Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
364Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tegangan permukaan

tegangan permukaan

Ratings: (0)|Views: 21,398 |Likes:
Published by bat.laugh

More info:

Published by: bat.laugh on Oct 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/31/2013

pdf

text

original

 
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Dalam kehidupan sehari-hari, terlihat pada permukaan zat cair, sepertiterdapat suatu lapisan yang dapat mempertahankan keadaan benda yang terdapat padalapisan tersebut pada suatu kondisi tertentu. Misalnya jarum yang diletakkanmendatar pada permukaan zat cair. Peristiwa ini merupakan bentuk dari adanyategangan permukaan zat cair. Perbedaan sifat antara zat cair yang berbeda jenisnyaakan mempengaruhi tegangan permukaan yang ada pada zat cair.Kejadian diatas adalah merupakan sebagian contoh dari aplikasi tegangan pada permukaan zat cair dialam. Dari hasil pengamatan dapat disebutkan bahwa pada permukaan zat cair seolah-olah ditekan oleh lapisan elastis yang tak tampak, yangmenyebabkan bentuknya melengkung.Dari fenomena-fenomena alam tersebut, untuk memahami lebih jauh tentangtegangan permukaan zat cair maka dilakukanlah percobaan ini. Dalam percobaan inimencoba untuk menentukan nilai tegangan permukaan yang terjadi peda suatu zatcair.
1.2 TUJUAN PERCOBAAN
Percobaan ini bertujuan untuk menentukan nilai tegangan permukaan suatuzat cair dengan mengaplikasikan rumus-rumus tegangan permukaan (terutama untuk mencari besarnya gaya tegang pada permukaan suatu zat cair). Zat cair yangdigunakan antara lain aquades, alkohol, minyak tanah, dan oli.
1.3
 
PERMASALAHAN
Bagaimana cara menghitung besar tegangan permukaan zat cair berdasar data-data hasil percobaan. Definisi dari tegangan permukaan itu sendiri, dan penyebabterjadinya tegangan permukaan. Hubungan antara sifat zat cair terutama yang berkaitan dengan adhesif-nonadhesif terhadap tegangan permukaan Hubungan antarategangan permukaan dan rapat massa.
1.4 SISTEMATIKA LAPORAN
Laporan ini terdiri dari lima bab secara garis besar dan berisi tentang pengukuran tegangan permukaan, untuk lebih jelasnya maka susunan laporan adalah
1
 
sebagai berikut. Bab I Pendahuluan yang di dalamnya berisi tentang latar belakang,tujuan percobaan, permasalahan, sistematika laporan praktikum. Bab II Dasar Teorimerupakan penjelasan dan ulasan singkat tentang teori dasar yang mendasari kegiatan percobaan yang dilakukan. Bab III Cara Kerja dan Peralatan, dalam bab inimenerangkan tentang tata urutan kerja yang dilakukan dalam melaksanakan kegiatan praktikum serta pengenalan peralatan yang diperlukan dalam melakukan praktikum.Bab IV Analisa Data dan Pembahasan, dalam praktikum tentunya kita akanmemperoleh data-data sehingga perlu adanya penganalisaan lebih lanjut karena tidak sempurnanya alat ukur, ketidaktepatan cara mengukur, tidak sempurnanya alat inderadan lain-lain. Dengan memperhitungkan ralat-ralat dari data yang diperoleh dalammelakukan praktikum agar mendapatkan data yang mempunyai ketelitian yangsesuai. Bab V Kesimpulan, memberikan kesimpulan dari kegiatan praktikum yangdilakukan.
2
 
BAB II
DASAR TEORI
Banyak Fenomena-fenomena alam yang kurang kita perhatikan akan tetapifenomena-fenomena tersebut mempunyai hubungan dengan adanya tegangan permukaan. Sering terlihat peristiwa-peristiwa alam yang tidak diperhatikan denganteliti misalnya tetes-tetes zat cair pada pipa kran yang bukan sebagai suatu aliran,laba-laba air yang berada di atas permukaan air, mainan gelembung-gelembungsabun, pisau silet yang diletakkan perlahan-lahan diatas permukaan zat cair yangterapung, dan naiknya air pada pipa kapiler. Hal tersebut dapat terjadi karena adanyagaya-gaya yang bekerja pada permukaan zat cair atau pada batas antara zat cair dengan bahan lain.Yang dimaksud tegangan permukaan adalah suatu kemampuan ataukecenderungan zat cair untuk selalu menuju ke keadaan yang luas pemukaannya lebihkecil yaitu permukaan datar, atau bulat seperti bola atau ringkasnya didefinisikansebagai usaha untuk membentuk luas permukaan baru. Dengan sifat tersebut zat cair mampu untuk menahan benda-benda kecil di permukaannya. Seperti silet, berat darisilet menyebabkan permukaan zait cair sedikit melengkung kebawah dimana silet itu berada. Lengkungan itu memperluas permukaan zat cair namun zat cair dengantegangan permukaannya berusaha mempertahankan luas permukaannya sekecilmungkin.Ada beberapa model peralatan yang sering digunakan untuk mengukutegangan permukaan suatu zat cair. Yang pertama adalah dengan metode pipa kapiler yaitu mengukur tegangan permukaan zat cair dan sudut kelengkungannya denganmemakai pipa berdiameter. Salah satu ujung pipa tersebut dicelupkan kedalam permukaan zat cair maka zat cair tersebut permukaannya akan naik sampai ketinggiantertentu. Pada percobaan ini salah satu aspek yang mudah diamati adalah tentang sifatzat cair yaitu apakah zat cair itu adhesive atau non-adhesive. Untuk itu perhatikangambar berikut ini :
Gambar II.1 Sudut kontak zat cair pada pipa kapiler 3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->