Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Batasi Penggunaan Kata Allah, Malaysia Merusak Citra Muslim - By Diah Anggraeni Retnaningrum

Batasi Penggunaan Kata Allah, Malaysia Merusak Citra Muslim - By Diah Anggraeni Retnaningrum

Ratings: (0)|Views: 1|Likes:
Published by Gilbert Hanz
Orang Kristen di Malaysia bagian Timur Sabah dan Serawak telah menggunakan kata tersebut turun temurun seperti yang digunakan oleh orang Kristen di Timur Tengah.
Orang Kristen di Malaysia bagian Timur Sabah dan Serawak telah menggunakan kata tersebut turun temurun seperti yang digunakan oleh orang Kristen di Timur Tengah.

More info:

Published by: Gilbert Hanz on Mar 12, 2014
Copyright:Attribution Non-commercial Share Alike

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/31/2014

pdf

text

original

 
Batasi Penggunaan Kata Allah, Malaysia Merusak Citra Muslim
 
Jumat, 25 Oktober 2013
Orang Kristen di Serawak dilarang menggunakan kata Allah. (foto: english.alarabiya.net)
SERAWAK, SATUHARAPAN.COM
 –
 Malaysia yang selama ini mencitrakan diri sebagai pemimpin global Islam moderat, telah dirusak citranya oleh pengadilan yang memutuskan bahwa hanya umat Muslim yang dapat menggunakan kata Allah untuk menyebut Tuhan. Putusan tersebut banyak menuai protes dari cendekiawan Muslim dan beberapa kalangan masyarakat lainnya. Sebuah pengadilan
di Malaysia pekan lalu memutuskan bahwa kata “Allah” bukan
merupakan bagian dari integral iman Kristen dan keputusan tersebut membalikkan keputusan sebelumnya yang mengatakan bahwa sebuah koran Katolik Roma berbahasa Melayu dapat menggunakan kata tersebut. Sejak saat itu, kebingungan terjadi atas penafsiran putusan tersebut di antara para menteri pemerintah, pengacara dan otoritas Muslim, yang memberikan banyak pandangan berbeda tentang ruang lingkup. Mereka mengatakan bahwa keputusan pengadilan tersebut diputuskan tanpa perasaan atas hak-hak keagamaan di negara yang mayoritas Muslim yang memiliki minoritas etnis China dan India. Beberapa kritikan pun datang dari negara-negara yang menerapkan Islam lebih ketat dari Malaysia dengan alasan bahwa kata Allah telah digunakan oleh agama yang berbeda selama berabad-abad. Orang Kristen di Malaysia bagian Timur Sabah dan Serawak telah menggunakan kata tersebut turun temurun seperti yang digunakan oleh orang Kristen di Timur Tengah. Koran Dawn Pakistan mengatakan dalam sebuah komentarnya bahwa keputusan tersebut adalah sebuah refleksi yang menyedihkan tentang bagaimana negara modern dan luas yang dilihat sebagai panutan bagi dunia Muslim telah mengalah pada tren kepicikan iman.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->