Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
87Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Karya Ilmiah b. Indonesia Sastra Melayu

Karya Ilmiah b. Indonesia Sastra Melayu

Ratings: (0)|Views: 12,193 |Likes:
Published by parliend

More info:

Published by: parliend on Oct 18, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
A.Latar Belakang MasalahMelihat perkembangan global secara umumnya dan bangsasecara khususnya, tidaklah heran apabila tidak setiap orang mengetahuidan mengenal tentang perkembangan sastra Indonesia.Bahkan, tidak sedikit orang pula yang sampai dengan saat inimasih mencintai dan menghargai sastra sebagai sesuatu yang patutdijaga dan dijunjung tinggi, sebab disanalah kekayaan bangsa tertimbun.Pembelajaran sastra di lembaga pendidikan formal dari hari kehari semakin sarat dengan berbagai persoalan. Tampaknya,pembelajaran sastra memang pembelajaran yang bermasalah sejakdahulu. Keluhan-keluhan para guru, siswa, dan sastrawan tentangrendahnya tingkat apresiasi sastra selama ini menjadi bukti konkretadanya sesuatu yang tak beres dalam pembelajaran sastra di lembagapendidikan formal (Nestapa, 2005).Orang-orang pada setiap jaman mengalami perubahan, baikkemajuan ataupun kemunduran dalam bidang tertentu. Seperti halnyasastra Indonesia pun terus mengalami perubahan seiring berjalannyawaktu. Sastra yang semakin baik dan mendidik memberikan dampakpositif bagi pembacanya.
 
Jika kita membicarakan mengenai sastra, maka tentunya pastimenyinggung para pujangga bangsa yang tak habis-habisnya berkarya.Para sastrawan pun melimpahkan bakat dan kemampuannya dalambidang sastra.Penulis juga sebagai seorang pelajar yang masih rentan terhadapperkembangan jaman, masih ingin mengenal lebih dalam mengenaisastra Indonesia, khususnya puisi, dengan tidak meninggalkan budayadan tetap memperlihatkan kekhasan sastra pada setiap jamannya. Olehkarena itu untuk membuktikannya, penulis akan memaparkan hasilpencarian dari beberapa sumber.B.Perumusan MasalahDengan melihat latar belakang yang telah dikemukakan, makabeberapa rumusan masalah dapat diuraikan sebagai berikut.a.Bagaimana perkembangan sastra Indonesia dari jaman ke jaman?b.Seperti apa saja bentuk puisi dan pantun?C.Tujuan PenelitianPenulisan karya ilmiah ini dilakukan untuk memenuhi tugasBahasa Indonesia semester genap. Secara terperinci, tujuan daripenelitian dan penulisan karya ilmiah ini adalah :a.Mengenal lebih dalam sejarah dan perkembangan sastraIndonesia.
 
b.Membagikan pengetahuan kepada orang-orang yangmembaca karya ilmah ini.D.Metode PenelitianUntuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan, penulismelakukan metode observasi dan kepustakaan. Adapun teknik-teknikyang dilakukan adalah sebagai berikut.a.Teknik Pengamatan LangsungDalam teknik ini, penulis terjun langsung sebagai seorangpelajar yang tidak mengetahui perkembangan sastra Indonesia.Penulis pun terjun ke dalam komunitas pelajar yang mempelajariBahasa Indonesia sejak SD namun tidak mengetahuiperkembangannya sama sekali.b. Studi PustakaPada metode ini, penulis membaca buku dan mencari melalui
website
yang berhubungan dengan penulisan karya ilmiah ini.E.Waktu dan Lokasi PenelitianJangka waktu penelitian adalah 7 hari (1 minggu), tepatnyaselesai 17 Maret 2008. Penelitian ini dimulai dari perumusan masalah,pengumpulan data, pengolahan data, pengamatan hingga penulisanhasil penelitian. Lokasi dalam melakukan penelitian ini dibatasi hanyasekitar SMAN 78.

Activity (87)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Nuris Hidayat liked this
Sappe Lubishead liked this
Alfian Sinaga liked this
Abu Nawas liked this
Krisnawati Aja liked this
Yoh Mdm liked this
Andika Kurniawan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->