Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RPJMD Sabang

RPJMD Sabang

Ratings: (0)|Views: 1,003 |Likes:
Published by roi8890
Sabang
Sabang

More info:

Published by: roi8890 on Oct 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2012

pdf

text

original

 
RPJM Kota Sabang 2007 – 2012 
I - 1
BAB IPENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Sabang Tahun2007-2012 yang ditetapkan dengan Qanun Kota Sabang adalah dukumen induk dariperencanaan pembangunan daerah yang memuat visi, misi, arah kebijakan danpendekatan pembangunan yang didasarkan pada kondisi, potensi, permasalahan,kebutuhan nyata daerah, dan aspirasi masyarakat yang tumbuh dan berkembang diKota Sabang.Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) KotaSabang Tahun 2007 – 2012 diawali dengan proses teknokratik dan proses politik yangditempuh dalam kerangka pelaksanaan perencanaan aspiratif melalui pelaksanaanmusyawarah Perencanaan Pembangunan daerah (Musrenbanda) RPJM. DokumenRPJM merupakan penjabaran dari visi,misi dan program kepala Daerah terpilih danyang telah ditetapkan. Penyusunannya berpedoman pada Undang-Undang ((UU) No.25 tahun 2005 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang-UndangNo. 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Dearah dengan berbagai turunan peraturanpelaksanaannya. Dokumen RPJM ini tersrtuktur berdasarkan Surat Edaran MenteriDalam Negeri (Mendagri) No. 050/2020/SJ tentang Petunjuk Penyusunan DokumenRPJM dan RPJP Daerah.Dalam pasal 14 ayat (2) UU No. 25 tahun 2004 mengamanatkan bahwaKepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sabang harusmenyiapkan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD). Rancangan awal tersebut selanjutnya dikaji ulang disesuaikan sebagaipenjabaran dari visi, misi dan program prioritas Kepala Daerah terpilih.Kepentingannya adalah merumuskan strategi pembangunan daerah, kebijkanaumum, prioritas kepala daerah, dan arah kebijakan keuangan daerah selaras denganvisi dan misi kepala derah terpilih. Ketentuan tentang penyampaian visi dan misikepala daerah secara langsung (pilkadasung) juga diatur dalam Undang-Undang No.32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah pasal 76 ayat (2) yang mewajibkan
 
RPJM Kota Sabang 2007 – 2012 
I - 2
pasangan calon Kepala Daerah untuk menyampaikan visi, misi dan program secaralisan maupun tertulis kepada masyarakat.RPJM merupakan pedoman pokok pembangunan untuk kurun waktu 5 tahunsejalan dengan masa tugas Kepala Daerah terpilih. Sebagai dukomen perencanaanpembangunan daerah, RPJM disusun mengacu kepada berbagai dokumenperencanaan terkait. Dari komponen vertikal, dapat digunakan sebagai acuanadalah Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasional atau RPJP Provinsi,Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional dan atau RPJM Provinsi,Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional dan Provinsi serta dokumen lainnya disusunsecara sektoral. Dari sisi horizontal, RPJM mengacu kepada RPJP Kota Sabang,RTRW Kota Sabang serta dukomen perencanaan lainnya yang disusun secarasektoral. Adapun maksud dirujuknya semua dukomen perencanaan dimaksud adalahuntuk menjamin terciptanya sinergi kebjakan dan sinkronisasi program secaravertikal antar tingkat pemerintahan.Dokumen ini juga memuat program/kegiatan yang akandiimplementasikan dalam rangka mendukung rehabilitasi dan rekonstruksi pascatsunami di Kota Sabang. Kota Sabang juga tidak luput dari bencana gempa bumidan gelombang tsunami yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004. Kendati tidakseparah yang terjadi pada beberapa kabupaten/kota daratan lainnya di ProvinsiNanggroe Aceh Darussalam, namun beberapa sarana ekonomi dan sosial yang sangatpenting bagi masyarakat, termasuk kawasan permukiman di pesisir pantaimengalami kehancuran. Untuk itu, dokumen ini diharapkan menjadi salah satupanduan bagi pelaku pembangunan di Kota Sabang didalam implementasi kegiatanrehabilitasi dan rekonstruksi.RPJM berfungsi sebagai dokumen publik yang merangkum rencanakegiatan untuk lima tahunan dibidang pelayanan umum pemerintahan, maka prosespenyusunan RPJM Kota Sabang ini juga dilakukan melalui forum musyawarahperencanaan partisipatif, dengan melibatkan seluruh pelaku pembangunan(stakeholder).
 
RPJM Kota Sabang 2007 – 2012 
I - 3
1.2
 
.
Maksud dan Tujuan
Maksud dari penyusunan dokumen RPJM Daerah Kota Sabang Tahun 2007 –2012 adalah untuk memberikan landasan kebijakan strategis dalam kerangkapencapaian visi, misi dan program Kepala Daerah. Sebagai suatu instrumentperencanaan, RPJMD akan digunakan oleh seluruh satuan kerja pemerintah kotasebagai acuan/dasar bagi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan periode 2007– 2007 dan didalamnya tertuang kebijakan yang perlu ditempuh sebagai bagian daripelaksanaan visi, misi dan strategi utama Pemerintah Kota Sabang Tahun 2007 –2012.Adapun tujuan penyusunan dokumen RPJM Kota Sabang Tahun 2007-2012tidak terlepas dari proses perencanaan pembangungan sebagaimana yang tercantumdalam Undang-Undang No. 25 tahun 2004 tentang Sistem PerencanaanPembangunan Nasional dan Undang-Undang No. 32 tahun 2004 tentangPemerintahan Daerah. Tujuan penyusunan Dokumen RPJM Kota Sabang Tahun 2007-2012 adalah sebagai:1.
 
Menjabarkan visi dan misi Kepala Daerah terpilih ke dalam bentuk strategi,kebijakan, program dan kegiatan.2.
 
Menjamin keterkaitan dan konsistensi dukomen RPJM dengan dokumenperencanaan lainnya, baik secara vertikal maupun horizontal.3.
 
Mengoptimalkan penggunaan sumber daya secara efektif, efisien, berkeadilan,dan berkelanjutaan.4.
 
Mengidentifikasi isu-isu pembangunan dan kebijakan perencanaanpembangunan daerah sehingga benar-benar bias berorientasi padapemberdayaan masyarakat dalam rangka mengoptimalkan partisipasimasyarakat.5.
 
Melakukan analisis kebijakan perencanaan pembangunan daerah untuk dapatmerumuskan arah kebijakan dan perencanaan pembangunan daerah yangmenjamin tercapainya pemanfaatan sumber daya secara optimal.6.
 
Membagi pencapaian sasaran setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)dalam rangka mewujudkan visi dan misi Kepada Daerah, sehingga terciptanya

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
dehasri liked this
Fiia Bd liked this
Annica Møzang Gayo added this note
like this
Gita Susanti liked this
rama_shifa liked this
Marzuki Samion liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->