Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
71Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peran Koperasi Dalam Ekonomi Kerakyatan-Oleh Farhan

Peran Koperasi Dalam Ekonomi Kerakyatan-Oleh Farhan

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 9,003 |Likes:
Published by farhan
Peran Koperasi dalam Ekonomi kerakyatan
Peran Koperasi dalam Ekonomi kerakyatan

More info:

Published by: farhan on Oct 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/22/2013

pdf

text

original

 
PERAN KOPERASI DALAM EKONOMI KERAKYATAN
MakalahDisusun untuk memenuhi Ujian Susulan Ekonomi KoperasiDISUSUN OLEH :FARHAN IHSAN NAFISSA ( 0810210007 )
UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANGFAKULTAS EKONOMIJURUSAN EKONOMI PEMBANGUNANBAB I
 
PENDAHULUAN1.1Latar belakang
Hampir setiap orang mengenal Koperasi. Walaupun perdefinisi Koperasidipahami secara berbeda-beda, tetapi secara umum koperasi dikenal sebagai suatu bentuk perusahaan yang unik. Beberapa pengertian Koperasi menyebutkan, “Koperasi adalah suatu perkumpulan orang, biasanya yang memiliki kemampuanekonomi terbatas, yang melalui suatu bentuk organisasi perusahaan yang diawasisecara demokratis, masing-masing memberikan sumbangan yang setara terhadapmodal yang diperlukan, dan bersedia menanggung risiko serta menerima imbalanyang sesuai dengan usaha yang mereka lakukan (ILO, 1966 dikutip dari Ediliusdan Sudarsono,1993). Pengertian lainya menyebutkan, “Koperasi didirikan sebagai persekutuan kaum yang lemah untuk membela keperluan hidupnyadengan ongkossemurah-murahnya,itulah yang dituju. Pada koperasi didahulukan keperluan bersama, bukan keuntungan (Hatta,1954).Dari definisi-definisi tersebut bisa dilihat bahwa dalam Koperasi Setidak-tidaknya terdapat dua unsur yang yang saling berkaitan satu sama lain. Unsur  pertama adalah unsur ekonomi, sedangkan unsure kedua adalah unsur sosial .Sebagai suatu bentuk perusahaan, Koperasi berusaha memperjuangkan pemenuhankebutuhan ekonomi para anggotanya secara efisien. Sedangkan sebagai perkumpulan Orang, Koperasi memiliki watak sosial. Keuntungan bukanlah tujuanutama Koperasi. Sebagaimana dikemukakan oleh Bung Hatta (1954), yang lebihdiutamakan dalam koperasi adalah peningkatan kesejahteraan ekonomi paraanggotanya.Dilihat dari yang telah diutarakan diatas, Koperasi tampak memilikihubungan dengan Ekonomi Kerakyatan yang saat ini sedang ramai dibicarakan dandijadikan slogan oleh para Capres.Isu ekonomi memang menjadi tema utama saatini. Ekonomi Kerakyatan biasa dikenal orang sebagai paham ekonomi yang berpihak pada rakyat. Dalam hal ini yang dimaksut adalah rakyat miskin. TentunyaEkonomi kerakyatan sangat diminati oleh kalangan menengah kebawah yangmenganggap bahwa paham ini adalah paham yang tepat. Tampak jelas koperasi berhubungan dengan ekonomi kerakyatan. Ekonomi Kerakyatan berpihak padarakyat miskin dan Koperasi memperjuangkan kebutuhan ekonomi para anggotanya
 
dan memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para anggotanya.Laluapakah peran koperasi dalam Ekonomi Kerakyatan yang paham pro rakyat ini?Inilah yang akan dibahas dalam makalah ini.
1.2Rumusan Masalah
Rumusan masalah dari makalah ini adalah :Apakah peran Koperasi dalam Ekonomi Kerakyatan ?Apakah koperasi memiliki peran penting dalam Ekonomi Kerakyatan?
1.3Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui peran Koperasidalam Ekonomi Kerakyatan dan apakah Koperasi memiliki peran penting dalamEkonomi Kerakyatan.
1.4Manfaat Penulisan
Berdasarkan tujuan penulisan diatas, makalah ini bermanfaat sebagai sarana pemberian informasi yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk bahan pemikirantentang peran Koperasi. Sehingga dapat memacu pembaca untuk mengembangkankoperasi menjadi lebih baik, dan bisa lebih memperhatikan Koperasi.
BAB IIPEMBAHASAN

Activity (71)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nur Kholiq liked this
Arief Coeadner liked this
Semeru Sweet liked this
Yanto Kempo liked this
Nia Bee Allone liked this
Bayu Lombok liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->