Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
35Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teori Akuntansi _Rerangka Konseptual Suatu Model

Teori Akuntansi _Rerangka Konseptual Suatu Model

Ratings: (0)|Views: 2,389 |Likes:
Published by yan haryo
RMK Teori Akuntansi
RMK Teori Akuntansi

More info:

Published by: yan haryo on Oct 16, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2013

pdf

text

original

 
Yanharyo Budi HartoF1308595RERANGKA KONSEPTUAL SUATU MODEL
Tujuan pelaporan keuangan
Tujuan adalah kearah mana segala upaya, tindakan, dan pertimbangan dicurahkan. Oleh karenaitu, penentuan tujuan pelaporan keuangan langkah yang paling kruasial dalam perekayasaanakuntansi. Tujuan pelaporan menentukan konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang relevan, yangakhirnya menentukan bentuk, isi, jenis, dan susunan statemen keuangan. Dengan demikiandiharapkan tujuan yang lebih luas (tujuan ekonomik dan social Negara) akan tercapai pula.
Pemakai dan kepentingannya
Kepentingan pemakai juga beragam tidak hanya antar kelompok pemakai tetapi juga didalamkelompok pemakai. Beragam kepentingan antara lain adalah pertanggungjawaban,kebermanfaatan, keputusan, riset keuangan dan pasar, penentuan tarif, penentuan pajak, pengendalian social, pengendalian alokasi sumber daya ekonomik, dan pengukuran kinerjaentitas, jadi penentuan tujuan merupakan suatu proses yang kompleks. Masalah penyusunantujuan adalah menentukan siapa yang dituju, apa saja kepentingannya, seberapa luas (banyak)informasi yang diinginkan, apa saja sumber informasi yang telah tersedia, dan seberapa banyak informasi dapat dilayani melalui statemen keuangan.Most menunjukkan dua pendekatan dalam penentuan tujuan penyediaan infornasi (pelaporankeuangan), yaitu1.Menyediakan informasi untuk sehimpunan pemakai umum yang mempunyai bermacam-macam kepentingan keputusan.2.Menyediakan informasi untuk kelompok pemakai tertentu yang mempunyai kepentingantertentu yang diketahui.Dengan pendekatan (1) pelaporan keuangan diarahkan untuk menghasilkan satu set data (satu setstatemen keuangan) untuk berbagai pemakai dan kepentingan. Pendekatan (2) berasumsi bahwakebutuhan informasi dan model pengambilan keputusan para atau kelompok pemakai diketahuidengan pasti sehingga dapat disusun berbagai statemen/laporan khusus untuk melayani berbagaikeperluan pengambilan keputusan tiap kelompok pemakai.
Aspek Sosial Tujuan Pelaporan
Sebagai teknologi, pelaporan keuangan dalam suatu Negara harus direkeyasa sehingga tujuansocial dan ekonomik Negara tercapai. Tujuan nasional dapat tercapai apabila kegiatan individual
 
dengan berbagai motivasi untuk mencapai tujuan individualnya juga memaksimumkan tujuan Negara.
Tujuan Fungsional
Adalah tujuan masyarakat atau organisasi secara keseluruhan tanpa memperhatikan tujuan ataumotivasi masing-masing individual didalamnya. Tujuan individual tidak dapat diamatisedangkan tujuan fungsional dapat diidentifikasi dengan mengamati konsekuensi-konsekuensidari kegiatan masyarakat atau organisasi nyata yang terjadi.
Tujuan Bersama
Suatu atau beberapa (subhimpunan) tujuan individual yang sama dengan tujuan individual yanglainnya. Kalau tujuan fungsional disusun tanpa memperhatikan tujuan-tujuan individual, tujuan bersama ditentukan dengan mengidentifikasi dahulu tujuan-tujuan individual kemudian memilihtujuan-tujuan individual (seluruh anggota masyarakat) yang sama untuk dijadikan tujuankegiatan social.
Tujuan Kelompok Dominan
Bila tujuan dan model pengambilan keputusan semua individual atau kelompok (grup) individualdapat diidentifikasi, tujuan beberapa individual atau beberapa kelompok individual yangdominan dalam suatu kegiatan masyarakat dapat dijadikan tujuan kegiatan social (dan ekonomik)masyarakat bersangkutan. Kelompok atau grup dominan adalah kelompok yang konsekuensikeputusan atau tindakannya mempengaruhi secara kuat semua anggota masyarakat.
Tujuan Versi ASOBAT
Walaupun berorientasi pada kebutuhan pemakai, komite eksekutif AAA tidak secara spesifik mengidentifikasi pihak pemakai laporan keuangan. Komite ini mendefinisikan tujuan laporankeuangan dengan menunjukkan manfaatnya untuk:1.Membuat keputusan-keputusan yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya (alam, fisis,manusia, dan financial) yang terbatas.
2.
Mengarahkan dan mengendalikan sumber daya fisis dan manusia suatu organisasi secaraefektif.3.Memelihara dan melaporkan pengelolaan sumber daya yang dipercayakan kepada manajemen.4.Memberi kemudahan berjalannya fungsi dan pengendalian social.Dapat disimpulkan bahwa pemakai yang diarah oleh tujuan diatas adalah berbagai kelompok yaitu manajemen, investor, kreditor, pegawai, pemasok, dan regulator walaupun tujuan social juga menjadi perhatian sebagaimana terefleksi dalam tujuan keempat.
 
Tujuan versi APB No. 4
Tujuan dasar akuntansi keuangan dan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasitentang keuangan perusahaan yang berguna untuk membuat keputusan ekonomi.
Tujuan Versi Trueblood Committee
Tujuan pelaporan yang diajukan oleh komite trueblood tidak jauh berbeda dengan tujuan dalamASOBAT maupun APB No. 4 kecuali bahwa tujuan dalam laporan komite trueblood lebih rincidan mengidentifikasi aspek-aspek tujuan. Dua hal yang penting yang ditekankan pada komite iniadalah daya melaba (earnings power) dan elemen aliran kas.
Tujuan Pelaporan Keuangan FASB
Adalah untuk memberikan informasi yang dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis danekonomi. FASB mendasarkan penyusunan tujuan pelaporan pada tiga aspek landasan pikiranyaitu bahwa1.Tujuan pelaporan keuangan ditentukan oleh lingkungan ekonomik, hokum, politis dansocial tempat akuntansi diterapkan.2.Tujuan pelaporan dipengaruhi oleh karakteristik dan keterbatasan informasi yang dapatdisampaikan melalui mekanisme laporan keuangan.3.Tujuan pelaporan memerlukan suatu focus untuk menghindari terlalu umumnyainformasi akibat terlalu banyaknya pihak pemakai yang ingin dipenuhi kebutuhaninformasionalnya.
Kontek lingkungan tujuan pelaporan
Tujuan FASB didasarkan atas lingkungan ekonomik, hokum, politis, dan social, diamerika,lingkungan penerapan akuntansi diberi ciri sebagai berikut:1.Sistem ekonomi pasar yang maju2.Sistem produksi, keuangan, dan perbankan yang canggih.3.Pemisahan antara pemilikan dan manajemen; kegiatan perusahaan dijalankan melalui perusahaan/badan usaha milik investor.4.Pasar modal sebagai sarana pemenuhan modal utama selain lembaga keuangan.

Activity (35)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
boedoetae liked this
dylanove liked this
Sri Wahyanti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->