Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
58Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
CIRI - CIRI KOPERASI

CIRI - CIRI KOPERASI

Ratings: (0)|Views: 8,181 |Likes:
Published by farhan
ciri-ciri dilihat dari segi pelakunya, tujuanya
ciri-ciri dilihat dari segi pelakunya, tujuanya

More info:

Published by: farhan on Oct 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/21/2013

pdf

text

original

 
CIRI - CIRI KOPERASICIRI - CIRI KOPERASI
DILIHAT DARI SEGI PELAKUNYA :DILIHAT DARI SEGI PELAKUNYA :Koperasi adalah organisasi ekonomi yang beranggotakanKoperasi adalah organisasi ekonomi yang beranggotakanorang-orang yang pada umumnya memiliki kemampuanorang-orang yang pada umumnya memiliki kemampuanekonomi terbatas dan mereka secara sukarelaekonomi terbatas dan mereka secara sukarelamenyatukan dirinya didalam koperasi sebagai upaya untukmenyatukan dirinya didalam koperasi sebagai upaya untukmemperbaiki kondisi ekonomi mereka.memperbaiki kondisi ekonomi mereka.DILIHAT DARI TUJUANNYA :DILIHAT DARI TUJUANNYA :Tujuan usaha Koperasi pada dasarnya adalah untukTujuan usaha Koperasi pada dasarnya adalah untukmemper juangkan kepentingan dan meningkatkanmemper juangkan kepentingan dan meningkatkankesejahteraan ekonomi para anggotanya. Miss; tujuankesejahteraan ekonomi para anggotanya. Miss; tujuankoperasi konsumsi adalah menyediakan bahan kebutuhankoperasi konsumsi adalah menyediakan bahan kebutuhanpokok para anggotanya agar mereka dapat memenuhipokok para anggotanya agar mereka dapat memenuhikebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau.kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau.
 
PERBEDAAN KOPERASI DENGANPERBEDAAN KOPERASI DENGANBENTUK PERUSAHAAN LAINNYABENTUK PERUSAHAAN LAINNYA
1. TUJUAN PENDIRIANNYA :1. TUJUAN PENDIRIANNYA :Koperasi didirikan atas kesamaan cita-cita serta atas dasarKoperasi didirikan atas kesamaan cita-cita serta atas dasarkesamaan hak dan kewajiban diantara para anggotanya.kesamaan hak dan kewajiban diantara para anggotanya.Tujuan pendiriannya untuk menyelenggarakan usahaTujuan pendiriannya untuk menyelenggarakan usahabersama guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi parabersama guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi paraanggotanya. Koperasi lebih mementingkan kesejahteraananggotanya. Koperasi lebih mementingkan kesejahteraananggotanya dan masyarakat disekitarnya.anggotanya dan masyarakat disekitarnya.Perusahaan lain tujuan pendiriannya untuk mengorganisirPerusahaan lain tujuan pendiriannya untuk mengorganisirmodal dan sumber daya lainnya dalam malakukan kegiatanmodal dan sumber daya lainnya dalam malakukan kegiatanusaha menghasilkan barang dan jasa untuk memperolehusaha menghasilkan barang dan jasa untuk memperolehkeuntungan yang sebesar besarnya. Prestasi perusahaankeuntungan yang sebesar besarnya. Prestasi perusahaandiukur dari keuntungan yang diperoleh, bukan dari kesejahdiukur dari keuntungan yang diperoleh, bukan dari kesejahteraan karyawannya atau masyarakat sekelilingnya.teraan karyawannya atau masyarakat sekelilingnya.
 
LANJUTANLANJUTAN
2. DILIHAT DARI ANGGOTANYA :2. DILIHAT DARI ANGGOTANYA :Anggotanya orang yang menjadi pelanggan usahanya.Anggotanya orang yang menjadi pelanggan usahanya.Mereka bergabung dengan menyerahkan sumbangan modalMereka bergabung dengan menyerahkan sumbangan modaldalam bentuk simpanan pokok adalah bagian modaldalam bentuk simpanan pokok adalah bagian modalkoperasi yang digunakan membiayai usahanya. Jumlahkoperasi yang digunakan membiayai usahanya. Jumlahsimpanan masing-masing anggota sama dan tidaksimpanan masing-masing anggota sama dan tidakmempengaruhi kedudukan anggota koperasi.mempengaruhi kedudukan anggota koperasi.Perusahaan lain hubungan kegiatan perusahaan denganPerusahaan lain hubungan kegiatan perusahaan denganpara pemegang saham sifatnya tidak langsung. Karenapara pemegang saham sifatnya tidak langsung. Karenamemang secara konsepsional dan hukum ada pemisahanmemang secara konsepsional dan hukum ada pemisahanantara fungsi kepemilikan dan fungsi managerial.antara fungsi kepemilikan dan fungsi managerial.Kpentingan para pemegang saham diukur berdasarkanKpentingan para pemegang saham diukur berdasarkan jumlah kepemilikan. Pemegang saham yang besar memiliki jumlah kepemilikan. Pemegang saham yang besar memilikiposisi yang kuat dalam memberikan suara pada saatposisi yang kuat dalam memberikan suara pada saatRUPS. Dalam perusahaan kepemilikan saham dapatRUPS. Dalam perusahaan kepemilikan saham dapatdialihkan pada orang lain.dialihkan pada orang lain.

Activity (58)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dewi Widiawati liked this
Agus Tina added this note
like it...,
Leader Vin liked this
Nurul Huda liked this
Zahra Clalu Ayesha added this note
terimakasih atas penjelasan yang sudah tertera di atas, dengan penjelasan tersebut saya dapat memehami pa tu bedanya koperasi dengan bahan lain. zahra
Hasrul Khan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->