saat ini sama persisdengan mesin ketik.Cara kerja dari sebuah keyboard saat ini adalah jika ditekan sebuah tombol, makasuatu
interrupt 
dari mesin aka timbul dan
keyboard interrupt handler 
(sebagian kecilperangkat lunak yang merupakan bagian dari sistem pengoperasian) akan dimulai.
Interrupt handler 
akan membaca register perangkat keras di dalam pengontrolkeyboard untuk mendapatkan karakter yang baru saja ditekan. Ketika tomboldilepaskan, interrupt kedua akan ditimbulkan.
Mouse
Mouse merupakan peralatan input yang berfungsi untuk menentukan posisi pointer pada layar komputer. Pada awalnya, mouse menggunakan sebuah bola kecil yangdapat digerakkan dengan bebas. Pergerakan dari monitor di layar tergantung daripergerakan bola tersebut. Namun saat ini sudah banyak beredar mouse yangmenggunakan sistem optik sebagai acuan gerakannya. Mouse ini tidak memilikiroda maupun bola. Dengan sistem ini, pergerakan mouse menjadi lebih akurat danlebih halus.Prinsip kerja mouse didasarkan pada dua gerakan, yaitu vertikal dan horisontal. Jikabola digerakkan secara vertikal, maka akan dihasilkan gerakan vertikal, jika boladigerakkan secara horisontal akan dihasilkan gerakan horisontal, dan jikadigerakkan dua-duanya, maka akan membentuk gerakan diagonal.Saat ini terdapat beberapa macam jenis mouse. Pada dasarnya mouse mempunyaitiga tombol. Namun terdapat juga mouse yang memiliki dua tombol, sebagai gantitombol satunya kedua tombol tersebut harus ditekan secara bersamaan. Saat ini juga beredar jenis mouse yang mempunyai tombol scroll. Hal ini untuk memudahkanmenggulung atau berpindah tampilan jika dokumennya cukup panjang.
 
Touch Pad
Touch pad adalah perangkat yang fungsinya sama dengan mouse. Hanya sajagerakan pointer pada touchpad tergantung dari gerakan jari yang disentuhkan padaalat tersebut. Biasanya touch pad digunakan pada komputer mobile, yaitu laptopatau notebook. Touch pad sudah terintegrasi pada komputer jenis itu sehingga dapatmenghemat tempat.
Touch Screen
Touch Screen merupakan jenis perangkat input yang sangat populer saat ini.Perangkat ini berupa monitor yang dapat menerima input dari pengguna dengancara ditekan pada sisi monitornya. Hal ini sangat memudahkan pengguna untukmengoperasikan sistem operasi GUI sehingga dapat lebih interaktif. Monitor jenis inimemiliki dua peranan, yaitu sebagai input dan output.
Pen Input
Pen input merupakan jenis perangkat input yang berfungsi sebagai pengganti penauntuk menulis maupun menggambar. Hal ini untuk memudahkan pekerjaan paradesainer grafik agar lebih mudah untuk menggambar di komputer daripadamenggunakan mouse. Biasanya terdapat alas sebagai media untuk menulis ataumenggambar.
Perangkat Entri Data
Perangkat ini berfungsi untuk melakukan proses entri data dari berbagai bentukinformasi untuk dapat disimpan sebagai data di komputer. Sebagian besar bentukperangkat ini adalah berupa mesin pemindai (
scanner 
) dan mesin capture. Beberapa jenis mesin ini adalah:
o
Image scanner 
, yaitu alat untuk memindai sebuah objek gambar untukdisalin ke dalam bentuk file dengan format gambar agar dapat disimpan ke dalamkomputer.
o
Barcode scanner 
, yaitu alat untuk memindai kode barcode yangbiasanya terdapat pada setiap produk, sebagai identitas bagi produk tersebut.Barcode merupakan sebuah bentuk pengkodean dari deretan angka ke dalambentuk gambar. Barcode scanner digunakan untuk menyalin gambar barcode kedalam bentuk pengkodean yang asli.
o
Finger scanner 
, yaitu alat yang digunakan untuk memindai sidik jariseseorang untuk disalin menjadi informasi yang dapat disimpan ke dalamkomputer. Setiap sidik jari manusia bersifat unik atau berbeda satu sama lain.Bentuk sidik jari dikodekan ke sebuah bentuk informasi yang dapat disimpan.
o
Mikrofon
, merupakan alat untuk mengubah gelombang suara menjadigelombang listrik analog. Dari sinyal analog ini kemudian diubah ke bentuk sinyaldigital oleh sebuah alat yang dinamakan sound card. Dari data digital ini
 
komputer bisa mengenali suara yang dimasukkan ke dalam mikrofon sehinggabisa diproses oleh sistem komputer.
o
Kamera Digital
, merupakan alat untuk menangkap bentuk gambar atau pemandangan untuk disalin ke dalam bentuk format gambar komputer.Kelebihan karema digital adalah tidak memerlukan proses pemindaian untukdapat menangkap gambar.
o
WebCam dan HandyCam
, merupakan alat untuk menangkap objekgambar atau pemandangan secara real-time untuk disalin ke format video didalam komputer. Format yang dihasilkan adalah berupa gambar bergerak.WebCam memiliki resolusi lebih rendah daripada HandyCam.
o
Sensor 
, merupakan alat untuk menangkap fenomena alam untukditerjemahkan ke dalam sistem komputer. Sensor dapat menangkap aksi sepertigetaran, cahaya, warna, kelembapan udara, tekanan udara, suhu, dan lain-laintergantung daripada jenis sensor.
b.Perangkat Output
Perangkat output berfungsi sebagai media yang menjadi antarmuka antara sistemkomputer dan lingkungan luar sehingga sistem komputer dapat menyajikan informasiyang dapat dimengerti oleh manusia. Jenis perangkat output sangat beragambergantung dari kebutuhannya.
Display Screen
Display Screen merupakan perangkat untuk menampilkan gambar yang sedangdisajikan oleh sistem komputer. Gambar yang ditampilkan adalah hasil pemrosesandata baik dari hasil input maupun proses sistem komputer. Display screen padasistem komputer dipasang melalui port yang ada pada video adapter (biasanyadisebut video card atau VGA card). Video adapter berfungsi untuk merubah kodedigital grafik dari komputer menjadi sinyal yang dapat dimengerti oleh perangkatdisplay screen. Kualitas dari display screen dipengaruhi oleh hal berikut:
o
Resolusi
, yaitu ukuran detail dari gambar yang dihasilkan. Gambar yang disajikanpada monitor tersusun atas titik yang memiliki warna sendiri-sendiri. Semakinbanyak jumlah titik yang membentuk gambar monitor, semakin tinggi pularesolusinya. Contoh resolusi monitor adalah 800 x 600, yang berarti monitotersebut memilik panjang 800 titik dan lebar 600 titik.
o
Refresh Rate
, yaitu ukuran frekuensi dari banyak pergantian frame gambar tiapdetik. Setiap monitor menyajikan gambar bergerak yang sebenarnya merupakanrangkaian dari beberapa gambar statis. Setiap gambar yang menyusunrangkaian tersebut dinamakan frame. Jika sebuah monitor memiliki refresh rate60 Hz, berarti monitor tersebut mengalami perubahan frame sebanyak 60 dalam1 detik. Semakin tinggi refresh rate, semakin halus pula gambar bergerak yangdihasilkan.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rudi Ariyanto liked this
Irma Winda liked this
pradana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->