Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Aplikasi Kecerdasan Buatan Untuk Identifikasi Sidik Jari Minyak Bumi

Aplikasi Kecerdasan Buatan Untuk Identifikasi Sidik Jari Minyak Bumi

Ratings: (0)|Views: 728|Likes:
Published by wijanarkobagus
contoh Aplikasi Kecerdasan Buatan Untuk Identifikasi Sidik Jari Minyak Bumi
contoh Aplikasi Kecerdasan Buatan Untuk Identifikasi Sidik Jari Minyak Bumi

More info:

Published by: wijanarkobagus on Oct 16, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2013

pdf

text

original

 
Aplikasi Kecerdasan Buatan Untuk Identifikasi Sidik Jari Minyak BumiUntuk membandingkan kemiripan identitas suatu minyak bumi secara digital perlu dilakukan perhitungan secara statistika. Dalam metoda yang dipakai untumengidentifikasi kemiripan suatu minyak bumi secara digital adalah dengan melihat presisi atau simpangan bakunya. Simpangan baku inilah yang menjadi variabel bebasuntuk dijadikan kriteria kemiripan suatu minyak bumi.Presisi adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan kecocokan hasil dari pengujian / pengukuran dari suatu sampel yang diuji/diukur. Salah satu cara menentukan presisi adalah dengan jalan menghitung harga simpangan baku. Dalam analisis sidik jariminyak bumi, ukuran kesamaan suatu minyak bumi menggunakan simpangan baku relatif (Relative Standard Deviation, RSD).Pada percobaan yang dilakukan saat identifikasi sidik jari minyak bumi, perhitungan presisi digunakan ketika menentukan batasan atau kriteria kemiripan rasiohasil normalisasi serapan spektrum infra merah minyak bumi contoh terhadap terhadaprasio hasil normalisasi serapan spektrum infra merah minyak bumi pembanding. Batasan presisi ini dijadikan kriteria pertama ( K1 ) berupa variabel bebas sehingga operator bisamemilih sendiri batasan kemiripan minyak bumi.Metoda Identifikasi Spektrum Infra MerahKonsep dasar dari pengenalan pola atau pattern recognition adalah membandingkan sifat-sifat spesifik suatu contoh terhadap sifat-sifat spesifik yang kemungkinan terdapat jugadalam pembanding. Ada dua metoda untuk membandingkan spektum infra merahsenyawa hidrokarbon, yaitu :1.Metoda manual atau tumpang tindih (overlay method)Metoda ini dilakukan dengan cara menumpukkan hasil cetak spektrum inframerah kemudian menumpukkan dua atau lebih hasil cetak tersebut diatas mejakaca yang diberi lampu. Dari tumpukan hasil cetak spektrum infra merah tersebutkemudian dicari kecocokan spektrum contoh terhadap spektrum minyak bumi pembanding. Metoda ini memiliki kelemahan yaitu pada cara pengamatanspektrum dan menentukan batasan kemiripannya, karena penentuan kesamaansuatu spektrum cara tersebut sangat subjektif, artinya pemahaman sama atau tidak dari tiap orang akan berbeda.2.Metoda perbandingan data analisisMetoda cara ini relatif lebih teliti dibandingkan metoda tumpang tindih (overlaymethod), karena yang dibandingkan adalah data atau angka hasil pembacaan alatspektrofotometer.Pada pengenalan pola minyak bumi, sifat spesifik yang dibandingkan adalahspektrum serapan infra merah pada bilangan gelombang tertentu dengan menggunakanSpektrofotometer FTIR. Metoda pengenalan pola cara tersebut digunakan karena gugus-gugus dalam hidrokarbon bila diberi energi dari sinar infra merah akan memberikanspektrum pada bilangan gelombang yang spesifik. Spektrum infra merah tersebut akanmenggambarkan keberadaan gugus metil, metilena dan aromat yang selalu ada dalamminyak bumi.
 
Analisis menggunakan Spektrofotometer FTIR digunakan karena kecepatananalisisnya jauh lebih cepat dibandingkan metoda dispersi, yaitu lima detik. Sedangkan jika menggunakan spektrofotometer infra merah dispersi waktu yang dibutuhkan sekitar 10 15 menit. Selain itu kelebihan utamanya adalah karena ketelitian Spektrofotometer FTIR lebih tinggi dibandingkan dispersi.Berbagai pita absorbsi dapat digunakan untuk tujuan identifikasi. Dari hasil pengamatan spektrum infra merah minyak bumi yang dianalisis dipilih sepuluh pitaabsorbsi kunci yang masih signifikan11), yaitu pada bilangan gelombang identifikasi 720,747, 810, 874, 1034, 1168, 1309, 1375, 1456 dan 1600 cm-1. Spektrum infra merah dari bilangan gelombang tersebut diatas kemudian diukur.Untuk membandingkan dua angka maka digunakan perhitungan selisih dari keduaangka tersebut. Pada dasarnya dua angka dikatakan mempunya nilai yang sama jikaselisih kedua angka tersebut adalah nol. Tetapi karena angka-angka tersebut merupakanhasil dari pengukuran, maka walaupun kedua angka tersebut berasal dari contoh yangsama maka angka-angka hasil pengukuran tersebut tidak akan tepat sama. Ketidaksamaanini berasal dari keterulangan (repeatability) dari setiap pengukuran serta karena adanya perubahan sifat-sifat contoh oleh pengaruh pelapukan (weathering).Besarnya nilai keterulangan ini digunakan sebagai kriteria untuk menentukan apakahkedua deret angka tersebut mempunyai nilai yang sama, yaitu kriteria simpangan baku( K1 ).Hasil pembandingan angka-angka dalam satu deret angka identitas kemudiandijumlahkan. Bila nilai penjumlahan tersebut sama dengan banyaknya angka yangdibandingkan atau dengan kata lain banyaknya puncak absorbsi infra merah yangdibandingkan, maka dua deret angka tersebut mempunyai nilai yang sama. Dalam haltertentu, terutama karena faktor pelapukan minyak bumi, satu atau dua puncak absorbsiinfra merah akan mengalami pengurangan cukup banyak, sehingga yang mempunyai nilaiyang sama dengan puncak-puncak serapan dari minyak bumi pembanding tidak lagisebanyak jumlah puncak semula. Untuk itu maka nilai penjumlahan harga-harga NPdapat dipilih sebanyak 100% seluruhnya atau lebih kecil. Dengan memilih nilai penjumlahan NP ini dapat dilihat minyak-minyak pembanding yang yang sama (match).Khusus untuk identifikasi minyak bumi menggunakan spektrofotometer inframerah ini, penemu aplikasi identifikasi minyak bumi ini sudah membuat programkecerdasan buatan kecil, yaitu OilSniffer v1.00 (betha). Program ini menggunakanMicrosoft Visual Basic 6.

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nona Dea Dianita liked this
Gober Si Gober liked this
LeEa ULya liked this
Dafid Perdana liked this
andika212 liked this
Nagil Shikamaru liked this
agusth liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->