Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Metodologi Studi Islam 01 Buku Abuddin Nata

Metodologi Studi Islam 01 Buku Abuddin Nata

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 63,872|Likes:
Published by falqi

More info:

Published by: falqi on Oct 21, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/02/2013

pdf

text

original

 
M E T O D O L O G ISTUDI ISLAM
OLEH :
PROF. Dr. H. ABUDDIN NATA, M.A
P E N E R B I T JAKARTA, : PT.RajaGrafindo Persada 2004DISUSUN OLEH:NIKMATURROHMAH :D31206017
 
BAB IMISI AJARAN ISLAM
Studi terhadap misi ajaran Islam secara komprehensif dan mendalam adalahsangat diperlukan karena beberapa sebab sebagai berikut :
 Pertama
, untuk menimbulkan kecintaan manusia terhadap ajaran Islam yangdidasarkan kepada alasan yang sifatnya bulan hanya normatif , yakni karenadiperintah oleh Allah, dan bukan pula karena emosional semata-mata karenadidukung oleh argumentasi yang bersifat rasional, kultural dan aktual. Yitu argumenyang masuk akal, dapat dihayati dan dirasakan oleh umat manusia.
 Kedua,
untuk membuktikan kepada umat manusia bahwa Islam baik secaranormatif maupun secara kultural dan rasional adalah ajaran yang dapat membawamanusia kepada kehidupan yang lebih baik, tanpa harus mengganggu keyakinanagama Islam.
 Ketiga,
untuk menghilangkan citra negatif dan sebagian Masyarakat terhadapajaran Islam.A.Terdapat sejumlah argumentasi yang dapat digunakan untuk menyatakan bahwa misi ajaran Islam sebagai pembawa rahmat bagi seluruh alam.Argumentasi tersebut dikemukakan sebagai berikut :
 Pertama
, untuk menunjukkan bahwa Islam sebagai pembawa rahmatdapat dilihat dari pengertian Islam itu sendiri. Kata Islam makna aslinyamasuk dalam perdamaian, dan oran Muslim ialah orang yang damai denganAllah dan damai dengan manusia. Damai dengan Allah, artinya berserah dirisepenuhnya kepada kehendak-Nya dan damai dengan manusia bukah saja berarti menyingkiri berbuat jahat dan sewenang-wenang kepada sesamanya,melainkan pula ia berbuat baik kepada sesamanya. Dua pengertian inidinyatakan dalam Alqur’an sebagai inti agama Islam yang sebenar-benarnya.Al-Qur’an menyatakan sebagai berikut :Islam adalah agama perdamaian dan dua ajaran pokoknya, yaituKeesaan Allah, dan kesatuan atau persaudaraan umat manusia, menjadi buktiyang nyata bahwa agama Islam selaras benar dengan mananya. Islam bukansaja dikatakan sebagai agama sekalian Nabi Allah, sebagaimana tersebut di
 
atas, melainkan juga sesuatu yang secara taksadar tunduk sepenuhnya kepadaundang-undang Allah, yang kita saksikan pada alam semesta.
 Pertama
, misi ajaran Islam sebagai pembawa rahmat dapat dilihat dari peran yang dimainkan Islam dalam menangani berbagai problematika agama,sosial, ekonomi, politik, hukum, pendidikan, kebudayaan, dan sebagainya.Dari sejak kelahirannya lima belas abad yang lalu Islam senantiasa hadir memberikan jawaban terhadap permasalahan di atas. Islam sebagaimanadikatakan H.A.R. Gibb bukan semata-mata ajaran tentang keyakinan saja,melainkan sebagia sebuah sistem kehidupan yang multi dimensial.Dalam bidang sosial, keadaan masyarakat terbagi-bagi kedalam sosialatau kasta yang dibedakan berdasarkan suku bangsa, bahasa, warna kulit,harta benda, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Dengan sistem kelas yangdemikian, maka tidak akan terjadi mobilitas vertikal yang didasarkan pada pretasinya masing-masing.Selanjutnya dalam bidang ekonomi, ditandai oleh praktimendapatkan uang dengan menghalalkan segala cara, seperti dengan praktik riba, mengurangi timbangan, menipu, monopoli, kapitalisme, dan sebagainya.Keadaan yang demikian itu pada gilirannya membawa mereka yang kayasemakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Persaingan yang tidak sehatterjadi diantara mereka. Manusia telah menjadi budah dari harta benda.Selanjutnya dalam bidang pendidikan, ditandai oleh keadaana di mana pendidikan atau ilmu pengetahuan hanya milik kaum elit. Rakyat dibiarkan bodoh sehingga dengan mudah dapat disesatkan akidahnya dan selanjutnyadengan mudah dapat diperbudak.Dalam pada itu pada masa kedatangan Islam di bidang kebudayaanditandai oleh keadaan masyarakat yang semata-mata mengikuti hawa nafsusyahwat dan nafsu duniawi. mereka gemar melakukan mabuk-mabukan,foya,foya, berzina, berjudi, dan sebagainya. Mereka tenggelam dalam dosa-dosa maksiat.Dari sejak kelahirannya Islam sudah memiliki komitmen dan responyang tinggi untuk ikut terlibat dalam memecahkan berbagai masalah tersebutdi atas. Islam bukan hanya mengurusi sosial ibadah dan seluk beluk yang

Activity (1)

You've already reviewed this. Edit your review.
ana_876750975 liked this
Ryanda Kaleh liked this
Qeyh AO Gurlz added this note|
tq
Dedy Al-Riyaghi liked this
Buhrin Wayka added this note|
sukron
Zarkasi liked this
Dini Rusardani liked this
Wafa Rayhana added this note|
Makasih info

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->