Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
51Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Metode Penelitian

Metode Penelitian

Ratings: (0)|Views: 3,682 |Likes:
Published by Farid
Anda dapat menggunakan modul ini untuk kepentingan ummat
Anda dapat menggunakan modul ini untuk kepentingan ummat

More info:

Published by: Farid on Oct 21, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2013

pdf

text

original

 
1
BAHAN AJARTinjauan Matakuliah
Mata kuliah ini mempelajari ruang lingkup dan jenis metode penelitian,desain proposal penelitian, studi kepustakaan, hipotesis penelitian, populasidan sampel, skala pengukuran dan instrument, pengolahan dan penyajiandata, analisis data serta laporan penelitian.Pengetahuan penelitian tidak saja menolong seseorang untuk melihatinformasi yang tersedia dengan cara canggih dan kreatif dalam lingkunganglobal yang bergerak cepat yang dihadapi bisnis, akan tetapi pengetahuanpenelitian akan membantu anda untuk dapat berinteraksi secara efektif dengan konsultan penelitian yang nantinya akan bekerja dengan anda. Anda juga dapat membedakan antara studi yang baik dan buruk yangdipublikasikan bila diinginkan, anda sendiri dapat melakukan penelitian untukmemecahkan masalah. Selain itu, pengetahuan dalam bidang bisnis yangsedang meledak dan terdapat kesimpangsiuran informasi menuntut andauntuk menyaring dalam menentukan reliabilitasnya. Mengenali isu penting,mengumpulkan informasi relevan, menganalisis data dengan cara yang dapatmembantu pengambilan keputusan, melaksanakan rangkaian tindakan yangtepat, kesemuanya dimungkinkan dengan memahami metode penelitian.Bagaimanapun, pengambilan keputusan hanya sebuah proses memilihdiantara diantara alternative solusi untuk memecahkan masalah danpenelitian berperan dalam menghasilkan alternative yang dapat diterapkanuntuk pengambilan keputusan yang efektif.Selain itu mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah dalamprogram studi manajemen yang ditujukan untuk dapat membantu mahasiswadalam penyelesaian studi khususnya dalam penyusunan skripsi. Di sampingitu setelah mahasiswa menyelesaikan perkuliahan mahasiswa juga dapat
Private File - FARID, SE.M.Si 
 
2membuat proposal kegiatan sederhana yang di biayai dari pihak luar khususnya dari Dikti melalui program pengembangan kreativitas mahasiswa.Dalam menunjang pelaksanaan perkuliahan, maka tujuan intruksionalyang ditetapkan adalah bahwa setelah menyelesaikan perkuliahan ini, makadiharapkan mahasiwa mampu untuk membuat proposal dan laporanpenelitian. Berdasarkan tujuan intruksional maka organisasi materi meliputi;ruang lingkup dan jenis metode penelitian, desain proposal penelitian, studikepustakaan, hipotesis penelitian, populasi dan sampel, skala pengukurandan instrument, pengolahan dan penyajian data, analisis data serta laporanpenelitian.Untuk memudahkan pemahaman, maka diharapkan peserta matakuliah ini memiliki buku referensi untuk menunjang kelancaran pelaksanaanperkuliahan, selain itu dengan buku referensi yang dimiliki mahasiswa akanmampu menyelesaikan tugas-tugas yang nantinya akan diberikan dalamproses perkuliahan.
Private File - FARID, SE.M.Si 
 
3
BAB IPENGERTIAN, JENIS DAN PERANAN PENELITIANPendahuluan
Dalam materi ini akan dijelaskan beberapa pengertian penelitian, jenisdan tujuan penelitian serta persyaratan dan peranan penelitian. Denganmemahami inti pokok materi, maka peserta akan dapat memahami secaramendalam tentang beberapa aspek yang berhubungan dengan penelitian.Setelah mengikuti materi ini, maka peserta diharapkan dapatmenjelaskan pengertian penelitian, jenis penelitian, dan peranan penelitiandalam kehidupan sehari-hari.
Penyajian
Materi ini terdiri atas tiga sub pokok bahasan, yakni; pengertian/definisipenelitian, jenis penelitian dan peranan penelitian. Dalam pertemuan ini akandibahas ketiga sub pokok bahasan tersebut :
A.Pengertian Penelitian
Secara umum penelitian dapat didefinisikan sebagai proses untukmencari kebenaran. Ini berarti bahwa dalam kehidupan sehari-harimanusia tidak terlepas dari kegiatan penelitian. Sebagai contoh, ketikaseseorang mendapatkan informasi tentang sesuatu, maka untukmembuktikan kebenaran informasi tersebut, maka dia akan berusahauntuk menyelidiki dan mencari sumber informasi tersebut sehingga diayakin dan percaya akan informasi tersebut.
Private File - FARID, SE.M.Si 

Activity (51)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Siti Markhamah liked this
Tiya Bluftpluft liked this
Juliana Berewot liked this
Farida Ririn liked this
Caha Ganksper liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->