Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
125Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
AKUNTANSI KOMPARATIF 1

AKUNTANSI KOMPARATIF 1

Ratings: (0)|Views: 17,612|Likes:

More info:

Published by: muhamad bagus santoso on Oct 18, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/07/2013

pdf

text

original

 
AKUNTANSI KOMPARATIF 1Standar akuntansi adalah regulasi atau aturan (termasuk pula hukum dananggaran dasar) yang mengatur penyusunan laporan keuangan. Penetapanstandar adalah proses perumusan atau formulasi standar akuntansi. Standar akuntansi merupakan hasil penetapan standar. Tetapi dalam praktiknya berbedadari yang ditentukan oleh standar. Ada empat alas an yang menjelaskan haltersebut, antara lain:1)Di kebanyakan negara hukuman atas ketidak patuhan dengan ketentuanakauntansi cenderung lemah dan tidak efektif.2)Secara suka rela perusahaan boleh melaporkan informasi lebih banyakdaripada yang diharuskan.
3)
Beberapa negara memperbolehkan perusahaan untuk mengabaikanstandar akuntansi jika dengan melakukannnya operasi dan posisikeuangan perusahaan akan tersajikan secara lebih baik hasilnya.4)Di beberapa negara standar akuntansi hanya berlaku untuk laporankeuangan secara tersendiri, dan bukan untuk laporan konsolidasi.Penetapan standar akuntansi umumnya melibatkan gabungan kelompoksektor swasta dan publik. Hubungan antara standar akuntansi dan prosesakuntansi sangat rumit dan tidak selalu bergerak dalam satu arah yang sama. Didalam bab 2 membedakan orientasi akuntansi antara penyajian wajar versuskepatuhan hukum. Akuntansi peyajian wajar biasanya berhubungan dengannegara-negara hukum umum, sedangkan akuntansi kepatuhan hukum umumnyaditemukan di negara-negara hukum kode. Perbedaan ini terlihat dalam prosespenetapan standar, di mana sector swasta lebih berpengaruh di negara-negarahukum dengan penyajian wajar, sedangkan sektor publik lebih berpengaruh dinegara hukum kode dengan kepatuhan hukum.ENAM SISTEM AKUNTANSI NASIONAL.
1.PRANCIS
Prancis merupakan pendukung utama akuntansi nasional di dunia.Kementrian Ekonomi Nasional menyetujui
Plan Comptable General 
(kodeakuntansi nasional) resmi yang pertama pada bulan September 1947. Revisikode tersebut dilakukan pada tahun 1957. Revisi selanjutnya terjadi padatahun 1982 berdasarkan Direktif Keempat Uni Eropa (UE). Pada tahun 1986,rencana tersebut diperluas untuk melaksanakan ketentuan dalam Direktif Ketujuh UE terhadap laporan keuangan konsolidasi dan direvisi lebih lanjutpada tahun 1999.
Plan Comptable General 
berisi:
Tujuan dan prinsip akuntansi serta pelaporan keuangan
Definisi aktiva, kewajiban, ekuitas pemegang saham, pendapatan danbeban
Aturan pengakuan dan penilaian
Daftar akun standar, ketentuan mengenai penggunaanya, dan ketentuantata buku lainnya
Contoh laporan keuangan dan aturan penyajian-penyajiannyaAkuntansi di Prancis sangat terkait dengan kode sehingga sangatmungkin untuk melewatkan kenyataan bahwa legislasi kuhum komersial(yaitu Code de Commerce) dan hukum pajak sebenarnya menentukanbanyak praktik akuntansi dan pelaporan keuangan di Prancis. Code deCommerce berawal dari ordinansi Coulbert (Menteri Keuangan pada eraLouis XIV) pada tahun 1673 dan 1681 dan diberlakukan oleh Napoleon pada
 
