Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Uts Dinamika Kawasan Eropa

Uts Dinamika Kawasan Eropa

Ratings: (0)|Views: 924|Likes:
Published by Rainintha
hehe ayoooo
hehe ayoooo

More info:

Published by: Rainintha on Oct 22, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2012

pdf

text

original

 
1. Proses dan evolusi integrasi Eropa. Lihat perkembangan dr aspek sejarah dan budaya politik Eropa, dari zaman dahulu sampe Treaty of Nice tahun 2000.
-
Runtuhnya kekuasaan otokratik Gereja dan Roma pasca Traktat Westphalia 1648
-
Zaman keemasan Eropa (Renaissance) 1648-1914 memberikan kebebasan terhadap kemajuan sains,filsafat, modern and positive arts.
-
. Setelah PD I muncul kekhawatiran Lenin dan Stalin yang kemudian memberikan perhatian terhadapnegara Eropa Timur terhadap tetangga negara kapitalis Eropa Barat. Uni Sovyet mencoba membangunkebijakan isolasi terhadap Eropa Timur, meskipun umumnya negara-negara Eropa Timur membutuhkanJerman sebagai bagian dari Eropa
-
Bretton Woods, cikal bakal World Bank dan IMF
-
Pada Perang Dunia II, Eropa terbagi menjadi 2 kubu, yaitu barat dan timur. Di barat merekamendirikan sebuah organisasi dengan nama “Council of Europe” atau disebut juga dengan Dewan Eropapada tahun 1949. Berakhirnya PD II yang menyisakan abu dengan kemenangan di tangan sekutu danmunculnya perang dingin antara sekutu dan Rusia memunculkan ide tentang cara terbaik untukmenyelamatkan Eropa di masa depan dan membuat Eropa untuk tidak berperang lagi
-
Robert Schuman, adalah menlu Perancis yang mengemukan ide-ide nya dalam sebuah presentasi padatanggal 9 May 1950 (”Europe Day”).
-
1950 : EEC --> creation of common market
-
“European Coal and Steel Community (ECSC)” yang ditanda tangani pada tanggal 18 April 1951. “ECSC”yang dibentuk oleh 6 negara pionir yang juga merupakan anggota Dewan Eropa yaitu Perancis, Jerman,Belgia, Belanda, Luxemburg dan Italia terbukti setelah lebih dari setengah abad, berhasil menyatukanEropa secara politik dan ekonomi sekaligus meningkatkan martabat negara-negara Eropa. Karena padadasarnya peperangan adalah pilihan negara-negara yang tidak beradap dan bermartabat.
-
Winston Churchill pengen ada US of Europe dimulai dengan common military dan removal of trade barrier 
-
ECSC is simple but its a remarkable start where enable Europe to give up its significance to supranationalauthority
-
-ROAD TO EUROPE:-1950 : EEC (organisasi donor Marshall Plan untuk di Eropa)-1952 : ECSC (untuk supply bahan perang)-1957 : Treaty of Rome (peace loving and democratic countries may wish to join, beginning of trade barrierremoval talk)--ECONOMIC AND SOCIAL INTEGRATION (1979-1992)-1973 : Inggris baru masuk menjadi anggota ; no other option Inggris melihat negara anggota EEC kok jaditambah kaya-1986 : EEC jadi European Community, Single European Act (preparation for all for single market by 1993,pengesahan COurt of Justice, European Political Cooperation)-1991 : Treaty of Maastricht/Treaty of Europe-1993: Uni Eropa terbentu-1997 : Treaty of Amsterdam,isinya merupakan amndemen terhadap traktat Roma , smplifikasi, endorsefreedom of movement maksudnya flow of immigrant dr eropa timur dan bebas travelling, mulaidisinggung masalah enlargement.-1999 : beberapa negara mulai menggunakan Euro sebagai mata uang-2000 : Treaty of Nice-2009 : Treaty of Lisbon-
Hasilutama:
a.Denganmemperha,kanperluasananggotaUEmembatasijumlahanggotaParlemenmaksimalsebanya732orangdansekaligusmemberialokasijumlahkursi,apnegaraanggota(sudahtermasuknegaraanggotabaru).b.Menggan,mekanismepengambilankeputusanbagi30pasaldalamTEUyangsebelumnyamenggunakan
unanimity
dandigan,denganmenggunakanmekanisme
qualifiedmajorityvo5ng
.c.Merubahbobotsuaranegara‐negaraanggotaUEmulai1Januari2005(sudahtermasuknegara‐negaraanggotabaru).
-
UJIAN TENGAH SEMESTER DINAMIKA KAWASAN EROPA
 
