Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
53Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposol Penambangan Batubara Raja Kutai

Proposol Penambangan Batubara Raja Kutai

Ratings: (0)|Views: 9,957|Likes:
Published by setia wirawan

More info:

Categories:Business/Law, Finance
Published by: setia wirawan on Oct 22, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/26/2013

pdf

text

original

 
August 17, 2009
INDENTIFIKASI PEKERJAAN + POTENSIAL LOST+ MARKET= MAKSIMAL PROFIT
Prolog
Seperti diketahui
, persepsi masyarakat Kaltim pada umumnya memandangusaha penambangan batubara sebagai sebuah usaha yang memerlukan modalbesar, tehnologi tinggi dan tim tehnis yang tangguh serta unsure gambling (judi)sangat tinggi. Bila ditelisik lebih jauh persepsi tersebut jelas tidak salah. Namunnampaknya kurang tepat.Dari pengalaman empiric menjalankan tambang di CV Kartanegara (site KutaiLama) dan PT Borneo Emas Hitam yang kebetulan di kedua perusahaan tersebut,penulis ditempatkan pada posisi pengambil keputusan (Kuasa Direktur (CVKartanegara Perkasa, General Manager (PT BEH) fakta menunjukkan bahwa modal yang besar, penguasaan tehnologi dan tim tehnis yang mumpuni ternyata belumcukup untuk membangun sebuah usaha penambangan yang berhasil.Untuk usaha penambangan yang profitable salah satu yang terpenting adalahadanya kesamaan visi yang jelas dari seluruh stakeholder perusahaan dan seluruhkaryawan yang terlibat di dalam proses penambangan. Visi perusahaan merupakantujuan besar bersama yang akan dicapai perusahaan. Visi perusahaan merupakanarah dan tujuan dari semua aktivitas perusahaan.Kita menyaksikan banyak perusahaan tambang yang ‘gugur’ sebelum berkembang,sengketa berkepanjangan antar stake holder menyebabkan potensi yang sangatbesar menjadi sia-sia. Saling menelikung, saling menjegal, saling membelakangimerupakan warna warni dunia batubara yang hingga kini terus terjadi, bahkancukup banyak yang berakhir di kantor polisi dan pengadilan.‘Hal lain yang sangat mempengaruhi keberhasilan usaha penambangan batubara,khususnya perusahaan-perusahaan local Kaltim (perusahaan keluarga) adalah sikapdan mental kejujuran dalam berusaha. Bangunan usaha penambangan batubara yang tidak dilandasi dengan dasar-dasar kejujuran dan menjungjung tinggikomitmen, cepat atau lambat akan tergilas oleh waktu.
By Setia Wirawan | Untuk Bpk Boza, PT Raja Kutai Baru Makmur1
 
August 17, 2009
INDENTIFIKASI PEKERJAAN + POTENSIAL LOST+ MARKET= MAKSIMAL PROFIT
Kondisi diatas diperparah lagi dengan gaya pengelolaan perusahaan yang cenderungtidak professional dan mengabaikan kaidah-kaidah manajemen modern. Sehingga yang terjadi adalah pemborosan operasional cost yang tidak terkontrol. Bahkandalam kasus tertentu, ada sejumlah perusahaan tambang yang mengalami kerugiancukup besar akibat mempunyai pemahaman yang keliru terkait dengan usahapenambangan batubara.Pemahaman bahwa efisiensi adalah mempunyai peralatan atau alat berat sendiriditerjemahkan dengan pembelian alat-alat berat yang diperlukan untukmenambang batubara. Padahal kemampuan pengelolaan alat berat, baik dari sisilatar belakang bisnis, manajemen maupun pengelola SDM (operator dan mekanik)belum dimiliki dengan benar. Akibatnya, investasi yang cukup besar tidakmemberikan hasil sesuai dengan harapan.Pengertian manajemen modern yang kami maksudkan disini diantaranya terkaitdengan bagaimana owner KP mengelola perusahaannya. Contoh yang palingsederhana dan kerap kita jumpai di sebagian besar perusahaan batubara Kaltim,tidak dilakukannya pemisahan keuangan antara pemilik perusahaan dengan uangperusahaan.Mengoperasionalkan tambang pada hakekatnya adalah sebuah seni memimpinorkestra dimana keragaman alat musik dan banyaknya pemain musik dituntut untukmenciptakan harmonisasi nada yang selalu berpijak pada keseimbangan(equilibrium) nada dan ritme. Satu orang (alat musik) keluar dari kerangka yangtelah disusun oleh dirijen maka keseimbangan itu akan menjadi tidak terjaga,akibatnya harmonisasi menjadi terganggu dan suara/nada yang dihasilkan menjaditidak bermakna dan kurang nyaman dinikmati telinga.Untuk mengoperasionalkan tambang dengan begitu banyak SDM yang salingberinteraksi, begitu banyak cakupan pekerjaan yang akan dilakukan dan begitukomplek masalah yang akan muncul baik teknis maupun non teknis dan begitu besarmodal yang diinvestasikan maka diperlukan individu-individu yang memiliki polapikir yang benar, tidak sekedar individu yang memiliki ilmu pengetahuan semata.
By Setia Wirawan | Untuk Bpk Boza, PT Raja Kutai Baru Makmur2
 