tahun 1807 sebagai bagian dari hukum yang diciptakannya berdasarkanhukum tertulis.Dasar utama aturan akuntansi di Prancis adalah Hukum Akuntansi 1983 danDekrit Akuntansi 1983, yang membuat
Plan Comptable General 
wajibdigunakan oleh seluruh perusahaan. Kedua dokumen tersebut menjadibagian dari Code de Commers. Legislasi Code de Commerce mengandungketentuan akuntansi dan pelaporan yang eksentif.Ciri khusus akuntansi di Prancis adalah terdapatnya dikotomi antaralaporan keuangan perusahaan secara tersendiri dengan laporan keuangankelompok usaha yang dikonsolidasikan. Hukum memperbolehkanperusahaan Prancis untuk mengikuti Standar Pelaporan KeuanganInternasional (IFRS) atau bahkan prinsip akuntansi yang diterima umum diAS (GAAP) dalam menyusun laporan keuangan konsolidasi. Alas an utamauntuk fleksibilitas ini adalah ketika Direktif Ketujuh UE diberlakukan pada thun1986, banyak perusahaan multinasional dari Prancis yang telah menyusunlaporan keuangan konsolidasi berdasarkan prinsip Anglo-Saxon untukkeperluan pencatatan saham di luar negeri. Perusahaan Prancis yangmengacu pada IFRS atau GAAP AS sering menyataan bahwa laporankeuangan mereka telah sesuai baik dengan standar Prancis maupun denganstandar internasional atau AS.
Regulasi dan Penegakan Aturan Akuntansi
Lima organisasi yang terlibat dalam proses penetapan standar di Prancisadalah:1.Counseil National de la Comptabilite atau CNC (Badan AkuntansiNasional)2.Comite de la Reglementatioan Comptable or CRC (Komite RegulasiAkuntansi)3.Autorite des Marches Financiers or AMF (Otoritas Pasar Keuangan)4.Ordre des Experts-Comptables or OEC (Ikatan Akuntan Publik)5.Compagnie National des Commisaires aux Comptes or CNCC (IkatanAuditor Kepatuhan Nasional)
Pelaporan Keuangan
Perusahaan Prancis harus melaporkan berikut ini:1.Neraca2.Laporan Laba rRugi3.Catatan atas Laporan Keuangan4.Laporan Direktur 5.Laporan Auditor Ciri utama pelaporan di Prancis adalah ketentuan mengenaipengungkapan catatan kaki yang ekstentif dan detail, yang meliputi hal-halberikut:
Penjelasan mengenai aturan pengukuran yang diberlakukan(contoh kebijakan akuntansi)
Perlakuan akuntansi untuk pos-pos dalam mata uang asing
Laporan perubahan aktiva tetap dan depresiasi
Detai provisi
Analisis piutang dan utang sesuai masa jatuh tempo
Daftar anak perusahaan dan kepemilikan saham
Jumlah komitmen pension dan imbalan pascakerja lainnya
Detail pengaruh pajak terhadap laporan keuangan
Rata-rata jumlah karyawan sesuai golongan
Analisis pendapatan menurut aktivitas dan geografis
 
Perusahaan emitem juga harus membuat laporan interim semesterandansemenjak tahun 2003, juga hasil kegiatan lingkungan mereka. Di dalamnya,informasi yang harus diberikan antara lain:
Konsumsi air, bahan mentah dan energi serta tindakan yang diambiluntuk meningkatkan efisiensi energi
Kegiatan untuk mengurangi polusi udara, air atau tanah, termasukpolusi udara dan biayanya, dan
Jumlah provisi untuk resiko lingkungan
Pengukuran Akuntansi
Akuntansi di Prancis memiliki karakteristik ganda: perusahaan secaratersendiri harus mematuhi peraturan yang tetap, sedangkan kelompokusaha konsolidasi memiliki fleksibilitas lebih besar. Akuntansi untukperusahaan secara individual merupakan dasar hukum untukmembagikan dividend an menghitung pendapatan kena pajak.Aktiva berwujud umumnya dinilai berdasarkan biaya historis.Meskipun diperbolehkan, revaluasi tetap dikenakan pajak sehingga jarangditemukan dalam praktik. Aktiva tetap didepresiasikan menurut provisipajak, umumnya menurut dasar garis lurus atau saldo menurun.Persediaan harus dinilai berdasarkan nilai yang rendah antara biaya ataunilai realisasi dengan menggunakan metode FIFO atau metode rata-ratatertimbang.Biaya penelitian dan pengembangan dibebankan pada saatterjadinya, namun dapat dikapitalisasikan dalam keadaan tertentu. Aktivayang disewagunausahakan tidak dikapitalisasi dan beban sewa yangdibayar langsung dibebankan. Imbalan pension dan pascakerja lain padaumumnya dibebankan pada saat dibayarkan dan komitmen masa depan jarang diakui sebagai kewajiban.kebanyakan resiko dan ketidakpastianlainnya dapat dicadangkan.Dengan beberapa pengecualian,laporan keuangan konsolidasiPrancis mengikuti pendekatan penyajian wajar berupa pelaporansubstansi mengungguli bentuk. Pajak tangguhan dihitung denganmenggunakan metode kewajiban dan didiskontokan apabila penyelesaianperbedaan temporer dapat distimasikan.Metode pembelian (purchase method) umumnya dicatat untukpenggabungan usaha, namun metode penyatuan kepemilikan (poolingmethod) dapat digunakan dalam beberapa kondisi. Muhibah (goodwill)umumnya dikapitalisasi dan diamortisasi terhadap laba, namun tidakditentukan berapa lama periode amortisasi yang maksimum. Konsolidasiproporsional digunakan untuk usaha patungan dan metode ekuitasdigunkana untuk mencatat investasi pada perusahaan yang tidakdikonsolidasikan yang dapat dipengaruhi secara signifikan. Praktiktranslasi mata uang asing dengan menggunakan IAS 21. Aktiva dankewajiban perusahaan anak yang berdiri sendiri ditranslasikan denganmenggunakan kurs penutupan (akhir tahun) dan perbedaan translasidimasukkan ke dalam ekuitas. Laporan keuangan anak perusahaan yangberdiri sendiri ditranslasikan dengan menggunakan metode kurs historis(temporal), dan perbedaan translasi dicatat ke dalam laba. Standar Pelaporan Keuangan Internasional akan menjadi dasar laporankonsolidasi di Prancis setelah tahun 2005.
2.JERMAN
Lingkungan akuntansi di Jerman mengalami perubahan terus-menerusdan hasilnya luar biasa. Hukum perusahaan tahun 1965 mengubah system

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->