2.Faktor yang mendorong kerjasama di bidang ekonomi
-Filosofi: Munculnya pemikiran bahwa interdependensi mengurangi konflik dan mewujudkan stabilitasregional, semakin banyak transaksi maka semakin banyak cross pressure, cross pressure menghindarkankedua pihak bersengketa dan kemungkinan untuk berhadapan seara langsung pada isu-isu. Nah kalodikaitkan dengan Uni Eropa dan peningkatan kerjasama ekonomi Eropa itu karena ada pemikiran bahwasuatu sistem internasional yg terintegrasi sejauh dikendalikan oleh sistem yang ditunjuk untuk mengelolaakan lebih mudah menyelesaikan masalah.-Teoritis: ada dua asumsi : 1) pendekatan institusional : integrasi sebagai pembentukan sebuah badanpolitik, 2)pendekatan behavioral: proses yg masive dan inevitable yg mendorong pembentukan suatudunia yg bersatu-Nasionalisme --> memberikan inspiasi kepada komunitas etnik (Eropa terdiri dari 400 etnik), sehinggamelahirkan tindakan mental, ini bisa dimobilisasi dan dipolitisasi, masa lalu dikonstruksikan kembali danmembentuk new camp.
Fokus politik pada nasionalisme telah melibatkan pengalaman Eropa (UniEropa) dan menjadi pembahasan lebih dari 500 tahun. Identitas nasional dan nasionalismemeningkat dan memberikan inspirasi kepada komunitas-komunitas etnik pada semua kelas,wilayah jender, agama, Komunitas territorial secara kultural dan penduduknya melahirkan“tindakan mental” dimana egara-negara terkuat sebelumnya telah sampai kepada terminologikekuatan dengan cara “menciptakan” mobilisasi komunitas etnik.
- Eksistensi negara-negara Eropa Timur yang pada akhirnya ikut berintegrasi ke Uni Eropa : 1991: VisegradGroup (Hong,Pol,Cekoslovak) ; thn 1993-kegagalan ekonomi komunis
.
KERJASAMA EKONOMIMengapa sektor ekonomi dipilih sebagai jalan penyatuan negara-negara Eropa ?. Adadua sebab minimal yang dapat digali : pertama, sektor ekonomi lebih bisa diterima olehnegara-negara Eropa lainnya. ECSC didirikan dalam momentum rivalitas tinggi antara jerman (timur) dan Perancis sebagai efek langsung perang dingin ketika itu, sehinggadomain politik menjadi sangat sensitif. Kedua, sebagai salah satu strategi untuk menandingi kemajuan perekonomian Amerika, Uni Soveyet dan Jepang yang mampu bangkit pasca Perang Dunia II dan menjelma menjadi salah satu negara superpowerdibidang ekonomi dunia. Ketiga, untuk mewujudkan mimpi eropa (european dream).Masyarakat eropa bermimpi untuk mendahulukan kesejahteraan bersama dan kualitashidup daripada menumpuk kekayaan individu, mendahulukan kerjasama globaldaripada melakukan tindakan sepihak dan lebih mendahulukan pembangunan berkelanjutan daripada pertumbuhan materi yang tanpa batas. Untuk mewujudkanmimpi itu, maka penyatuan sumber daya ekonomi menjadi pilihan terbaik.
SENSE OF IDENTITYnongovernmental groups atau kelompok-kelompok transnasional di tingkat regional, baik secara formal maupun informal. Penguatan isu integrasi identitas kawasan bahkanmempengaruhi kondisi suksesi negara anggota UE. Pada titik ini, struktur (UE) danagen (aktor-aktor) saling menentukan satu sama lain dalam pewujudan kepentinganmasing-masing. Bukti perkembangan Uni Eropa menunjukkan bahwa sistem nilai dangagasan bersama memiliki karakteristik struktural dan menentukan tindakan sosial danpolitik. Kebijakan penyatuan mata uang (euro) menjadi bukti bahwa kepentingan UniEropa bukanlah rangkaian preferensi yang baku melainkan produk dari identitas aktor-aktor Uni Eropa, identities are basis of interest
KEGAGALAN EKONOMI KOMUNIS
UJIAN TENGAH SEMESTER DINAMIKA KAWASAN EROPA
 