August 17, 2009
INDENTIFIKASI PEKERJAAN + POTENSIAL LOST+ MARKET= MAKSIMAL PROFIT
Pola pikir / cara pandang pada tataran ini adalah individu yang senantiasamembiasakan diri untuk selalu berpikir lateral dan holistik serta menempatkandirinya sebagai murid dari kehidupan ini. Seperti juga dalam memimpin orkestradimana semuanya direncanakan, teratur, terarah dan menuju muara yang sama yakni harmonisasi nada yang optimal. Begitupun usaha penambangan, bila dilakukandengan perencanaan yang tepat dan berbasic pada indentifikasi pekerjaan danindentifikasi potensial lost yang didasari oleh pilihan strategi yang jitu dimanabersandar pada mengukur kemampuan modal, SDM dan kemampuan melakukancontrol maka optimalisasi profit secara otomatis akan masuk ke pundi-pundiperusahaan.Kami sangat yakin bahwa pola pikir akan mampu mengubah segalanya. Darirentetan historis para penemu kita akan sulit menemukan individu-individu yangber IQ tinggi, sebaliknya mereka yang bisa mengubah peradaban manusia adalahorang-orang biasa yang setiap hari selalu mengasah otaknya untuk senantiasaberpikir, proses dialektik aksi, reaksi dan interaksi menjadi olah raga otak dalamkesehariannya. Pola pikir yang benar ditambah keyakinan akan menghasilkan energipositif untuk senantiasa mampu menghadapi setiap permasalah yang datang.
Kondisi Actual
Usaha penambangan di Kaltim relatif lebih aman bagi investor dan pemilik konsesi.Legalitas dan aplikasinya serta pengawasannya (Dinas Pertambangan dan Energi)cukup memberikan rasa aman bagi investor. Meskipun hal tersebut berdampakpada usaha penambangan di Kaltim membutuhkan investasi yang cukup besar.Perijinan, pembebasan lahan dan pembangunan infrastruktur tambang menjadisalah satu variable yang memberikan kontribusi mahalnya investasi tambangbatubara di Kaltim (KUKAR).Tingginya biaya yang harus dikeluarkan, “memaksa” para pemilik konsesi untukmelakukan kerjasama atau joint operation dengan para pemilik modal. Dan biladiindentifikasikan maka sinergi yang akan terjadi dalam usaha penambangan adalahpemilik konsesi, pemodal, penambangan dan buyer. Harmonisasi sinergi 4 pilar,
By Setia Wirawan | Untuk Bpk Boza, PT Raja Kutai Baru Makmur3

Activity (53)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
erlanggaherp liked this
Suwarno Bila liked this
Gail Dempo liked this
reckyhs700 liked this
Dewa Sedih liked this
Doel Falak liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->