Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
51Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
lensa

lensa

Ratings: (0)|Views: 3,753 |Likes:
Published by bat.laugh

More info:

Published by: bat.laugh on Oct 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/12/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANI.1. Latar Belakang
Kamera, mikroskop, teropong, teleskop, lup, danlainnya merupakan peralatan optik yang dari tahun ketahun semakin canggih dan alat-alat tersebut sudah tidakasing bagi kita. Kesemua alat tesebut menggunakan lensayaitu zat optis yang dibatasi oleh dua permukaanlengkung atau salah satu permukaannya datar.Untuk mendapatkan hasil bayangan yang kitaharapkan, kita harus mengetahui segala sesuatu mengenailensa, seperti fokus dari lensa yang digunakan, jari-jari kelengkunagn bidang lensa, bentuk (jenis) lensa,indeks bias lensa dan lain-lain. Karena lensa adalahsalah satu bagian terpenting dalam optik, maka perludikaji. Untuk itulah percobaan ini dilakukan.
I.2 Tujuan Percobaan
Adapun tujuan dari percobaan ini adalah :
α
a. Menentukan jarak titik api lensa.b. Menentukan jari-jari kelengkungan bidang lensa.c. Menentukan indeks bias lensa dan zat cair.
I.3 Permasalahan
Permasalahan yang akan dipecahkan dalam percobaan iniadalah :a. Bagaimana menentukan jarak titik api lensa.b. Bagaimana menghitung jari-jari kelengkungan keduabidang setiap lensa.c. Bagaimana menghitung indeks bias lensad. Bagaimana menghitung indeks bias aire. Menarik kesimpulan dari percobaan yang telahdilakukan
1
 
I.4 Sistematika Laporan
Laporan ini disusun dengan menggunakan sistematikalaporan sebagai berikut : Bab I yaitu Pendahuluan yangterdiri dari latar belakang, tujuan percobaan,permasalahan, dan sistematika laporan. Bab II Dasarteori yang menjadi dasar atas dilaksanakannya percobaanini, Bab III Peralatan dan Cara kerja. Bab IV berisiAnalisa data dan Pembahasan. Dan Bab V Kesimpulan dariserangkaian percobaan yang kami laksanakan.
2
 
BAB IIDASAR TEORICermin Datar
Ada tiga macam bentuk cermin, yaitu :a.Cermin datarb.Cermin cekungc.Cermin cembungCermin datar merupakan cermin yang tidak memiliki jari-jari kelengkungan. Sifat bayangan yang dibentuk olehnyaadalah :1.Maya2.Sama besar dengan bendanya3.Tegak dan menghadap berlawanan arah terhadap bendanya.4.Jarak benda terhadap cermin sama dengan jarak bayanganterhadap cermin.Bayangan yang dibentuk pada cermin datar adalah maya,yaitu bayangan yang terjadi karena pertemuan perpanjangansinar-sinar cahaya. Sinar cahaya adalah sinar yang terdapatdi depan cermin sedangkan perpanjangan sinar cahaya yangdimaksud adalah menuju bagian belakang cermin. Pada cerminlengkung (cekung dan cembung ) ada bayangan yang sifatnyanyata, yaitu bayangan yang terjadi karena pertemuan langsungsinar-sinar cahaya (bukan perpanjangan) dan dapat ditangkapoleh layar. Pembentukan bayangan pada cermin datar dapatdilukiskan sebagai berikut :1.lukis sinar pertama yang datang dari benda menujucermin dan pantulkan ke mata sesuai hukum pemantulanyaitu sudut datang = sudut pantul.2.lukis sinar kedua yang datang dari benda menuju kecermin dan dipantulkan ke mata sesuai hukumpemantulan.3.perpanjangan sinar pantul pertama dan sinar pantulkedua di belakang cermin akan berpotongan danmerupakan bayangan.
3

Activity (51)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yermias Waromi liked this
Yhenni Octaviana liked this
Dedy ASerio liked this
Shigatsu No Yuri liked this
David Tumanggor liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->