Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
547Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL

TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 92,918|Likes:
Published by kartini

More info:

Published by: kartini on Oct 18, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/23/2013

pdf

text

original

 
TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL
PENDAHULUAN
Modul ini merupakan kelanjutan dari modul lima. Tentu Anda masihingat, dari modul lima Anda telah memperoleh pengertian hipotesis penelitian,mengapa dan untuk apa hipotesis penelitian, dan apa yang menjadi prinsiphipotesis penelitian.Dalam modul ini Anda akan mempelajari teknik pengambilan sampel.Setelah menyelesaian modul ini, Anda diharapkan memiliki kemampuansebagai berikut.1.Dapat menjelaskan pengertian pengambilan sampel.2.Dapat menjelaskan cara pengambilan sampel acak.3.Dapat menyebutkan tujuan digunakan teknik acak.4.Dapat menggunakan tabel bilangan acak.5.Dapat menjelaskan cara pengambilan sampel sistematik.6.Dapat menjelaskan cara pengambilan sampel strata.7.Dapat menyebutkan syarat pengambilan sampel strata.8.Dapat menjelaskan pengambilan sampel random gugus sederhana.9.Dapat menjelaskan pengambilan sampel random gugus bertahap.10.Dapat mengambil sampel secara purposive.Kemampuan tersebut sangat penting bagi mahasiswa calon guru, gurudan calon peneliti. Khususnya bagi guru, baik guru kelas maupun guru matapelajaran yang selalu berhadapan peserta didik dengan jenjang pendidikanyang berbeda. Anda akan tampil lebih percaya diri dan mantap, peserta didikAnda pun akan merasa lebih puas dapat belajar dari Anda. Lebih dari itusuasana kelas Anda akan lebih menarik, menantang, dan menyenangkan.Untuk membantu Anda menguasai kemampuan di atas, dalam modul iniakan disajikan pembahasan dan latihan, dalam 3 (tiga) kegiatan belajar (KB)sebagai berikut.KB1: Pengertian pengambilan sampel dan pengambilan sampel acak.KB2: Pengambilan sampel sistematik dan pengambilan sampel strata.KB3: Pengambilan sampel kluster dan pengambilan sampel non acak.
 Metodologi Penelitian
 
Agar Anda berhasil dengan baik mempelajari modul ini ikuti petunjuk belajar sebagai berikut.1.Bacalah dengan cermat bagian Pendahuluan modul ini sampai Andamemahami betul apa, untuk apa dan bagaimana mempelajari modul ini.2.Baca sepintas bagian demi bagian dan temukan kata-kata kunci dankata-kata yang Anda anggap baru. Carilah dan baca pengertian kata-katakunci dalam daftar kata-kata sulit modul ini atau dalam kamus yang ada.3.Tangkaplah pengertian demi pengertian dari isi modul ini melaluipemahaman sendiri dan tukar pikiran dengan mahasiswa atau guru lain dandengan tutor Anda.4.Terapkan prinsip, prosedur dan model disain eksperimen secaraimajiner (dalam pikiran) dan dalam situasi terbatas melalui simulasi sejawatpada saat tutorial.5.Mantapkan pemahaman Anda melalui diskusi mengenai pengalamansimulasi dalam kelompok kecil atau klasikal pada saat tutorial.
 Metodologi Penelitian
 
KEGIATAN BELAJAR 1PENGERTIAN PENGAMBILAN SAMPEL DANPENGAMBILAN SAMPEL ACAKA.URAIAN:
1.Pengertian pengambilan sampel Mengingat dasar pemikiran digunakannya sampel di dalam suatupenelitian, antara lain adalah agar dalam penelitian tersebut dapat diperolehkecermatan yang tinggi, penghematan biaya, waktu, dan tenaga, sertamembatasi akibat-akibat buruk yang ditimbulkan oleh suatu penelitian(khusnya pelaksanaan eksperimen), maka sampel harus ditetapkan dengantepat dan benar.Oleh karena penelitian eksperimen menggunakan sampel yangrelatif kecil, maka teknik pengambilan sampel harus dilakukan dengan baikdalam arti tepat dan benar. Hal ini dimaksudkan untuk menjamin ketepatangeneralisasi hasil eksperimen.Pada pokoknya teknik pengambilan sampel dibedakan menjadi duamacam, yaitu teknik acak dan teknik non acak. Teknik acak dan non acakakan dikemukakan pada kegiatan belajar selanjutnya.2.Pengambilan sampel acakPengambilan sampel secara acak atau random sampling adalahteknik sampling yang memberikan peluang sama kepada setiap anggotapopulasi untuk terpilih menjadi anggota sampel. Misalnya jika banyaknyaunit dalam populasi adalah N dan ukuran sampel adalah n, maka besarnyaprobabilitas setiap unit elementer untuk terpilih sebagai sampel adalah
 N n
.Ini berarti bahwa setiap (semua) unit elementer dalam populasi harus dapatdiidentifikasi dan termuat dalam kerangka sampling. Karena itu teknik inidikatakan teknik sampling probabilitas.Sampel yang diambil dari suatu populasi secara acak (random)disebut sampel acak. Tujuan digunakan teknik acak adalah sebagai berikut.
Metodologi Penelitian

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->