Akhir-akhir ini muncul apa yang disebut “kepandaian nasionalis”, karena mencobauntuk merefleksikan suatu upaya untuk mengkontruksikan kembali dan membentuk warisan-warisan mereka kepada “Kamp Baru” (new camp)--- Pan-pan Regionalismedari identitas-identitas nasional. Batasan terhadap wilayah yang sebelumnya buruk dansulit sebagai akibat definisi “perang dingin” kemudian menjadi encer untuk mengalirdan terbuka sebagai suatu perubahan politik yang telah menyapu Eropa Timur untuk  bergerak kearah Eropa Barat khususnya dalam kepentingan ekonomi. Proyek-proyek Eropa Barat melalui kerjasama ekonomi secara umum berkaitan dalam ekonomikapitalisme. (kegagalan ekonomi komunis ?)
EKSISTENSI NEGARA BEKAS PAKTA WARSAWAMeskipun Negara-negara Eropa Timur berubah menjadi demokrasi, akan tetapi beradadi bawah dominasi Uni Sovyet. Kedudukan dan pendudukan di bawah kontrol UniSovyet setelah PD II sampai ke masa keruntuhannya pada masa USSR dibawahkepemimpinan Gorbachev pada tahun 1991.TAHAPAN PERJANJIAN ANTARA UNI EROPA DENGAN NEGARA-NEGARAEROPA TENGAH DAN TIMURa.
Perjanjian I asosiasi yang ditanda-tangani –pada tahun 1991 “Visegrad Group”dengan negara : Hongaria, Polandia dan Cekoslowakia. b.
Menyusul tahun 1993, perjanjian ditanda tangani dengan Bulgaria, Rumania, 3negara Baltik, dan Slovania.c.
Perjanjian yang sama juga termasuk Ciprus dan Malta. Secara langsung Negara-negara tersebut menjadi partner/anggota Uni Eropa.
3. Pola-pola kebijakan luar negeri 3 kekuatan besar di Eropa (Inggris,Prancis, dan Jerman) pasca Perang Dingin.
Inggrisdipaksa masuk EEC oleh Winston Churchill, saat itu Inggris sedang krisis, EEC dianggap oleh MargarethThatcher sebagai “there is no other alternative” to-go solution.Inggris merasa dirinya adalah atlantis, bukan European mainland dan ambisi terbesarnya adalahmenjadikan London sebagai pusat keuangan duniaUntuk urusan keamanan, Inggris selalu merujuk kepada AS terlbih dahulu atau mengandalakan institusiNATO. Inggris tidak ingin EU memiliki pakta pertahanna sendiri karena ia sangat mendukung inter-governmentalisme dalam masalah keamanan. Inggris ingin mengatlantiskan Eropa melalui NATO.Faktor penduung karena faktor sejarah
royal navy
Inggris tidak bisa disejajarkan dengan tentara di Eropakontinental.
Tetapi, Inggris tetap menentang pembentukan tentara Eropa – European Army, mengingatkanpentingnya supremasi NATO, dan keputusan harus atas dasar prinsip intergovernmentalisme dalammasalah-masalah pertahanan Eropa. Atas dasar ini ada dua usulan pada UE: pertama, memperkuat identitaspertahanan Eropa dalam NATO; kedua, penghapusan WEU dan mengintegrasikannya ke dalam NATO.Menurut Inggris, akan sulit mengintegrasikan WEU ke dalam UE secara penuh. Jadi akan lebih baikmenggabungkan beberapa elemen WEU ke dalam UE dan elemen yang lain ke dalam NATO; atau justrumenciptakan dimensi Eropa yang jelas dalam NATO
 Jermandipaksa masuk untuk mengkooptasi kekuatannya , tapi saat itu masih Jerman Barat jadi meskipun ekonomikuat tapi dia msh harmless; Inggris khawatir pada Jerman, sebenarnya trauma. Kebijakan keamanan :menjalin hubungan baik dengan NATO.
 Jerman sangat unggul dalam teknologi, salah satunya
UJIAN TENGAH SEMESTER DINAMIKA KAWASAN EROPA

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
RiRi Farida liked this
Sitioktovani Vn liked this
Nanda Imoet liked this
Amon Bay Saa liked this
Yulia Pratiwi liked this
monica smart liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->